LogoDIGINATION LOGO

LinkAja Bersama Kemkominfo Sediakan Solusi Belanja Di Pasar Tradisional Berbasis Online

author Oleh Nur Shinta Dewi Selasa, 26 Mei 2020 | 18:46 WIB
Share
Share

Setelah ditetapkannya PSBB oleh pemerintah akibat bencana nasional COVID-19, LinkAja sebagai uang elektronik nasional, bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), menyediakan solusi pembayaran pembelanjaan secara online di 18 pasar tradisional yang tersebar di Jakarta, untuk memudahkan semua orang memenuhi kebutuhan mereka.

Sejak Tahun 2019 Kominfo Bersama Platform Digital dan Digital Payment telah mendorong para UMKM untuk Go Online melalui program “Grebeg Pasar”. Kepala Subdirektorat Pengembangan Ekonomi Digital Pariwisata, Transportasi dan Perdagangan, Kementerian Kominfo, Sumarno meminta LinkAja sebagai penyedia layanan pembayaran elektronik (digital payment), berperan aktif untuk memberikan kemudahan bertransaksi, sehingga baik penjual dan pembeli akan semakin dimudahkan di masa PSBB COVID-19.

"Adanya pandemi COVID-19 sangat berdampak bagi para pelaku usaha, bahkan warung-warung dan UKM mengalami penurunan omset yang sangat drastis. Di saat pandemi berlangsung kami harap para pedagang dapat berjualan dari warung-warung atau dari rumah masing-masing, sementara konsumen dengan mudah mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus keluar dari rumah," katanya.

Direktur Utama LinkAja Haryati Lawidjaja mengungkapkan, dengan dukungan pemerintah, LinkAja berharap komitmen akselerasi dari transaksi offline ke online ini dapat berjalan dengan baik di tengah periode PSBB. LinkAja berupaya untuk merangkul UMKM pasar tradisional, yang paling rentan terdampak. Serta membantu para pengguna LinkAja untuk memudahkan mereka belanja online di berbagai pasar tradisional.

Cara untuk berbelanja berbagai kebutuhan rumah tangga di berbagai pasar ini cukup mudah. Pengguna LinkAja dapat menghubungi nomor telepon Mitra Pasar LinkAja yang terdekat dengan area tempat tinggal, memberitahu daftar kebutuhan apa saja yang akan dibeli, lalu Mitra Pasar LinkAja akan memberikan total nominal harga yang harus dibayarkan.

Untuk proses transaksinya, Mitra Pasar LinkAja akan mengirimkan QR Code, sehingga para pelanggan dapat melakukan scan atau upload QR Code di Aplikasi LinkAja di handphone masing – masing. Setelah transaksi berhasil dilakukan, barang pun siap untuk dikirimkan ke tempat pelanggan. Para pengguna LinkAja pun dapat menikmati cashback sebesar 20% dengan nominal maksimal Rp 5,000 untuk setiap transaksinya, yang berlaku hingga tujuh kali transaksi dalam satu minggu.

Berbagai pasar tradisional yang dapat melayani sistem pembelanjaan secara online ini, dibagi ke dalam tiga sektor. Pada setiap sektor, terdapat Mitra Pasar LinkAja yang dapat dihubungi melalui aplikasi WhatsApp.

Sektor satu terdiri dari Pasar Senen, Pasar Kue Senen, Pasar Jaya Gondangdia, Pasar Cempaka Sari, Pasar Poncol Jaya. Kontak Mitra Pasar LinkAja yang dapat dihubungi untuk sektor satu yaitu Jonathan F. Sitorus dengan nomor WA 082111754672.

Untuk sektor dua terdiri dari Pasar Kebayoran Baru, Pasar Mayestik, Pasar Santa, Pasar Blok A, Pasar Jaya Cidodol, Pasar Cipulir, dan Pasar Buah Barito. Masyarakat dapat menghubungi Idrus Jamalullai dengan nomor WA 081319467900 untuk sektor dua.

Sedangkan, untuk sektor tiga terdiri dari Pasar Muara Karang, Pasar PIK, Pasar Kamal, Pasar Rawa Gabus, Pasar Lima Lima, dan Pasar Muara Angke. Dengan menghubungi Angga Darma Putra di nomor 081387206972.

  • Editor: Rommy Rustami
TAGS
LATEST ARTICLE