LogoDIGINATION LOGO

Instagram Bangun Fitur Views, Next Bakal jadi Tambahan Metriks KPI

author Oleh Dewi Shinta N Sabtu, 10 Agustus 2024 | 10:00 WIB
Share
Share

 

Jika kita terbiasa dengan Engagement Rate (ER), Reach dan Followers untuk mengitung metriks pencapaian konten. Nantinya, ada fitur baru yang dapat membantu kreator mengukur kesuksesan kontennya.

CEO Instagram (IG), Adam Mosseri mengumumkan fitur baru Instagram, yang memungkinkan kreator konten memantau jumlah penayangan dari sebuah konten, yakni Views.

Fitur Views akan menjadi metrik utama untuk meninjau sejauh mana konten Instagram Reels ditonton, diputar ulang, dan menjangkau audiens baru. Pengukuran konten ini juga akan hadir tidak hanya di IG Reels saja, tetapi juga Stories, Feeds (foto dan carousel), dan sebagainya. 

“Secara historis, kami menunjukkan metrik yang berbeda antara Reels dan postingan lain (Feeds). Kini, kami ingin mengembangkan ini (fitur Views yang baru) untuk mempermudah pemahaman soal kinerja konten Anda, terlepas dari bentuk formatnya,” ungkap Mosseri.

Baca juga: OpenAI Bikin Mesin Pencarian Mirip Google

Dari pernyataan ini, tampilan “Insights” di tiap konten Instagram bakal mengalami sedikit perubahan. Tampilan Insight di konten non-Reels sebelumnya berfokus pada Reach (jumlah akun yang melihat konten setidaknya satu kali), dan Impressions (munculnya konten di layar pengguna). 

Sementara itu, Insights di IG Reels berfokus pada Reach, Plays (jumlah konten ditonton, diputar ulang, total durasi konten sudah ditonton, dan rata-rata menonton konten), dan Reels Interactions.

Nah, adanya perubahan ini, fitur Plays tadi akan diganti dengan nama “Views”. Perubahan tersebut berlaku untuk seluruh konten IG Reels, Feeds, Carousel, dan lainnya. Seluruh kreator nantinya bisa melihat jumlah views dari konten dalam bentuk format apapun.

Laporan Views akan tetap disertai dengan informasi Reach, informasi untuk mengukur sejauh mana konten yang diunggah menjangkau audiens. Reach ini terdiri dari Account Reach dan Accounts Engaged (akun yang menjadi terhubung, terikat dengan konten yang dibagikan).

Menurut Mosseri, gabungan antara Reach dan Views ini bakal memudahkan kreator mengukur performa dari konten Instagram. 

Baca juga: Whatsapp Kembangkan Fitur Translate, Chatan Pakai Bahasa Asing Lebih Mudah

Reach dan Views akan menjadi dua metrik terpenting di Instagram. “Kedua metrik mungkin menjadi yang paling penting bagi siapapun yang (ingin) mencoba memahami kinerja konten mereka di Instagram,” tambah Mosseri lewat IG Reels yang dibagikan lewat akun pribadinya @mosseri.

Kreator nantinya juga akan menemukan perubahan tampilan di halaman Insights, laporan performa seluruh konten yang sudah dibagikan di sebuah akun. Hanya saja, tampilannya bukan tertulis “Overview”, melainkan “Views”, yakni total views dari seluruh konten. 

Viewers yang menonton akan dikategorikan menjadi dua bagian, yakni pengikut (followers) dan bukan pengikut (non-followers). Kreator bisa meninjau format konten lain di halaman yang sama. Misalnya, seberapa banyak persentase non-followers yang berhasil dijangkau di satu konten Reels, Post, Stories, dan Live.

Kreator pun masih tetap dapat mengukur performa konten berdasarkan rentang waktu tertentu. Misalnya, performa konten selama 7 hari, 14 hari, satu bulan (30 hari), hingga 90 hari ke belakang.

 

Sumber:

https://voi.id/teknologi/405937/meta-perbarui-metrik-utama-di-seluruh-format-instagram 

https://tekno.kompas.com/read/2024/08/08/10330007/instagram-rilis-fitur-views-jadi-panduan-lihat-jumlah-penayangan-konten?page=2 



  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE