LogoDIGINATION LOGO

Tokopedia Ungkap Tren dan Peluang Bisnis 2021, Simak Informasinya!

author Oleh Nur Shinta Dewi Jumat, 5 Maret 2021 | 17:05 WIB
Share
Share

Sebagai e-Commerce ternama di Indonesia, Tokopedia mencatatkan terjadinya peningkatan jumlah penjual di platformnya dari yang semula 7,2 juta pada Januari 2020 menjadi lebih dari 10 juta saat ini. Peningkatan ini didorong oleh kemunculan banyak UMKM di Indonesia akibat COVID-19.

“Tokopedia berkomitmen #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan hingga menciptakan peluang melalui pemanfaatan teknologi. Dalam membangun bisnis, khususnya di tengah pandemi, memahami tren pasar merupakan hal yang sangat penting,” kata External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra

Melalui laporan ini Tokopedia membagikan beberapa temuan menarik terkait tren penjualan produk, berikut informasi untuk inspirasi bisnis :

  1. Makanan dan Minuman

Kategori F&B menjadi salah satu kategori yang paling populer di Tokopedia menjelang akhir 2020 dengan peningkatan transaksi mencapai lebih dari 3x lipat.

Ekhel berpendapat, menjual produk yang paling banyak dicari masyarakat dapat menjadi strategi yang baik dalam memulai usaha. Beberapa produk makanan dan minuman yang paling dicari masyarakat belakangan ini antara lain madu, buah-buahan, telur, kopi lokal, keripik dan beras.

“Berjualan makanan siap masak juga dapat dijadikan peluang usaha saat ini. Melihat adanya peningkatan penjualan makanan siap masak di Tokopedia menjadi lebih dari 3,5x lipat di akhir tahun 2020,” tambah Ekhel.

Baca juga : Sukses Wirausaha! Tips Milenial dan Gen Z Bersaing di Pasar Global

  1. Kecantikan dan Perawatan Tubuh

Pandemi mendorong terciptanya tren dan peluang baru, termasuk di bidang kecantikan dan perawatan tubuh. Tokopedia mencatatkan adanya peningkatan transaksi pada kategori Kecantikan mencapai hampir 2x lipat menjelang akhir 2020. Gentle Hour, salah satu pegiat usaha lokal di kategori Kecantikan Tokopedia yang memulai bisnisnya di tengah pandemi, turut mencatat kenaikan transaksi hingga 13x lipat dan berhasil menjangkau pelanggan bahkan hingga ke Papua.

  1. Tanaman dan Alat Berkebun

Tokopedia menemukan berkebun menjadi salah satu hobi yang banyak digemari masyarakat sepanjang pandemi

“Adanya kenaikan transaksi lebih dari 4x lipat pada sub kategori Taman sepanjang 2020 jika dibandingkan 2019 di Tokopedia, dapat menjadi inspirasi usaha di 2021,” ungkap Ekhel.

  1. Produk Olahraga

Ekhel juga berpendapat menjual beragam produk yang mendukung hobi olahraga populer juga dapat dipertimbangkan menjadi ide usaha. Beberapa olahraga yang digemari selama 2020 berdasarkan pembelian di Tokopedia yaitu bersepeda, fitness, memancing, mendaki dan berkemah, serta sepakbola atau futsal.

Baca juga : Diprediksi Tumbuh Positif di 2021, Tren eCommerce jadi Sarana Pemulihan Ekonomi

  1. Alat Lukis 

Di tengah pandemi, melukis menjadi salah satu hobi yang digemari masyarakat, contohnya aktivitas paint by numbers. Hal ini terlihat dari kenaikan jumlah penjualan produk- produk seperti perlengkapan melukis pada subkategori Office & Stationery di Tokopedia yang mencapai hampir 2x lipat selama 2020. “Ini juga bisa jadi peluang usaha,” tutup Ekhel.

Tokopedia juga menyediakan pendampingan dan akses terhadap materi edukasi dalam bentuk kelas online atau webinar bagi pebisnis baru atau yang sudah menjadi penjual di Tokopedia melalui Pusat Edukasi Seller. Tema yang diangkat sangat beragam, mulai dari cara membuka toko, tips mendapat pesanan pertama, keuntungan berjualan online, membuat konten promo menarik dan lainnya.

  • Editor: Nur Shinta Dewi
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE