LogoDIGINATION LOGO

Ingin Tingkatkan Omzet Jualan? Simak Tips Ini

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 7 Juni 2022 | 11:44 WIB
Share
Share

Teknologi digital menghadirkan peluang baru bagi banyak pelaku usaha. Namun disisi lain banyaknya pesaing dalam dunia bisnis membuat pelaku usaha harus terus menerus berinovasi untuk tetap menjadi pemenang. 

Sejumlah pegiat UMKM lokal yang bermitra oleh Tokopedia mengatakan bahwa dibutuhkan strategi yang mumpuni untuk mempertahankan omzet bahkan meningkatkannya di era persaingan bisnis yang semakin menantang.

Menjawab tantangan ini, Tokopedia sebagai rumah bagi sekitar 12 juta penjual yang hampir 100%nya UMKM lokal pun membagikan lima cara untuk mempertahankan hingga meningkatkan omzet, berikut tips dari Tokopedia :

1. Evaluasi dan Analisis Pasar

Salahsatu hal yang dapat menambah omzet pelaku usaha adalah mengetahui apa yang diinginkan pelanggan. Evaluasi dan analisis pasar penting dilakukan untuk mempertahankan omzet bahkan meningkatkannya.

Lewat fitur Statistik Toko di aplikasi Tokopedia Seller, penjual bisa mempelajari berbagai data penting, seperti pendapatan bersih, estimasi pengeluaran, tren pesanan dan berbagai data penting lain untuk membuat hingga meningkatkan strategi penjualan.

2. Manfaatkan Fitur Iklan Otomatis

Penjual dapat memanfaatkan fitur beriklan otomatis TopAds agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia. Hal ini akan membantu penjual menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan.

Baca juga : Tokopedia Bersama BI dan OJK Luncurkan Modul Literasi Keuangan untuk UMKM

3. Pertajam Strategi Promo

Pegiat UMKM dapat memberikan promo kepada pelanggan untuk mendorong peningkatan transaksi. Bundling produk dan potongan harga bisa menjadi pilihan “Penjual juga dapat mengaktifkan fitur Bebas Ongkir agar pembeli tidak perlu khawatir mengenai biaya pengiriman,” kata Vice President of Logistics Tokopedia, Edwin Mailoa.

4. Manfaatkan Gudang Pintar

Pegiat UMKM dapat menitipkan produknya di gudang-gudang pintar “Dilayani Tokopedia” yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia untuk menjangkau pasar lebih luas. “Dilayani Tokopedia membantu operasional penjual, mulai dari penerimaan, pengemasan, pengiriman pesanan, hingga penanganan jika ada kendala transaksi. Dengan begitu, pegiat UMKM dapat lebih fokus terhadap pengembangan usaha,” tambah Assistant Vice President of Fulfillment Tokopedia, Samuel Simanjuntak.

Baca juga : 4 Langkah Menciptakan Ide Bisnis yang Cuan

5. Pilih Pengiriman yang Sesuai

Didukung oleh sejumlah mitra strategis, Tokopedia menyediakan tiga jenis layanan pengiriman pesanan, yang bisa dipilih pegiat usaha sesuai dengan kebutuhan bisnisnya. Layanan Dijemput Kurir memungkinkan pelaku usaha untuk menunggu pesanan diambil kurir, sedangkan Layanan Antar ke Kantor Agen mengharuskan pelaku usaha untuk mengantar pesanan ke agen pengiriman. Layanan AWB Otomatis dan Non-Tunai membantu pelaku usaha mencatat alamat, resi, serta ongkos pengiriman via mitra logistik secara otomatis. 

Tokopedia - yang adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial - akan selalu berupaya mendukung UMKM untuk mencapai lebih demi mendorong pemulihan ekonomi nasional.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
LATEST ARTICLE