LogoDIGINATION LOGO

Tingkatkan Bisnismu dengan Data Science, dan Siap Hadapi Pasar di Era Digital  

author Oleh DQLab Selasa, 25 Mei 2021 | 17:38 WIB
Share
Share

 

Perkembangan teknologi yang kian canggih menjadikan banyak pekerjaan yang semula dilakukan secara manual, kini dikerjakan secara otomatis seperti dalam mengolah data.

Hampir di seluruh perusahaan kini menganggap data sebagai aset yang perlu dijaga, serta diolah dengan baik.

Sebab, melalui datalah perusahaan dapat mengetahui bagaimana kondisi perusahaannya dan dapat mengambil keputusan yang tepat sebagai solusi permasalahan yang mungkin sedang dihadapi.

Oleh karenanya, data science menjadi populer karena fungsinya yang dapat membantu proses pengolahan data lebih cepat. Berbagai jenis data dapat diolah dengan menerapkan data science.

Dalam dunia bisnis, data mempunyai peran penting dalam memajukannya. Salah satunya dengan melakukan inovasi produk dengan mengacu pada karakteristik konsumen.  

Nah sebelum lebih jauh, yuk kita simak dulu pengertian data science dan seperti apa sih manfaatnya dalam dunia bisnis?

Pengertian Data Science

 

Data science merupakan gabungan ilmu yang berdiri berdasarkan tiga pilar ilmu yakni matematika, statistika, dan komputer (pemrograman). Ketiganya berkolaborasi dengan tujuan membuat proses pengolahan data lebih efisien dan akurat.

Proses pengolahan data dalam data science meliputi pengumpulan data, manipulasi data, serta mengolah data. Tidak berhenti sampai disitu, data science juga dapat berguna pada proses analisis data untuk memperoleh informasi yang dapat dijadikan acuan dalam pengambilan keputusan. 

Keunggulan yang dimiliki data science antara lain yaitu data yang diolah dengan data science dapat berupa berbagai jenis data mulai dari yang terstruktur dan tidak terstruktur.

Data yang diolah juga merupakan data yang berjumlah besar yang disebut Big Data. Disinilah ilmu data science berperan dalam proses pengolahan data agar lebih powerful dan memanfaatkan waktu secara efisien.

Baca juga : Mau Belajar Data Science Bebas Biaya? Nikmati Modulnya di DQLab, GRATIS!

Tools yang Digunakan

 

Untuk bisa menerapkan data science diperlukan alat atau tools yang perlu disiapkan. Biasanya penggunaan tools data science oleh praktisi data yang profesional tergantung pada ketetapan perusahaan. Namun ada baiknya seorang praktisi data menguasai beberapa tools yang mendukung dalam melakukan pengolahan data.

Beberapa tools yang sering digunakan yaitu Python, R, SQL, NoSQL, Hadoop, SAS, Tableau, dan Excel. Beberapa tools yang disebutkan ada yang bersifat open source dan ada juga yang berbayar.

SAS merupakan tools data science yang berbayar dan biasanya digunakan oleh perusahaan berskala besar. Indonesia menjadi salah satu pengguna SAS khususnya di Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan RI.

Berbagai tools tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing saat digunakan untuk mengolah data. Library yang dimiliki juga berbeda-beda. Misalnya seperti Python memiliki library Numpy untuk mengolah data numerik dan library Matplotlib untuk menyajikan data dalam bentuk yang lebih menarik seperti grafik dan plot.

Jika kamu asing dengan tools yang tadi disebutkan, mungkin kamu sudah akrab dengan yang satu ini, Excel. Dalam Microsoft Excel ada salah satu fitur yaitu Analysis Toolpak yang berfungsi untuk melakukan proses analisis data.  

Peran Data Science dalam Bisnis

 

Data science memiliki peran penting yang berpengaruh dalam bisnis. Mengapa? Sebab, hasil dari data yang diolah dengan menerapkan data science dapat mempengaruhi keputusan bisnis yang akan dijalankan selanjutnya. Hal ini bermanfaat dalam berbagai proses bisnis seperti meningkatkan penjualan, strategi promosi, menentukan kombinasi menu restoran yang menarik, dan sebagainya. 

Tidak hanya itu, dengan menerapkan data science, perusahaan juga dapat memprediksi yang akan terjadi kedepannya berdasarkan data yang dimiliki perusahaan. Oleh karena itu profesi data science saat ini banyak dicari.

Talent-talent data sangat dibutuhkan untuk mengisi posisi di perusahaan untuk mengolah data dan berkontribusi dalam laju bisnis seperti Data Scientist, Data Analyst, dan Data Engineer. 

Baca juga : Yoga Pratama Member DQLab yang Berhasil Mendapatkan Business Analyst Internship di Era Pandemi

Mau Punya Keahlian Data Science? Yuk, Belajar bersama DQLab!

 

Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup
  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 
  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 
  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.
  • Editor: Nur Shinta Dewi
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE