LogoDIGINATION LOGO

1500 UKM Siap Go Online Bersama Kemenkominfo dan Blanja.com

author Oleh Desy Yuliastuti Selasa, 22 Agustus 2017 | 02:42 WIB
Share
Sebagai bentuk dukungan program pemerintah Road to 8 juta UKM pada tahun 2020, Kemenkominfo bekerjasama dengan Blanja
Share

Sebagai bentuk dukungan program pemerintah Road to 8 juta UKM pada tahun 2020, Kemenkominfo bekerjasama dengan Blanja.com, Asosiasi Ecommerce Indonesia (idEA), dan Pemerintah Daerah mengadakan program bersinergi mewujudkan visi ekonomi Indonesia 2020 sebagai “The Digital Energy of Asia” dengan melakukan edukasi terhadap pelaku UKM Indonesia.

 Septriana Tangkary selaku Direktur Pemberdayaan Informatika, menyatakan Indonesia memiliki 57,9 juta pelaku UKM. Untuk itu, UKM dipilih sebagai representasi ekonomi rakyat dikarenakan dapat menyerap tenaga kerja hampir 90% serta memberikan kontribusi sebesar 58% pada produk Domestik Bruto Nasional.

 Sebagai langkah awal dalam program tersebut, Kemenkominfo, idEA, dan Blanja.com bersinergi mewujudkan Satu Juta UKM Go Online melalui roadshow ke beberapa kota di Indonesia. Beberapa yang sudah dikunjungi, yakni Semarang, Tanjung Pandan Belitung, Cimahi, Bandung Barat, dan Jambi.

 Dari ke-5 kota tersebut, sudah ada kurang lebih 1500 UKM lokal yang siap Go Online. Ke depannya, sinergi ini akan terus menyasar kota-kota lainnya di Indonesia. Edukasi dan pelatihan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari pemerintahan setempat.

“Melalui sinergi Edukasi UKM Go Online ini, kami berharap UKM bukan hanya akan menjadi pedagang online akan tetapi juga pebisnis online, sehingga komitmen pemerintah dengan program 1 juta UKM dapat memberikan dampak yang optimal terhadap perekonomian daerah,” ungkap Fikri selaku Vice President Blanja.com.

Mengusung tagline “#BLANJAjemputUKM”, roadshow diharapkan dapat memacu semangat UKM untuk #BeraniMulai memasuki platform online untuk memasarkan produk-produk Asli Indonesia yang berpotensi besar untuk meningkatan ekonomi nasional.

“Kami memfasilitasi dan mengedukasi para UKM tentang cara membuat toko online hingga bagaimana cara mengelolanya. Tak hanya itu, kami juga mempraktikan langsung cara foto produk yang baik agar produk mereka dapat bersaing.” tambah Fikri.

Untuk langkah ke depan, saat ini sedang dilakukan tahap seleksi dan menyiapkan beberapa UKM terbaik yang akan dibawa ke pasar Internasional melalui platform eBay. Semoga hal ini menjadi motivasi bagi UKM yang sudah online untuk meningkatkan kualitas dan kompetensinya untuk Go Internasional.

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE