LogoDIGINATION LOGO

KemenkopUKM Targetkan 24 Juta UMKM Go Digital Tahun 2023

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 30 Desember 2022 | 16:31 WIB
Share
Share

Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menargetkan sebanyak 24 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) bertransformasi digital pada tahun 2023.

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki menyampaikan, target 24 juta UMKM yang masuk ke ekosistem digital ini akan diikuti dengan peningkatan angka pada tahun 2024. "Di 2023 Kementerian Koperasi dan UKM menargetkan secara nasional 24 juta UMKM onboarding digital yang nantinya kita harapkan di 2024 mencapai 30 juta," ungkap Teten. 

Menurut data KemenkopUKM, sampai saat ini, sudah terdapat 20,76 juta UMKM yang onboarding digital.

"Berarti sekitar 10 juta dalam dua tahun ke depan yang masih perlu dikejar. Tentu ini perlu strategi yang tepat untuk menyasar UMKM yang ada di secondary city yang saat ini belum bisa mengakses marketplace digital," tutur Teten.

Baca juga : Sektor Industri Ini Disebut Paling Tahan Hadapi Resesi 2023

Teten berharap semakin banyak UMKM yang dapat mengakses market digital. Pihaknya juga akan memanfaatkan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) dan pendampingan-pendampingan UMKM di secondary city tersebut.

KemenKopUKM juga menyarankan usaha mikro untuk ikut dalam program, Pahlawan Digital. Sampai saat ini pun, program atau acara Pahlawan Digital sudah dilaksanakan sebanyak dua kali. 

Teten mengungkap banyak usaha mikro yang tidak bisa bertahan karena produk yang terbatas. "evaluasi kami, banyak usaha mikro yang tidak bisa bertahan berjualan di marketplace dalam skala nasional itu disebabkan oleh kapasitas produksi mereka yang terbatas. Saya pikir, program ini akan memberikan dampak dan kesempatan bagi usaha-usaha mikro sekali pun kapasitas produksi mereka terbatas, mereka tetap bisa berjualan secara online," jelas Teten.

Baca juga : Minat Belanja Online Meningkat, Pembayaran Digital Makin Jadi Pilihan

Transformasi digital UMKM sendiri merupakan salah satu agenda penting bagi Kemenkop UKM dan mereka sudah membentuk Program Management Officer (PMO) khusus untuk hal ini.

Mereka yang tergabung akan memiliki tugas untuk melakukan penyusunan road map transformasi digital, rencana internal dan eksternal digitalisasi UMKM, serta membuat dashboard perihal UMKM go digital.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE