LogoDIGINATION LOGO

Ramai Jasa Joki Strava, Sebenarnya Apa itu Strava?

author Oleh Dewi Shinta N Senin, 8 Juli 2024 | 18:15 WIB
Share
Share

Baru-baru ini, salah satu tweet viral karena menawarkan joki Strava. Pemilik Tweet ini bernama akun @hahahiheho. Ia menawarkan harga joki Strava yang disesuaikan dengan pace, jarak, dan faktor lain. 

Karena tweetnya, banyak joki Strava bermuculan dengan tawaran unik seperti, jasa tingginya jarak olahraga yang dilakukan, jasa menemani lari maupun jasa membuat maps Strava yang unik.

Mengutip dari Kompas Tekno, salah satu akun lain @jasajokilari yang juga merupakan joki Strava menawarkan menawarkan joki lari dengan harga sebagai berikut:

- Pace 7 ke atas - Rp 2.000 per kilometer

- Pace 6-7 - Rp 2.500 per kilometer

- Pace 5-6 - Rp 3.000 per kilometer

Lantas, sebenarnya apa itu Strava?

Strava merupakan aplikasi untuk melacak aktivitas fisik yang diluncurkan pada 2009 oleh Strava Inc. Fungsi utamanya adalah melacak hasil olahraga, seperti lari, bersepeda, jalan, hiking, dan bahkan berenang. 

Baca juga: Google Translate Tambah 110 Bahasa Baru dengan Dukungan AI Terbaru

Sejak diluncurkan tahun 2009, aplikasi ini telah diunduh lebih dari 50 orang di Google Playstore. Strava pun telah menjadi aplikasi andalan yang digunakan orang-orang untuk mengukur hasil olahraga mereka.

Aplikasi ini dapat diandalkan untuk merekam jarak, rute, serta durasi ketika olahraga. Hal ini lantaran aplikasi menyediakan fitur GPS yang dapat menyimpan data. Berikut adalah beberapa fitur utama yang ditawarkan oleh aplikasi Strava:

  • Pemantauan Aktivitas: Aplikasi ini dapat merekam dan melacak berbagai jenis aktivitas olahraga, seperti lari, bersepeda, renang, hingga latihan di dalam gym.
  • Statistik yang Komprehensif: Strava memberikan statistik yang mendetail tentang aktivitas olahraga, termasuk jarak yang ditempuh, waktu tempuh, kecepatan rata-rata, dan kenaikan elevasi.
  • Komunitas Olahraga: Pengguna dapat terhubung dengan komunitas olahraga lainnya melalui aplikasi ini. Mereka dapat berbagi pencapaian, memberi dukungan, dan menantang satu sama lain untuk mencapai target olahraga mereka.
  • Segmen Populer: Aplikasi Strava memiliki fitur segmen populer di mana pengguna dapat bersaing dengan atlet lain untuk mencatat waktu terbaik mereka dalam suatu rute tertentu.
  • Integrasi dengan Perangkat Kecerdasan Buatan: Strava dapat terhubung dengan perangkat kecerdasan buatan seperti jam tangan pintar dan sensor-sensor olahraga lainnya untuk memperoleh data yang lebih akurat.

Baca juga: Canva Rilis Fitur AI Baru di Magic Studio, Bikin Konten Lebih Menarik dan Efisien

Selain fitur utama ini, aplikasi ini juga bisa dihubungkan dengan fitur jejaring sosial, sehingga pengguna bisa membagikan hasil olahraga di media sosial mereka. 

Akan tetapi, karena tren membagikan hasil olahraga di media sosial menggunakan aplikasi Strava. Tren ini menciptakan tren FOMO dikalangan anak muda. Bahkan, banyak orang yang malas berolahraga akan tetapi ingin membagikan hasil Strava sebagai pengakuan. 

Disinilah joki Strava bermunculan karena menganggapnya sebagai peluang. Para joki ini menawarkan jasa rute lari dengan tarif sesuai jarak yang ditempuh. Ada juga joki yang menawarkan jasa pembuatan maps sesuai gambar yang diinginkan. 

Banyak orang yang menganggap joki Strava adalah pekerjaan yang tidak berfaedah. Namun, dengan bermunculannya joki Strava, bisa disimpulkan banyak pengguna media sosial yang menggunakan jasa joki tersebut. 

 

Sumber:

https://tekno.kompas.com/read/2024/07/05/07000047/ramai-joki-strava-tawarkan-jasa-lari-rp-2000-per-kilometer?page=all 

https://www.suara.com/tekno/2024/07/05/154302/viral-joki-strava-apa-itu-dan-bagaimana-cara-kerjanya 

https://tekno.tempo.co/read/1888496/apa-itu-aplikasi-strava-dan-bagaimana-cara-menggunakannya

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE