POST Beri Layanan Premium Gratis 12 Bulan Untuk #BantuUKMIndonesia
POST berikan layanan gratis 12 bulan untuk UKM Indonesia
Rabu, 6 Mei 2020 | 16:05 WIBPandemi COVID-19 membuat perubahan perilaku konsumen, dan meninggalkan keputusan sulit bagi bisnis yang bergantung pada aktivitas keseharian orang. Dalam hal ini dibutuhkan strategi baru, inovasi, dan yang terpenting, dibutuhkan kegigihan untuk bisa bertahan.
Guna bangkit dari pandemi dan mempersiapkan masa transisi, Moka, startup kasir digital Indonesia bersama dengan bisnis ritel fesyen Kami. mengajak UMKM untuk melek literasi digital serta berbagi strategi untuk melek literasi digital.
Karan Doeana, Head of Product Marketing Moka menjelaskan literasi dan pengaplikasian teknologi digital kini sudah menjadi keharusan dari UMKM untuk dapat beradaptasi.
“Memasuki kondisi shifting ini, bisnis dihadapkan pada pilihan untuk melebarkan channel secara digital, baik untuk penjualan maupun operasionalnya. Diharapkan kedepannya tidak hanya bertahan, namun bisnis juga dapat terus bertumbuh dan berinovasi,” kata Karan Doena.
Berdasarkan data internal Moka, data penurunan pendapatan mencapai lebih dari 40% pada outlet-outlet bisnis yang sebagian besar adalah Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terhitung Maret 2020.
Namun saat ini, beberapa UMKM telah menunjukkan resiliensi terhadap kondisi ini dan beradaptasi dengan strategi masing-masing.
Istafiana Candarini, co-founder bisnis ritel fesyen Kami. melalui Webinar Moka bertajuk wadah edukasi UMKM, A Cup Moka (AKOM) berbagi cerita mengenai adaptasi yang dibentuk untuk tetap mengembangkan bisnis ritel di kala pandemi dan transisi periode baru.
Dengan usahanya, bisnis Kami. mampu bertahan dengan baik dan menghindari pemberhentian kerja karyawan serta mempertahankan cash flow positif.
Kami. merupakan merek fashion lokal Indonesia yang menyediakan pakaian modis untuk wanita, telah beroperasi sejak tahun 2009 hingga kini memiliki 15 butik yang tersebar dari Aceh hingga Samarinda.
Ritel fesyen ini dikenal oleh masyarakat dengan produknya yang fokus mengeluarkan modest wear hingga menjajakan kreativitas produknya ke Singapura dan Malaysia.
Sejak adanya pandemi, pelanggan cenderung memilih berbelanja melalui platform online melalui website Kami. Hal ini sedikit banyak berpengaruh terhadap bisnis, salah satunya adalah distribusi stok yang harus lebih banyak dialokasikan ke website (online).
Selain itu, jika dilihat secara keseluruhan pola perilaku pelanggan pada umumnya cenderung mengalami perubahan yakni mengurangi konsumsi pembelanjaan dan memprioritaskan untuk belanja kebutuhan primer.
Berikut strategi yang perlu diperhatikan pemilik usaha online fesyen untuk bertahan di tengah pandemi menurut Istafiana Candarini Co-founder Kami.:
Perubahan aktivitas pemasaran menuju online
Dengan perpindahan pola perilaku pelanggan menjadi online based, maka tiap butik Kami. Rutin mengadakan live shopping di platform sosial media Instagram.
Dengan demikian, pelanggan dapat melihat koleksi yg tersedia di butik secara virtual tanpa harus datang ke butik, dengan melakukan transaksi penjualan secara online melalui customer service di setiap cabang.
Aktifkan promo berbagi
Di awal pandemi, Kami. juga mengajak pelanggan untuk berbagi. “Kami memberikan free ongkir untuk area Jadetabek, menggunakan layanan same-day delivery dari ojek online. Harapannya, program ini dapat membantu para driver untuk mendapatkan orderan lebih di tengah pandemi,” jelasnya.
Selain itu, pelanggan juga otomatis mendonasikan sebesar Rp15.000 dari setiap pembelanjaan untuk disalurkan melalui lembaga penerima donasi Dompet Dhuafa untuk para dhuafa yang kesulitan mencari pendapatan.
Transformasi di sistem operasional
Istafiana menjelaskan, salah satu kendala yang dihadapi dalam perubahan kanal bisnis mayoritas ke online ini adalah distribusi produk ke cabang.
“Dengan menggunakan bantuan sistem POS digital dari Moka, kami dapat membantu tim pusat dalam memantau penjualan dan juga keadaan stok real time di cabang,” katanya.
Sebagai penutup, Istafiana menyampaikan pesan bagi para pemilik usaha yang sedang mengalami hal yang sama di kondisi seperti ini, untuk tidak terlambat dalam mengambil langkah ke depan dalam menghadapi kemungkinan pandemi yang akan berdampak pada penjualan.
POST berikan layanan gratis 12 bulan untuk UKM Indonesia
Rabu, 6 Mei 2020 | 16:05 WIBFacebook perkenalkan fitur baru untuk UKM berjualan, akan terintegrasi dengan layanan Facebook lainnya
Rabu, 20 Mei 2020 | 13:51 WIBVisa dan program pemberdayaan UKM Global
Jumat, 26 Juni 2020 | 17:56 WIBUKM di kawasan Asia Tenggara mengandalkan teknologi untuk bisa survive di masa pandemi Covid-19 ini
Selasa, 7 Juli 2020 | 18:43 WIBMakin banyak pilihan bagi UKM untuk melakukan transformasi digital dan melakukan pemasaran di platform social media
Rabu, 15 Juli 2020 | 20:00 WIBDalam peringatan HUT BRI ke-129, salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia ini mencatatkan laba sebesar Rp60,4 triliun sepanjang tahun 2023.
Senin, 16 Desember 2024 | 15:32 WIBFLOII Expo 2024 sendiri merupakan pameran tanaman hias pertama dan terbesar di Indonesia berskala internasional yang menjadi wadah berkumpulnya para pelaku usaha, peminat dan penggemar tanaman hias di Indonesia. Tidak hanya sebagai tempat bertemu dan
Kamis, 28 November 2024 | 10:21 WIBUnilever Food Solutions Hadirkan Cooking Hack di SIAL Interfood 2024
Jumat, 15 November 2024 | 17:38 WIBSahabat-AI akan memberdayakan pengembangan aplikasi yang disesuaikan untuk kebutuhan masyarakat Indonesia
Kamis, 14 November 2024 | 14:26 WIBBerikut tiga alasan kenapa Galaxy Ring dapat menunjang gaya hidup sehat:
Selasa, 12 November 2024 | 17:38 WIBBerikut adalah kriteria yang harus dipenuhi:
Kamis, 7 November 2024 | 13:22 WIBBerikut lima tren menu inovatif untuk Pasar Indonesia:
Selasa, 5 November 2024 | 11:59 WIBDQLab Mini Bootcamp Introduction to Data Analytics (Excel, Python & SQL) merupakan sebuah program edukatif yang dirancang untuk memberikan dasar yang kokoh dalam dunia data analytics. Program ini menawarkan pengalaman belajar intensif dan komprehensi
Senin, 14 Oktober 2024 | 17:06 WIBMaskapai penerbangan baru BBN Airlines Indonesia mulai beroperasi pada 27 September 2024. Sebagai awal, BBN melayani tiga rute dan terbang tujuh kali seminggu.
Kamis, 3 Oktober 2024 | 14:27 WIBSiap menikmati berbagai penawaran menarik Traveloka 10.10 Travel Fest? Simak inspirasi perjalanan di bawah ini
Selasa, 1 Oktober 2024 | 17:05 WIBAdapun daftar beberapa fitur tersembunyi iOS 18 adalah sebagai berikut.
Rabu, 25 September 2024 | 13:14 WIBApa saja fitur baru iPhone 16? Simak berikut:
Selasa, 10 September 2024 | 20:45 WIBOYO sebagai platform penyedia akomodasi ikut serta memeriahkan momentum kemerdekaan
Jumat, 9 Agustus 2024 | 17:15 WIBUkuran kotaknya terbilang lebih besar dari mesin pencarian Google.
Selasa, 30 Juli 2024 | 13:24 WIBMelalui inovasi kacamata audio ini, berikut kelebihan JBL Soundgear Frames:
Selasa, 23 Juli 2024 | 18:09 WIB