LogoDIGINATION LOGO

Apple Rilis iPhone 16, Ini Dia Fitur yang Ditawarkan

author Oleh Dewi Shinta N Selasa, 10 September 2024 | 20:45 WIB
Share
Share

Apple hari ini mengumumkan iPhone 16 dan iPhone 16 Plus. Peluncuran jajaran ponsel terbaru ini dilakukan oleh CEO Apple Tim Cook dalam event Glowtime, di Cupertino, California, AS, pada Selasa (10/9) mulai pukul 00.00 WIB. 

Hadir dengan chip dan inovasi baru meningkatkan standar kemampuan dari seri iPhone sebelumnya. Apa saja fitur baru iPhone 16? Simak berikut:

Inovasi Baru Action Button  

Jika pada iPhone 15, Apple menyisipkan dynamic island atau poni mengambang pada seluruh serinya. Di iPhone 16, Apple memperkenalkan Action button yang memungkinkan pengguna mengakses dengan mudah berbagai fungsi hanya dengan sekali tekan. Tombol ini juga dikabarkan hadir di seluruh seri iPhone 16.

Hadir pada keempat model iPhone 16, fitur ini mempercepat aktivitas aksesibilitas. Menurut keterangan Apple, action button dapat membuat pengguna membuka, senter, beralih antara dering dan hening, mengenali musik, mengaktifkan voice note, translate, dan fitur aksesibilitas lainnya dengan cepat.

Tombol Baru Action Button Camera Control

Beberapa fitur yang diunggulkan, ada satu yang menjadi pusat perhatian, yakni Action Button Camera Control (Kontrol Kamera). Tombol Kontrol Kamera berada di sisi kanan perangkat, di bawah tombol Action Button. Tombol Kontrol Kamera dapat dioperasikan menggunakan jempol sehingga lebih praktis.

Sesuai namanya, fitur ini berfungsi untuk menjepret foto atau merekam video. Fitur ini turut mendukung gerakan tambahan, misal, tekanan ringan untuk autofokus, tekanan lebih keras untuk mengambil gambar, hingga swipe atau geser ke kiri, kanan untuk zoom-in atau zoom-out, serta untuk mengganti mode efek warna.

Baca juga: Google Translate Tambah 110 Bahasa Baru dengan Dukungan AI Terbaru

Sistem Kamera Baru

Sistem kamera baru yang canggih membantu pengguna mengabadikan momen sehari-hari dengan cara berbeda. Menghadirkan Kamera Fusion 48 MP memungkinkan pengguna menggunakan opsi Telefoto 2x kualitas optik, seakan-akan ada dua kamera dalam satu kamera.

Selain bidikan sudut yang lebih lebar, kamera Ultra Wide 12 MP baru dengan fokus otomatis memungkinkan fotografi makro. Kamera Ultra Wide juga menangkap cahaya hingga 2,6x lebih banyak untuk kualitas gambar yang lebih tinggi. 

Performa Kuat dari Chip A18

A18 menghadirkan lompatan besar dalam performa dan efisiensi. Chip baru ini dikembangkan berdasarkan teknologi 3-nanometer generasi kedua untuk memungkinkan game yang kaya grafis, fitur fotografi komputasi yang kuat, dan semakin mempercepat Apple Intelligence. 

Neural Engine 16-core yang telah ditingkatkan dioptimalkan untuk model generatif besar dan menjalankan model ML hingga 2x lebih cepat dibandingkan chip A16 Bionic.

Baca juga: Apple Rilis iPhone 16, Ini Dia Fitur yang Ditawarkan

Kapasitas Battery Lebih Tinggi

iPhone 16 Pro diprediksi memiliki kapasitas baterai yang lebih tinggi dan masa pakai yang lebih lama. Seri Pro disebut akan dilengkapi dengan kemampuan pengisian daya magsafe berkabel dan nirkabel yang lebih cepat.

Apple Intelligence dan Siri yang telah Ditingkatkan 

Dengan iOS 18.1, Apple akan memperkenalkan Apple Intelligence, seperangkat alat AI yang didukung oleh model bahasa yang besar. Apple Intelligence hanya berfungsi dengan model iPhone 15 Pro saat ini, dan beberapa fitur AI generatif yang lebih mutakhir mungkin terbatas pada model iPhone 16 di masa mendatang.

Model iPhone 16 dikabarkan akan menampilkan mikrofon yang ditingkatkan untuk meningkatkan pengalaman Siri secara signifikan. Peningkatan ini sejalan dengan integrasi yang diharapkan dari fungsi Apple Intelligence iOS 18 yang baru, yang menawarkan interaksi yang lebih baik antara Siri dan berbagai aplikasi.

Layar iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max Lebih Besar

Meskipun tidak mengalami perubahan besar secara keseluruhan desain, diperkirakan ada sedikit peningkatan dalam ukuran layar dan rasio aspek baru untuk model iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max. 

Layar kedua iPhone itu diperlebar sekitar 0,2 inci. iPhone 16 Pro punya bentang layar 6,3 inci, naik 0,2 inci dari layar iPhone 15 Pro 6,1 inci. Kemudian, iPhone 16 Pro Max memiliki bentang layar 6,9 inci, yang juga naik o,2 inci dari layar iPhone 15 Pro Max 6,7 inci. Spesifikasi iPhone 16 Pro dan iPhone 16 Pro Max di sektor layar hanya meningkat di bagian ukuran.

iPhone 16 dan iPhone 16 Plus akan tersedia dalam warna ultramarine, teal, pink, putih, dan hitam dengan kapasitas penyimpanan 128 GB, 256 GB, dan 512 GB. Meski sudah rilis, perangkat iPhone terbaru biasanya sampai ke Indonesia dua bulan setelah peluncuran. 

Jika dirilis September 2024 maka kemungkinan hadir di Indonesia pada November 2024. Adapun, belum diketahui kapan iBox membuka pre-order iPhone terbaru ini. 

 

Sumber:

https://mediaindonesia.com/teknologi/695859/ini-fitur-baru-iphone-16-yang-segera-rilis-bulan-depan 

https://www.apple.com/id/newsroom/2024/09/apple-introduces-iphone-16-iphone-16-plus/ 

https://www.suara.com/tekno/2024/09/10/144018/cara-menggunakan-tombol-kontrol-kamera-di-iphone-16-praktis-dan-fungsional 

https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20240909153046-206-1142594/apple-resmi-rilis-iphone-16-preorder-mulai-13-september



  • Editor: Dewi Shinta N
LATEST ARTICLE