LogoDIGINATION LOGO

LIPI Gandeng Ivosights Kembangkan Analisis Sentimen Percakapan di Media Sosial

author Oleh Desy Yuliastuti Kamis, 26 Oktober 2017 | 14:01 WIB
Share
Ivosights,​ ​perusahaan​ ​rintisan​ ​penyedia​ ​platform customer​ ​engagement​ ​ ​menandatangani​ ​perjanjian​ ​kerja​ ​sama​ ​Penelitian​ ​dan Pengembangan​ ​“Sentimen​ ​Analysis”​ ​dengan​ ​Lembaga​ ​Ilmu​ ​Pengetahuan​ ​Indonesia (LIPI)​ ​di​ ​Balai​ ​Kartini,​ ​Jakarta,​ ​26​ ​Oktober​ ​2017,​ ​dalam​ ​acara​ ​Indonesia​ ​Science​ ​Expo 2017
Share

Ivosights,​ ​perusahaan​ ​rintisan​ ​penyedia​ ​platform customer​ ​engagement​ ​ ​menandatangani​ ​perjanjian​ ​kerja​ ​sama​ ​Penelitian​ ​dan Pengembangan​ ​“Sentimen​ ​Analysis”​ ​dengan​ ​Lembaga​ ​Ilmu​ ​Pengetahuan​ ​Indonesia (LIPI)​ ​di​ ​Balai​ ​Kartini,​ ​Jakarta,​ ​26​ ​Oktober​ ​2017,​ ​dalam​ ​acara​ ​Indonesia​ ​Science​ ​Expo 2017.

Kerja​ ​sama​ ​ini​ ​merupakan​ ​yang​ ​pertama​ ​kali​ ​di​ ​Indonesia,​ ​dalam​ ​hal​ ​penelitian​ ​dan pengembangan​ ​analisis​ ​sentimen. “Sebuah​ ​kehormatan​ ​bagi​ ​startup​ ​ seperti​ ​kami,​ ​​bisa​ ​berkolaborasi,​ ​bergandengan tangan​ ​dengan​ ​lembaga​ ​riset​ ​negara​ ​kelas​ ​dunia​ ​seperti​ ​LIPI,"​ ​ujar​ ​Elga​ ​Yulwardian, CEO​ ​&​ ​Co​ ​Founder​ ​Ivosights​ ​usai​ ​penandatanganan​ ​perjanjian​ ​kerja​ ​sama.

​Elga menambahkan​ ​kerja sama​ ​tersebut​ ​memungkinkan​ ​kedua​ ​pihak​ ​berbagi kompetensi​ ​demi​ ​menjawab​ ​tantangan​ ​pasar​ ​dan​ ​kemajuan​ ​tekonologi​ ​yang​ ​sangat dinamis.​ ​Utamanya​ ​dalam​ ​memahami​ ​dan​ ​menganalisis​ ​data​ ​percakapan​ ​di​ ​media sosial​ ​lebih​ ​dalam​ ​lagi.

Seperti​ ​diketahui,​ ​jumlah​ ​pengguna​ ​media​ ​sosial​ ​di​ ​Indonesia​ ​meningkat​ ​pesat seiring​ ​kemajuan​ ​teknologi​ ​informasi​ ​yang​ ​bergerak​ ​cepat.​ ​Di​ ​media​ ​sosial,​ ​netizen berbagi​ ​informasi​ ​dengan​ ​bebas,​ ​sehingga​ ​membentuk​ ​opini​ ​publik yang bisa dianalisis sebagai data akurat.

Bagi​ ​perusahaan,​ ​data​ ​tersebut​ ​menjadi​ ​sumber​ ​informasi​ ​penting​ ​untuk mengetahui​ ​tanggapan​ ​masyarakat​ ​atas​ ​merek​ ​produk,​ ​dan​ ​layanan​ ​mereka.​ ​Diperlukan suatu​ ​analisis​ ​agar​ ​opini​ ​media​ ​sosial​ ​itu​ ​dapat diartikan,​ ​dan​ ​dapat​ ​digunakan​ ​untuk​ ​pengambilan​ ​keputusan.

“Opini​ ​ ​mining​ ​ ​atau​ ​sentimen​ ​analysis​ ​adalah​ ​riset​ ​komputasional​ ​atas​ ​opini, sentimen​ ​dan​ ​emosi​ ​yang​ ​diekspresikan​ ​secara​ ​tekstual,”​ ​jelas​ ​Yan​ ​Riyanto Kepala​ ​Pusat​ ​Penelitian​ ​Informatika​ ​LIPI.

Disampaikan Yan, Ivosights​ menilai perusahaan ​memiliki​ ​sejumlah​ ​kesamaan​ ​riset​ ​dengan​ ​LIPI​ ​sehingga​ ​sinergi ini​ ​merupakan​ ​kolaborasi​ ​yang​ ​saling​ ​menguntungkan​ ​bagi​ ​kedua​ ​pihak.​ ​Apalagi, platform-platform​ ​yang​ ​dikembangkan​ ​Ivosights​ ​merupakan​ ​platform​ ​end​ ​to​ ​end yang​ ​membutuhkan​ ​banyak​ ​sumber​ ​daya.

Ivosights,​ ​yang​ ​baru-baru​ ​ini​ ​dianugerahi​ ​ ​Top​ ​25​ ​ ​Customer​ ​Experience​ ​Management Solution​ ​Service​ ​ ​se-Asia​ ​Pasifik,​ ​merupakan​ ​satu-satunya​ ​perusahaan​ ​di​ ​Indonesia yang​ ​memiliki​ ​all-in-one​ ​ CEM​ ​terintegrasi​ ​melalui​ ​tiga​ ​platform​ ​andalan​, ​yaitu Ripple10,​ ​Sociomile,​ ​​dan​ ​Sociomation​.

Ketiga platform tersebut dapat melacak perbincangan seputar brand di berbagai media sosial, situs online, bahkan media cetak. Semuanya dapat dipantau dalam satu layar saja.

 

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE