
3 Skill Wajib untuk Berkembang di Dunia Kerja
Siap-siap ada beasiswa belajar data gratis!
Jumat, 25 April 2025 | 17:36 WIB
Pernah membayangkan omzet penjualan produkmu tidak hanya hadir dari satu negara saja. Tembus pasar global menjadi impian bagi para pemilik brand bahkan menjadi kebanggaan tersendiri jika produk kita terpampang di etalase pertokoan luar negeri.
Salah satu brand lokal Indonesia yang mendunia adalah Sagara Bootmaker. Mari kita tengok brand lokal yang satu ini!
Sagara Bootmaker merupakan merek sepatu boot handmade asal Bandung yang berorientasi pada pasar internasional. Didirikan oleh Bagus Satrio pada tahun 2010, Sagara Bootmaker mampu menempatkan dirinya sejajar dengan merk elite dunia.
Brand ini sendiri sudah lama mendunia dan sangat digemari oleh orang Amerika, terutama California dan New York. Menggunakan material-material terbaik dari seluruh dunia dan mengedepankan kualitas detail khas produk handmade menjadi kunci utama penetrasi Sagara Bootmaker di pasar global.
Brand Image
Pemilihan nama brand ‘Sagara’ sendiri diambil dari bahasa Sanskrit yang memiliki arti samudera.
Sementara pada sepatu Sagara sendiri, ada banyak peleburan budaya yang menyatukan produk tersebut. Salah satunya semangat Nusantara, di mana Sagara menggali the spirit of craftsmanship dari pekerja-pekerja lokal.
Produk-produk Sagara Bootmaker juga terinspirasi dari banyak hal, seperti memiliki gaya Americana yang merupakan akulturasi dari beberapa genre atau gaya American workwear dan military culture dari era ‘40-an hingga ‘60-an.
Sagara Bootmaker sendiri memiliki prinsip untuk menjadi brand yang bertumpu pada satu hal, yakni kualitas. Mulai dari kualitas material, ergonomi, durability, after sales service, hingga brand image, Sagara Bootmaker selalu memberikan yang terbaik.
Baca juga : Be Famous with Digital DNA : Membangun Konten Kuat untuk Menjaga Eksistensi Produk
Pemasaran Digital
Tidak hanya menjual produk-produk sepatu boot berkualitas internasional, Sagara Bootmaker juga menawarkan berbagai produk perawatan sepatu, seperti Sagara Leather Conditioner, Saphir Reno ‘Mat, hingga Saphir Crème 1925.
Selain berjualan secara offline, Sagara Bootmaker juga memanfaatkan penjualan digital. Konsumen dapat melihat katalog produk Sagara Bootmaker melalui website sagarabootmaker.com serta akun media sosial instagram @sagarabootmaker.
Dengan menyisipkan unsur Victorian yang digunakan dalam marketing mereka, marketplace Sagara menjadi daya tarik tersendiri untuk menjangkau para pembeli. Melalui kapasitas produksi yang terbatas karena mengedepankan prinsip handmade, kini waiting list untuk produk sepatu boot ini mencapai 4 bulan.
Baca juga : 5 Hal yang Dibutuhkan Digital Marketing Saat Ini
Peluang Ekspor
Melihat Sagara Bootmaker mungkin banyak dari kita yang bertanya bagaimana Sagara Bootmaker mampu menembus pasar ekspor dan bagaimana peluang ekspor sepatu saat ini?
Dikutip dari laman Kementerian perindustrian, ekspor alas kaki pada tahun 2020 mencapai US$ 4,80 miliar atau tumbuh 8,97% dibanding tahun sebelumnya US$ 4,40 miliar. Ekspor komoditas bernomor HS 64 tersebut mengkontribusi 3,1% terhadap total ekspor nonmigas Indonesia.
Sementara, nilai ekspor alas kaki nasional ditargetkan mencapai US$ 5,28 miliar atau setara Rp 76,22 triliun pada 2021, tumbuh 10% dibanding tahun lalu US$ 4,80 miliar. Pertumbuhan dua digit tersebut diyakini tercapai mengingat tren permintaan ekspor yang terus meningkat.
Peluang ekspor non migas masih terbuka lebar bagi pemilik brand lokal berkat permintaan ekspor yang meningkat. Tertarik belajar ekspor dari Sagar Bootmaker? Temukan jawabannya di program Digital DNA x BNI, yang akan disiarkan langsung pada Jumat, 24 September 2021 di kanal YouTube Digination.id.
Siap-siap ada beasiswa belajar data gratis!
Jumat, 25 April 2025 | 17:36 WIBSelain tanpa antre, berikut beberapa manfaat membeli emas digital:
Rabu, 16 April 2025 | 14:46 WIBBerikut 4 kontribusi open-source yang bisa mengubah lanskap bisnis di Indonesia:
Senin, 7 April 2025 | 21:04 WIBUntuk pertama kalinya di dunia, deteksi kanker kulit dapat dilakukan dalam waktu kilat menggunakan teknologi AI.
Senin, 7 April 2025 | 10:00 WIBDalam sepuluh tahun ke depan, AI akan semakin mengubah cara kita bekerja dan berinteraksi. Beberapa pekerjaan akan hilang, tetapi yang lain akan muncul.
Jumat, 28 Maret 2025 | 14:58 WIBPelatihan data analitik ini dirancang untuk pemula yang ingin mulai memahami dasar-dasar data science.
Selasa, 25 Maret 2025 | 12:50 WIBBulan Ramadan identik dengan peningkatan aktivitas belanja. Bagi pelaku bisnis, coba strategi flash sale agar jualan kamu makin untung selama Ramadan.
Senin, 24 Maret 2025 | 14:10 WIBBerikut beberapa tips mudik hemat buat kamu yang merantau:
Selasa, 11 Maret 2025 | 17:27 WIBApa saja situsnya? Berikut situs yang bekerjasama dengan Direktorat Jendral Pajak untuk lapor SPT dan pajak online.
Jumat, 7 Maret 2025 | 11:00 WIBBayangkan kamu sedang mencari dokumen lama di tumpukan folder kerja yang penuh. DeepSeek membantu menemukan dokumen yang kamu butuhkan dengan cepat dan akurat.
Senin, 17 Februari 2025 | 12:35 WIBIngin tahu apa tools AI yang banyak digunakan oleh para pebisnis dan kreator? Berikut peringkat AI terpopuler tahun 2024 dan apa yang menjadi keandalannya.
Rabu, 18 Desember 2024 | 17:01 WIBLelang tanaman hias sendiri merupakan rangkaian program dari FLOII Expo 2024 sejak pertama kali diadakan. Acara ini selalu memikat para kolektor dan pecinta tanaman hias dari dalam maupun luar negeri.
Rabu, 11 Desember 2024 | 10:49 WIBMengusung tema "Evolutionary & Revolutionary Elegance: The Beauty of Genetic Diversity in Floriculture", FLOII Expo 2024 dibuka secara langsung oleh Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia, Sudaryono. Turut hadir pula Direktur Buah dan Florikultur
Jumat, 6 Desember 2024 | 16:03 WIBBerikut manfaat Fitur Gemini pada Youtube:
Selasa, 29 Oktober 2024 | 17:26 WIBBerikut step by step buat mention temanmu di status:
Jumat, 25 Oktober 2024 | 11:57 WIB