Bagaimana Membangun Strategi Bisnis di Tahun 2021?
Punya bisnis atau lagi mempersiapkan bisnis? Coba lihat apa yang kita bisa lakukan untuk berbisnis tahun depan
Kamis, 12 November 2020 | 10:12 WIB
Ramadan tahun ini, Covid-19 masih bersarang di Indonesia. Bedanya, ada secercah harapan ekonomi akan kembali pulih dengan semakin meluasnya vaksinasi.
Optimisme ini juga yang mendorong pemerintah melonggarkan aktivitas di luar rumah. Masyarakat Indonesia yang cepat menangkap peluang bisnis sudah mulai bergerak untuk meraup keuntungan di bulan ramadan.
Melihat pelonggaran telah dilakukan dan masyarakat telah terbiasa dengan protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah, pertanyaannya, apakah strategi yang tepat guna untuk bisnis ramadan tahun ini?
Sebagai perusahaan Point of Sales ternama di Indonesia, Moka, dan hasil dari afiliasi Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), Bincang Biznis GoBiz, dan Temu Midtrans. Dalam bincang Digination Power Lunch (19/04), Karanisa Doena, Head of Product Marketing Moka memberi insight bisnis yang mengacu pada rekaman data 2020 dan e-book insight bisnis Ramadan Gojek.
Karanisa Doeana, menjelaskan bahwa salah satu strategi yang dapat difokuskan masih tetap sama dengan tahun sebelumnya yaitu pembelanjaan online dan jasa antar.
Pelaku usaha F&B, ritel dan service, dapat berinovasi dengan membuat menu khusus delivery yang dapat dimasak dan diolah sendiri oleh para konsumen sehingga dapat dimanfaatkan di waktu khusus seperti sahur dan berbuka.
Bisnis Food and Beverage (F&B)
Berbicara mengenai tren bisnis F&B di ramadan tahun ini, Karanisa menjelaskan berbagai jenis makanan yang menggunakan bahan baku beras menjadi tren favorite di bisnis kuliner, misalnya nasi goreng dan nasi kuning, serta makanan cepat saji Friedchicken dan Hamburger.
Sementara, untuk kebiasaan mengkonsumsi kuliner masyarakat, Karanisa menjelaskan ada sedikit perubahan pada tahun ini.
“Di waktu berbuka puasa masyarakat lebih banyak menikmati makanan ringan, seperti martabak, pasta, dan pizza. Sementara di waktu sahur, mereka memilih untuk menyantap makanan cepat saji seperti fried chicken,” kata Karanisa.
Karanisa menjelaskan untuk waktu berbuka minuman yang diburu masyarakat lebih beragam, sementara Untuk waktu sahur orang lebih suka minum air putih, teh dan kopi.
“Kalau tren minuman, pas sahur lebih simple seperti air mineral, kopi teh, namun saat di jam buka lebih beragam seperti Boba, es alpukat, es kopi susu dan es coklat,” kata Karanisa.
Kedai kopi dan cafe dapat memanfaatkan waktu sahur dan berbuka puasa untuk menambah omzet di bulan puasa tahun ini.
Baca juga : Daftar Diskon Ramadhan 2021 di Marketplace Indonesia
Sementara, masyarakat sangat mengandalkan pemesanan makanan online, terjadi pertumbuhan permintaan pesan-antar kuliner sejak minggu kedua Ramadan sampai akhir bulan.
Jumlah pemesanan makanan via layanan GoFood mengalami tren pertumbuhan positif selama Ramadan tahun lalu, terutama sejak minggu kedua hingga akhir bulan.
Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sangat mengandalkan layanan pesan antar online guna memenuhi kebutuhan mereka selama Ramadan. Guna mengoptimalkan kesempatan selama bulan Ramadan, pelaku usaha juga dapat menggunakan strategi promosi yang efektif menarik pelanggan, termasuk menyediakan opsi menu Traktir Driver, yang memberi kesempatan pelanggan untuk berbagi kasih dan efektif meningkatkan nilai transaksi.
Ritel
Data Gojek menunjukkan peningkatan transaksi hijab di bulan Ramadan tahun lalu. Bila dibandingkan dengan sebelum Ramadan, peningkatan penjualan hijab mengalami peningkatan hingga lebih dari 125%.
Sejalan dengan tren ini, konsumen turut mengeluarkan dana lebih untuk belanja pada kategori pakaian dan aksesoris, serta barang penunjang aktifitas di rumah seperti alat kesenian melukis, buku, serta alat olahraga.
Volume penjualan yang sedikit berubah adalah, penjualan buku, peralatan belajar dan kerja dari jarak jauh yang sebelumnya sangat laku terjual pada tahun lalu saat ini sudah mulai mereda.
“Buku, lalu juga peralatan untuk mendukung kerja dan sekolah dan olahraga sangat laku terjual pada ramadan tahun sebelumnya,” kata Karanisa.
Sementara pada bisnis ritel terlihat belum adanya perubahan yang signifikan dari tahun sebelumnya. Bisnis clothing, apparel dan aksesoris masih laku terjual.
Jasa
Pada sektor jasa, terlihat adanya perubahan yang signifikan. Jika tahun lalu banyak terjadi penurunan akibat social distancing, pada ramadan tahun ini sektor jasa telah memanfaatkan peluang dengan menjual produk, hal ini masih menjadi peluang bisnis yang menjanjikan pada ramadan tahun ini.
Selama pandemi, pemilik usaha jasa turut menjual produk-produk yang mereka gunakan langsung ke pelanggan, hal ini terlihat pada peningkatan tren pembelian produk kecantikan dari salon, serta obat dan multivitamin penunjang kesehatan.
“Untuk jasa sebenarnya lebih kepada servicenya, kalau dilihat service kecantikan itu yang paling laris dari yang kami lihat, namun karena pandemi jadi banyak penurunan. Tapi beda halnya saat diiringi dengan penjualan produk misalnya, salon yang menjual produk bulu mata, menambah omzet kecantikan pada tahun lalu” kata Karanisa.
Penjualan produk dengan paket hampers berguna meningkatkan pendapatan pelaku usaha di bidang jasa. Di momen Ramadan, pelaku usaha dapat menggabungkan produk jasanya menjadi hamper dengan harga sesuai target pasar.
Baca juga : Ragam Diskon Ramadan, Tokopedia #WIB Beri Peluang Baru untuk Masyarakat
Tergabung pada Akademi Mitra Usaha Gojek, Moka melalui A Cup of Moka (ACOM) ikut mengedukasi pengembangan kompetensi UMKM yang menaungi berbagai komunitas mulai dari Komunitas Partner GoFood (KOMPAG), A Cup of Moka (ACOM), Bincang Biznis GoBiz, hingga Temu Midtrans.
Selama Ramadan 2021, Akademi Mitra Usaha oleh Gojek akan mengadakan rangkaian webinar edukatif bertajuk SEDEKAH - Sesi Edukasi Ramadan Berkah yang membahas resep sukses pertumbuhan bisnis kuliner, ritel
dan jasa.
Webinar edukatif ini akan fokus pada pembahasan tren bisnis Ramadan, pelatihan pemasaran secara daring dilengkapi dengan diskusi bersama para praktisi yang ahli di bidangnya.
Pelaku usaha bisa mendapatkan informasi detil mengenai jadwal pelatihan virtual, pengisi acara, dan materi lengkap tren usaha Ramadan 2021 dengan mengakses laman web melajubersamagojek.com/sedekahramadan.
Punya bisnis atau lagi mempersiapkan bisnis? Coba lihat apa yang kita bisa lakukan untuk berbisnis tahun depan
Kamis, 12 November 2020 | 10:12 WIBAgar bisnis semakin laris manis saat Ramadan, berikut 5 tips agar jualan online terus meningkat di bulan Ramadan :
Rabu, 7 April 2021 | 17:54 WIBUntuk menunjang ibadah mu di bulan puasa, berikut 4 aplikasi yang patut kamu download.
Jumat, 16 April 2021 | 05:56 WIBIngin tahu apa tools AI yang banyak digunakan oleh para pebisnis dan kreator? Berikut peringkat AI terpopuler tahun 2024 dan apa yang menjadi keandalannya.
Rabu, 18 Desember 2024 | 17:01 WIBLelang tanaman hias sendiri merupakan rangkaian program dari FLOII Expo 2024 sejak pertama kali diadakan. Acara ini selalu memikat para kolektor dan pecinta tanaman hias dari dalam maupun luar negeri.
Rabu, 11 Desember 2024 | 10:49 WIBMengusung tema "Evolutionary & Revolutionary Elegance: The Beauty of Genetic Diversity in Floriculture", FLOII Expo 2024 dibuka secara langsung oleh Wakil Menteri Pertanian Republik Indonesia, Sudaryono. Turut hadir pula Direktur Buah dan Florikultur
Jumat, 6 Desember 2024 | 16:03 WIBBerikut manfaat Fitur Gemini pada Youtube:
Selasa, 29 Oktober 2024 | 17:26 WIBBerikut step by step buat mention temanmu di status:
Jumat, 25 Oktober 2024 | 11:57 WIBData Science adalah bidang ilmu yang memadukan statistik, matematika, dan ilmu komputer untuk mengolah serta menganalisis data dalam jumlah besar. Tujuan utama Data Science adalah mendapatkan wawasan yang dapat membantu perusahaan dalam pengambilan k
Kamis, 24 Oktober 2024 | 15:51 WIBJika kamu menemukan lagu yang seru di Instagram dan ingin menyimpannya dengan lagu lain, sekarang kamu bisa langsung menambahkannya ke playlist Spotify.
Senin, 21 Oktober 2024 | 15:45 WIBIni keterampilan AI yang banyak dibutuhkan:
Senin, 21 Oktober 2024 | 14:33 WIBJangan baper duluan kalau lamaran kerja kamu tidak pernah direspons rekruter. Sebab, CV kamu akan diseleksi otomatis oleh Applicant Tracking Systems lebih dulu.
Rabu, 16 Oktober 2024 | 10:00 WIBBerikut langkah menggunakan SnapTik untuk mengunduh video TikTok:
Jumat, 11 Oktober 2024 | 10:54 WIBAI bawa efisiensi yang lebih besar dalam berbagai sektor industri.
Selasa, 8 Oktober 2024 | 19:34 WIBAI bawa efisiensi yang lebih besar dalam berbagai sektor industri.
Senin, 7 Oktober 2024 | 19:00 WIBSangat penting buat kamu untuk segera menyelematkan konten kamu di fitur Archive. Begini caranya!
Jumat, 27 September 2024 | 16:20 WIBJobstreet by SEEK luncurkan gerakan #NextMillionJobs ciptakan satu juta peluang kerja baru
Selasa, 17 September 2024 | 18:00 WIBBerikut teknologi terbaru dari Toyota Kijang Innova Zenix yang menjadikan peforma mobil ini nyaman dan berkelas:
Jumat, 6 September 2024 | 17:00 WIB