LogoDIGINATION LOGO

Menengok Teknologi Innova Zenix, Mobil Operasional Paus Fransiskus Ketika di Indonesia

author Oleh Dewi Shinta N Jumat, 6 September 2024 | 17:00 WIB
Share
Share

Pemimpin tertinggi Gereja Katolik sekaligus Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus, hari ini Jumat (6/9) meninggalkan Indonesia. Setelah 4 hari di Indonesia, ia kembali melanjutkan perjalanan apostolik ke sejumlah negara di Asia. Selamat jalan Paus Fransiskus!

Selama berada di Tanah Air, pemimpin tertinggi Gereja Katolik Roma ini telah melakukan beberapa agenda, salah satunya memimpin misa akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno dan Stadion Madya, Kamis (5/9) yang dihadiri lebih dari 84.000 umat Katolik dari berbagai penjuru Indonesia.

Ketika di Indonesia, ada beberapa hal yang menarik perhatian masyarakat Indonesia salah satunya, kendaraan operasional yang digunakan paus selama di Indonesia. 

Baca juga: Barisan Mobil Listrik yang Meluncur di Indonesia Tahun 2024

Alih-alih menggunakan mobil mewah, ia malah lebih memilih mobil jenis MPV yang banyak digunakan masyarakat Indonesia, yakni Toyota Kijang Innova Zenix. 

Berbeda dengan kebanyakan tokoh dunia yang memilih mobil mewah selama berkunjung ke Indonesia. Toyota Kijang Innova Zenix dengan plat nomor SCV 1 menjadi kendaraan operasional Paus Fransiskus karena banyak digunakan di Indonesia. 

Paus Fransiskus memang dikenal memiliki kepribadian yang sederhana, namun, diluar kesederhanaannya, berikut teknologi terbaru dari Toyota Kijang Innova Zenix yang menjadikan peforma mobil ini nyaman dan berkelas:

1. Teknologi Hybrid 

 

Innova Zenix menawarkan efisiensi bahan bakar yang sangat baik. Dibekali dengan mesin hybrid bertenaga 4 cylinders in line, 16 valve DOHC, chain drive Dual VVT-i berkapasitas 1,987.

Mesin bensinnya mampu mencapai efisiensi sekitar 1:10—15 km/liter, sementara mesin hybridnya dapat mencapai 1:21 km/liter pada kecepatan rendah, seperti saat terjebak macet.

Innova Zenix mampu memberikan akselerasi responsif dan efisiensi bahan bakar yang optimal dan mengurangi emisi gas buang sehingga ramah lingkungan.

2. Toyota Safety Sense 

 

Sebagai bagian dari upaya Toyota untuk meningkatkan keselamatan, Innova Zenix hadir dengan paket Toyota Safety Sense. Fitur ini mencakup sejumlah teknologi keselamatan canggih seperti:

  • Pre-Collision System (PCS): Memantau potensi tabrakan dan memberikan peringatan serta bantuan pengereman otomatis jika diperlukan.
  • Lane Departure Alert (LDA): Memberikan peringatan ketika kendaraan mulai keluar dari jalur tanpa sinyal belok.
  • Adaptive Cruise Control (ACC): Menjaga jarak yang aman dari kendaraan di depan dan menyesuaikan kecepatan secara otomatis.
  • Automatic High Beam (AHB): Mengatur cahaya sorot lampu depan secara otomatis untuk meningkatkan visibilitas malam hari tanpa mengganggu pengemudi lain.

Baca juga: Punya Kendaraan Listrik? Ini 3 Jenis SPKLU Yang Ada di Indonesia

3. Sistem Audio Premium

 

Innova Zenix Hybrid 2024 menawarkan sistem audio premium yang dikembangkan bersama JBL, dilengkapi dengan sepuluh speaker di seluruh kabin. Sistem ini dirancang untuk menghadirkan pengalaman audio yang superior, dengan kualitas suara yang jernih dan mendalam.

4. Fitur Pengaturan Suhu dan Kualitas Udara

 

Untuk memastikan kenyamanan optimal di dalam kabin, Toyota Innova Zenix Hybrid 2024 dilengkapi dengan sistem pengaturan suhu otomatis yang terintegrasi dengan sensor kualitas udara.

Fitur ini tidak hanya memungkinkan penyesuaian suhu secara otomatis sesuai dengan kondisi cuaca dan preferensi penumpang, tetapi juga memantau dan memfilter kualitas udara dalam kabin. Ini memastikan udara yang bersih dan segar, meningkatkan kenyamanan selama perjalanan.

5. Kamera 360 Derajat dan Sensor Parkir

 

Fitur kamera 360 derajat pada Innova Zenix Hybrid memberikan pandangan menyeluruh sekitar kendaraan, memudahkan pengemudi dalam melakukan parkir dan manuver di area yang sempit. Ditambah dengan sensor parkir depan dan belakang, sistem ini membantu menghindari tabrakan dan mengurangi risiko kerusakan saat parkir.

Itu dia beberapa teknologi yang ada di Toyota Kijang Innova Zenix. Dibalik kesederhaan Paus Fransiskus, kenyaman dan keselamatan beliau tentu menjadi pertimbangan utama. Melihat spesifikasi dan teknologi yang diberikan Toyota kepada Kijang Innova Zenix, tak salah jika mobil ini menjadi kendaraan operasional beliau selama di Indonesia.

 

Sumber: 

https://news.detik.com/berita/d-7521957/naik-mobil-medium-mpv-paus-fransiskus-duduk-di-kursi-penumpang-depan

https://www.kompas.com/tren/read/2024/09/04/183000265/paus-fransiskus-naik-mobil-innova-zenix-berapa-harganya-?page=all

https://auto2000.co.id/berita-dan-tips/kelebihan-toyota-zenix-ulasan 

https://otomotif.indozone.id/market/935050901/daftar-5-fitur-canggih-toyota-innova-zenix-hybrid-terbaru-2024?page=2 

  • Editor: Dewi Shinta N
LATEST ARTICLE