5 Cara Meningkatkan Penjualan Selanjutnya
Untuk mendapatkan lebih banyak penjualan, kita harus menjadi penjual yang tidak hanya sekedar melakukan penjualan, namun juga membuat interaksi menyenangkan dengan pelanggan
Senin, 7 Mei 2018 | 02:59 WIB
Memiliki tujuan menjadi salah satu kunci sukses. Dengan tujuan akan memberi arah, fokus dan membantu menyusun skala prioritas serta menjadi tolok ukur keberhasilan.
Namun faktanya, memiliki tujuan saja belum cukup. Penelitian menunjukkan, tujuan memang penting tapi juga bisa menyulitkan. Tujuan bisa jadi tantangan dan jebakan dalam satu waktu.
Karenanya, penting mengatur tim dan menerapkan sistem manajemen yang efektif untuk mencapai tujuan. Google menerapkan metode Objectives Key Results (OKR) dalam mengelola perusahaannya.
Apa itu OKR?
OKR atau Objective and Key Results adalah sistem goal setting dan execution di Google dan menjadi salah satu metode pengukuran manajemen kerja.
Google menerapkan metode ini saat raksasa teknologi ini belum berusia genap setahun. Adalah John Doerr, investor Google, yang memperkenalkan metode ini. Hasilnya, Google tumbuh dengan pesat hingga seperti sekarang.
Sesuai dengan namanya OKR terdiri dari dua komponen utama yaitu Objectives (O) atau tujuan dan Key Results (KR) atau terget. Jadi kamu harus menetapkan tujuan dan selanjutnya menyiapkan terget.
Baca juga: Cegah Karyawan Hangus dengan Metode Ini
Objectives (O)
Objectives secara sederhana diartikan sebagai tujuan yang ingin dicapai. Bentuknya harus angka, tidak boleh berupa uraian. Misalnya, jika ingin membuat perubahan pada tampilan website, ukuran yang harus dipakai adalah dari kenaikan pengunjung.
Angka-angka ini akan menjadi motivasi dan tantangan bagi tim untuk terus bekerja keras untuk mengapai tujuan.
Google memang mendorong karyawannya untuk berani menerima tantangan dan bekerja keras. Karena dengan cara ini, dianggap bisa mengukur batas kemampuan dimiliki karyawannya.
Baca juga: 3 Jenis Pertanyaan Cari Karyawan Ala Google
Key Results (KR)
Key results adalah alat ukur untuk mengukur kemajuan yang sudah dilakukan guna mencapai objectives atau tujuan. Google merekomendasikan untuk sebuah objective memiliki 3-5 key results. Setiap key results harus bisa diangkakan agar bisa diukur secara objektif.
Google memiliki skala 0-1. Jika gagal total = 0. Jika sukses = 1. Jadi memungkinkan ada angka pencapaian 0.2, yang berarti tercapai tapi kurang sukses, dan sejenisnya.
Secara khusus, Google punya kebiasaan mematok OKR pada tingkat kesuksesan 0,6 - 0,7.
OKR menjadi alat bantu untuk mengukur usaha yang telah dilakukan untuk mencapai target dan mengevaluasi kinerja untuk priode berikutnya.
Dengan OKR, perusahaan akan lebih peka dan responsif terhadap segala perubahaan yang ada. Karena dibuat secara detail dan hanya untuk jangka waktu pendek.
OKR sendiri disusun secara mudah, singkat dan transparan. Setiap tim bisa melihat OKR tim lain. OKR juga menuntut karyawannya untuk memiliki tujuan yang ambisius.
Google mengatakan bahwa tujuan ambisius ini akan membuat orang tertantang dan keluar dari zona nyaman untuk mencapai target yang lebih baik lagi.
Google menerapkan OKR bukan hanya pada level perusahaan saja, namun turun hingga level individu.
Baca juga: Riset LinkedIn: 22% Perusahaan di Indonesia Ingin Calon Karyawan yang Melek Digital
Hal yang perlu dipelajari:
1. Buat tujuanmu bisa dilihat oleh semua orang
Tulis tujuanmu secara singkat dan tempelkan di meja kerjamu, agar semua orang bisa membaca dan memahami targetmu kedepan.
Transparansi inilah yang membuat OKR hebat. Dengan saling mengetahui dan mengerti, anggota tim lain dapat memberikan arahan dan menuju pada peningkatan kolaborasi. Selain itu menulis tujuan secara besar-besar dapat meningkatkan motivasi.
Di Google, tujuan semua karyawannya dipajang di direktori internal.
2. Jangan berhenti di level individu
Rick Klau mengatakan bahwa "OKR pribadi menentukan apa yang harus dilakukan orang tersebut. OKR tim dapat menentukan prioritas tim. Perusahaan adalah fokus yang akan dituju perusahaan."
Butuh waktu untuk bisa mengembangkan tujuan mengarahkannya ke target. Namun faktanya mengembangkan tujuan secara spesifik dan konsisten akan mengarahkan pada peningkatan kinerja. Semakin detail tujuanmu, semakin besar juga kemungkinan kamu mencapainya.
Tidak hanya Google yang menerapkan OKR, Spotify, Twitter, LinkedIn dan Airbnb juga menggunakan sistem manajemen kerja ini. Apakah kamu tertarik untuk menerapkan sistem ini juga?
Baca juga: Target Tak Tercapai Karena Karyawan Cuti? Siasati Dengan 5 Cara Ini!
Untuk mendapatkan lebih banyak penjualan, kita harus menjadi penjual yang tidak hanya sekedar melakukan penjualan, namun juga membuat interaksi menyenangkan dengan pelanggan
Senin, 7 Mei 2018 | 02:59 WIBInstagram telah menjadi salah satu platform media sosial terpopuler saat ini
Jumat, 3 Agustus 2018 | 00:02 WIBFacebook masih jadi sarana efektif untuk bisnis online asalkan tahu strategi tepat memaksimalkannya.
Sabtu, 19 Januari 2019 | 12:30 WIBFitur unggulan Gemini AI adalah kemampuannya dalam memecahkan masalah dengan teks, gambar, video, audio, dan kode. Kecanggihan fitur ini dapat memberikan respon yang orisinal dengan mencantumkan sumber kutipan terbaru dan terpercaya. Gemini AI mampu
Rabu, 16 Oktober 2024 | 13:41 WIBGemini AI adalah model kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Google sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Dalam artian sederhana, inovasi dari teknologi ini bisa menjadi mempermudah berbagai tugas maupun data pen
Senin, 14 Oktober 2024 | 11:41 WIBPornografi, memberi efek domino pada kejahatan remaja. Hal ini dikarenakan di masa ini, remaja mengalami perubahan emosional, kognitif, dan psikis. Salah satu perubahan yang tidak bisa dihindari adalah motivasi dan rasa keingintahuan yang tinggi terh
Rabu, 2 Oktober 2024 | 15:02 WIBGoogle mengumumkan bahwa akun Google yang tidak aktif selama dua tahun akan dihapus. Bagaimana cara mencegah akun Google yang tidak aktif dihapus?
Selasa, 17 September 2024 | 18:54 WIBSaat ini deepfake menjadi fokus utama teknologi yang berkembang seputar keamanan dan privasi, mengingat deepfake dapat berpotensi untuk menyebarkan informasi palsu atau merusak reputasi seseorang secara signifikan. Pengguna internet dihimbau untuk le
Rabu, 11 September 2024 | 13:04 WIBTotal pengguna paylater aktif di Indonesia mencapai 13,4 juta pengguna
Rabu, 26 Juni 2024 | 19:10 WIBBagaimana menciptakan viralitas dengan anggaran yang terbatas?
Rabu, 15 Mei 2024 | 12:04 WIBBagaimana cara melakukan mirroring layar iphone ke TV? Simak langkah-langkahnya!
Senin, 22 April 2024 | 15:02 WIBBerikut cara mengatur keuangan setelah lebaran:
Senin, 15 April 2024 | 16:17 WIBBerikut beberapa saran game online yang bisa dimainkan secara multiplayer bersama dengan anggota keluarga.
Sabtu, 13 April 2024 | 10:05 WIBBerikut beberapa rekomendasi museum yang bisa dikunjungi mumpung sedang libur lebaran.
Jumat, 12 April 2024 | 19:09 WIBBerikut tips jitu dalam mewaspadai tindak sniffing.
Jumat, 5 April 2024 | 11:06 WIBberikut adalah 5 tren teknologi teratas yang diharapkan dapat lebih maksimal di tahun 2024.
Selasa, 19 Desember 2023 | 15:57 WIBbagaimana cara memanfaatkannya dengan efektif?
Kamis, 16 November 2023 | 17:29 WIBBegini cara membuat karakter sesuai kartun Disney maupun Marvel melalui Bing Image Creator
Kamis, 2 November 2023 | 20:28 WIB