LogoDIGINATION LOGO

Efek Pembatasan Sosial, Game Hiperkasual Tumbuh Pada Kuartal I 2020

author Oleh Nur Shinta Dewi Senin, 15 Juni 2020 | 11:04 WIB
Share
Share

Game Hiperkasual semakin banyak diminati seiring dengan diberlakukannya pembatasan sosial. Adjust bersama dengan Unity Technology menemukan game hiperkasual mengalami pertumbuhan, dengan pendapatan dari iklan sebesar 95% dan rasio klik-tayang sebesar 22%, pada kuartal pertama tahun 2020.

Laporan ini menemukan bahwa aplikasi Game Hiperkasual mengalami pertumbuhan luar biasa di kuartal pertama tahun 2020. Pertumbuhan ini lahir karena penggunaan aplikasi dan jumlah unduhan yang memecahkan rekor.

Bahkan estimasi menunjukkan, total belanja bagi 2,7 miliar pengguna untuk game seluler akan mencapai US$77,2 miliar di tahun 2020. Laporan ini didasarkan pada Top 1000 dan semua aplikasi yang dilacak oleh sistem Adjust dan kampanye iklan Unity pada Q4 2019 - Q1 2020.

Platform pemasaran aplikasi global, Adjust, memetakan perkembangan genre aplikasi game yang siap memetik manfaat dari pertumbuhan Game Hiperkasual. Genre game ini terdiri dari lightweight games yang membuat kecanduan, serta dapat langsung dimainkan dan dimainkan berulang kali.

Laporan ini menganalisis dataset kampanye iklan untuk berbagai Game Hiperkasual yang dibuat oleh Unity, platform untuk membuat konten 3D secara real-time yang menyediakan inventaris iklan global dan jaringan premium.

"Game Hiperkasual semakin banyak diminati belakangan ini saat masyarakat berdiam di rumah karena pandemi COVID-19, kondisi ini menimbulkan persaingan yang ketat untuk menarik pengguna," kata Agatha Hood, Head of Global Advertising Sales, Unity Technologies.

Laporan ini mencatat jumlah instalasi meningkat menjadi lebih dari dua kali lipat di tingkat global, yakni lebih dari 103% pada bulan Desember 2019 - Maret 2020. Peningkatan terbesar terjadi di Cina, dengan kenaikan sebesar 3,5x untuk periode yang sama.

Jumlah sesi juga mengalami peningkatan karena pengguna menghabiskan lebih banyak waktu untuk memainkan game yang telah diunduh.

Secara global jumlah sesi meningkat sebesar 72% pada bulan Maret. Cina memimpin kenaikan dengan jumlah sesi lebih dari 300% pada bulan Desember 2019 - Maret 2020, diikuti oleh Korea yang mengalami kenaikan sebesar 152%, Jepang 137% dan Jerman 69%.

Kenaikan jumlah sesi di AS (35%) dan Inggris (34%) cenderung lebih rendah. Sebagian besar pengguna Game Hiperkasual di AS sudah menjadi heavy gamers, dengan berkontribusi sebesar 15% dari jumlah sesi di tingkat global berdasarkan rata-rata pada bulan Desember 2019 - April 2020, sehingga kenaikan di kawasan ini tidak terlalu signifikan.

Dan temuan lain melalui riset yang sama mencatat, biaya per Instalasi (CPI) di berbagai kawasan tergolong rendah. Secara umum, CPI menurun sebesar 35% pada akhir bulan Maret, tetapi biaya akuisisi pengguna di AS masih lebih dari dua kali lipat biaya akuisisi pengguna di EMEA (US$0,19).

Akan tetapi, pemasar juga memperoleh tingkat konversi paling tinggi (17%) di AS, negara dengan standar emas pengguna aplikasi Game Hiperkasual. Pada periode yang sama, biaya akuisisi pengguna di APAC menurun tajam menjadi sekitar US$0,20.

Di tingkat global, CPI jauh lebih rendah, dengan rata-rata sebesar US$0,17 pada Q1 2020. Hal ini mungkin diakibatkan oleh dampak dari CPI yang jauh lebih rendah di LATAM, khususnya negara-negara seperti Brasil dan Meksiko, dengan basis pengguna yang besar dan sangat tertarik dengan game seperti ini.

"Dengan memahami metrik dan mechanics dibalik game hiperkasual, pembuat aplikasi dapat secara efektif menyusun strategi akuisisi pengguna dan monetisasi mereka agar dapat mencapai kesuksesan, yang sesuai dengan realita baru yang kita hadapi saat ini,”  kata Agatha Hood.

Dia juga menjelaskan dengan kerjasama Adjust dan Unity ini, bisa dimanfaatkan sebagai panduan bagi pembeli untuk mengetahui cara memanfaatkan platform iklan Unity di saat yang sangat menguntungkan bagi game seluler.

Kombinasi game mechanics yang sederhana dan desain minimalis yang digunakan oleh Game Hiperkasual membuat pengguna lebih menerima dan semakin tertarik dengan iklan. Game Hiperkasual dapat membangun model bisnis yang unik untuk mobile gaming berkat penerimaan pengguna terhadap iklan, sehingga monetisasi iklan menjadi sumber pendapatan utama sekitar 95% bagi genre ini.

"Game Hiperkasual dengan cerdas menggabungkan pengalaman iklan terbaik dan mechanics yang paling menarik untuk menjangkau sebanyak mungkin pemain dari berbagai kategori. Genre ini telah mendesain ulang model tradisional yang berkaitan dengan akuisisi pengguna dan monetisasi iklan,” kata Paul H. Müller, co-founder dan CTO Adjust.

 

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE