LogoDIGINATION LOGO

Apple Rilis MacOS Sequoia, Apa Saja Fitur yang Ditawarkan?

author Oleh Dewi Shinta N Rabu, 12 Juni 2024 | 11:44 WIB
Share
Share

 

Apple mengumumkan kehadiran sistem operasi untuk perangkat Mac terbarunya, yakni MacOS Sequoia. Apple memperkenalkan MacOS Sequoia di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023 pada Selasa (11/6/2024) dini hari waktu Indonesia.

MacOS Sequoia dikabarkan baru tersedia untuk perangkat Mac sekitar September hingga Desember mendatang. Walau ketersediaan MacOS Sequoia baru tersedia untuk versi beta untuk pengembang Apple, namun fitur perubahan yang ditawarkan memiliki banyak keuntungan buat kamu pengguna Mac. Berikut fitur unggul di MacOS Sequioa:

iPhone Mirroring

Fitur iPhone Mirroring memungkinkan sejumlah perangkat Apple bisa saling terhubung, khususnya Mac dan iPhone. Ketika iPhone sedang berada di luar jangkauan, kamu bisa mengakses layar iPhone langsung dari MacBook dengan mengakses aplikasi “iPhone Mirrong”.

Kesinambungan yang ditawarkan Apple juga diklaim mulus. Sebab, seluruh pengalaman yang ditawarkan di iPhone, bisa tetap diakses di Mac. Bahkan, kamu juga bisa memesan makanan atau minuman di iPhone melalui Mac.

Baca juga: Adobe Express Kenalkan Fitur Baru, AI generatif Firefly

Window Tilling

Windows Tilling memungkinkan pengguna mengelola jendela layar yang sedang dibuka dengan lebih mudah dan rapi dibanding sebelumnya.

Dengan Windows Tilling, pengguna bisa ketuk dan tahan (tap and hold) jendela ke seluruh sudut layar. Nantinya, sistem secara otomatis merekomendasikan beberapa ukuran jendela. Jika tampilan dan ukurannya sudah sesuai, kamu bisa melepas jendela aplikasi tersebut. Fungsi dari fitur ini ingin memudahkan kamu mengakses dan melihat seluruh aplikasi yang kamu buka dengan tampilan yang lebih rapi.

Pratinjau Share Screen Saat Telekoferensi  

Apple meningkatkan pengalaman pengguna saat melakukan telekonferensi video di FaceTime dan Zoom. Saat ingin berbagi layar (share screen), pengguna bisa melihat preview (tinjauan) dari layar yang akan dibagikan, sebelum benar-benar dilihat oleh pengguna lain. Pengguna juga dapat menyesuaikan latar belakang foto (background wallpaper) saat melakukan telekonferensi video. Latar belakang itu bisa diganti dengan berbagai warna, wallpaper bawaan Mac, hingga mengunggah foto diri sendiri.

Aplikasi Password

Aplikasi ini sejatinya adalah peningkatan dari fitur KeyChain. KeyChain merupakan fitur yang sudah hadir sejak 25 tahun lalu. Fungsi fitur ini adalah menyimpan seluruh kata sandi dari seluruh website, aplikasi, WiFi, dkk yang pernah dikunjungi pengguna. 

Kali ini, di MacOS Sequoia, Apple menghadirkan aplikasi baru Passwords agar kamu bisa lebih leluasa mengakses seluruh kata sandi yang tersimpan di KeyChain. Sinkronisasi iCloud ini juga dilindungi oleh sistem encryption-end-to-end (E2EE), jadi terjamin keamanannya. Aplikasi Passwords ini pun akan terintegrasi dengan Safari dan disikronisasikan ke seluruh perangkat Apple, yakni iPad, iPhone, hingga aplikasi iCloud di Windows. 

Baca juga: Apple Dikabarkan Tengah Membuat Iphone dan Ipad Lipat

Fitur produktivitas Safari

Safari di Mac menawarkan fitur Highlight, Reader, dan Viewer. Ketiga fitur ini menunjang kegiatan browsing pengguna supaya lebih terfokus dan produktif. Fitur Highlights di Safari, misalnya, akan membantu pengguna merangkum inti dari website yang dikunjungi agar lebih cepat mendapat informasi.

Ringkasan informasi tersebut bisa berupa alamat dan nomor ponsel sebuah hotel yang ingin dipesan/kunjungi, rekomendasi judul lagu/film/acara televisi untuk memperdalam informasi yang dicari di website, hingga titik lokasi sebuah tempat yang langsung terhubung dengan Maps. Adapun Reader, membantu pengguna mengurangi distraksi saat membaca artikel di website. 

Main Game Lebih Imersif 

Sistem operasi ternyar MacOS Sequoia ini juga menghadirkan game baru yang cukup dinanti para gamer, yakni Assasin’s Creed Shadows yang digelontorkan oleh Ubisoft. Jajaran game lainnya terdiri dari Prince of Persia: The Lost Cown, Resident Evil 7 dari Cap Com, World of Warcraft: The War Within, dan masih banyak lagi. 

Dengan hadirnya game-game baru, Apple menambahkan fitur Audio Spasial yang baru, sehingga menampilkan visual berteknologi ray tracing yang lebih canggih. Apple juga menghadirkan Game Porting Toolkit 2 untuk para pengembang game supaya lebih mudah membawa game baru ke Mac, iPhone, dan iPad. 

Fitur lain 

Peningkatan fitur lainnya juga hadir untuk Messages. Pengguna bisa mengirim teks lebih ekspresif dengan tambahan efek teks di Messages. Ada pula emoji dan stiker Tapbacks, yakni memberi reaksi emoji untuk pesan tertentu. 

Peningkatan lainnya adalah Maps yang bisa diakses secara offline, serta Photos dengan memunculkan fitur Collections yang mempermudah mendapat hasil foto lebih cepat. Kemudian, ada fitur di Notes yang makin pintar dalam membuat catatan terperinci. 

Kalkulator yang memungkinkan pengguna melihat riwayat hitungan sebelumnya, fitur pengingat Calendar, dan masih banyak lagi. 

Ketersediaan MacOS Sequoia baru ada untuk pengembang Apple per hari ini dalam versi beta. MacOS Sequoia kemungkinan baru akan tersedia untuk perangkat Mac sekitar September hingga Desember mendatang.

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE