LogoDIGINATION LOGO

Inclusive Marketing: Bangun Citra Merek Kekinian

author Oleh DQLab Jumat, 21 Juli 2023 | 10:35 WIB
Share
Share

Pada dasarnya, marketing adalah bentuk komunikasi antara bisnis dengan calon pelanggannya. Semua strategi dan cara dari marketing dilakukan bermaksud untuk memberikan tahu kepada pelanggan apa yang ingin Anda jual terhadap produk atau merek dan penawaran yang menarik agar mendorong mereka melakukan pembelian. Beberapa dari pelanggan akan mencari lebih dalam informasi terhadap bisnis Anda dan mereka akan memahami subteks marketing Anda.

Kesetaraan dan keadilan sosial menjadi hal penting bagi masyarakat, terlebih jika kita melibatkan digital marketing didalamnya. Calon pelanggan akan memilih ‘bisnis’ mana yang akan mereka dukung dengan melihat apa yang ditawarkan dan bagaimana bisnis menyajikan penawaran tersebut. 

Pada praktiknya, kini banyak campaign marketing mengubah strategi marketing mereka dari biasanya yaitu dengan menyertakan gambar atau visual yang berasal dari latar belakang berbeda/beragam. Ini dinamakan sebagai inclusive marketing, dimana cara marketing ini akan merangkul seluruh umat manusia dalam segala keragamannya. Untuk memahami lebih lanjut seputar inclusive marketing dan dampaknya untuk promosi bisnis, yuk simak rangkuman dari DQLab Universitas Multimedia Nusantara pada artikel berikut!

Baca juga : Mengenal Lebih Dalam Perbedaan: Digital Marketing vs Influencer Marketing

Apa itu Inclusive Marketing?

Di kehidupan yang modern dan era digital ini, kita telah dibentuk oleh orang-orang yang secara aktif memperjuangkan kesetaraan dan keadilan sosial. Untuk membuat hubungan dan keragaman langgeng, maka kita harus mencerminkan dukungan aktif tersebut melalui platform online dan keputusan marketing bisnis. 

Inclusive Marketing merupakan marketing yang memeprtimbangkan, menyertakan, dan merangkul orang-orang dari berbagai latar belakang demografi. Ini berarti melibatkan banyak orang dari semua usia, jenis kelamins, ras, pendapatan, seksualitas, status, agama, bahasa dan keberagaman latar belakang. Pada inclusive marketing secara eksplisit memberikan solusi dari permasalahan yang dimiliki oleh seluruh umat manusia tanpa harus menyebutkan latar belakang demografinya.

Mengapa Keberagaman Begitu Penting dalam Marketing?

Menerlibatkan keragaman dalam marketing cukup penting dan sangat berdampak pada pengambilan keputusan calon pelanggan terhadap bisnis Anda. Banyak calon pelanggan atau masyarakat akan mencari merek atau produk yang secara akurat mewakili diri mereka. Mereka akan membuat sebuah keputusan pembelian dengan mempertimbangkan beberapa faktor yaitu diantaranya biaya, kenyamanan, dan emosi. 

Dengan mendengar dan memahami kebutuhan calon pelanggan secara inklusif, akan menunjukkan sebuah hubungan yang mendalam, loyalitas, dan kepercayaan yang nyata (tidak bersifat superficial). Tidak hanya itu, inclusive marketing benar-benar membantu menyuarakan permasalahan orang-orang yang kurang didengar sehingga dapat memberi dampak positif baik untuk merek Anda maupun keputusan pembelian calon pelanggan.

Baca juga : Ini 5 Tren Content Writing untuk Bisnis

Inclusive Marketing di Industri

Keanekaragaman dan inklusi kini sudah menjadi tren kekinian sebagai bentuk promosi atau menaikkan citra merek atau produk Anda. Inclusive marketing atau pemasaran inklusif menunjukkan dukungan merek bisnis untuk keragaman dan kesetaraan umat manusia dan bahkan memiliki makna lebih dari semua keindahan yang ada di komunitas. Banyak di industri telah menerapkan inclusive marketing sebagai aset pemasaran seperti postingan di media sosial yaitu merayakan acara seperti Natal, Ramadhan, Chinese New Year, hingga peringatan hari-hari nasional atau internasional sekalipun. 

Agar konten postingan selaras dengan pesan yang ingin disampaikan di media sosial, kini Artificial Intelligence bisa membantu memberikan rekomendasi ide konten menarik dan inklusif untuk bisnis atau merek Anda lho. Artificial Intelligence adalah ilmu komputer yang dapat membantu pekerjaan manusia lebih cepat dan efektif. Implementasi AI ini menguntungkan bagi bisnis karena mampu menjawab berbagai permasalahan dan prediksi bisnis menggunakan algoritma.

Ingin belajar lebih lanjut tentang AI? Anda bisa ikuti program belajar untuk pemula melalui Bootcamp AI & Machine Learning DQLab dan nikmati pengalaman belajar menarik serta aplikatif untuk bisnis bersama mentor praktisi data profesional di industri. Informasi lebih lanjut seputar bootcamp dapat kunjungi https://dqlab.id/bootcamp-machine-learning-and-ai-for-beginner. Yuk mulai belajar data karena data untuk semua!

  • Editor: Dewi Shinta N
TAGS
LATEST ARTICLE