Bangun Pengalaman Pelanggan dengan Melupakannya, Bisa?
Beberapa hari yang lalu, kami pernah membagikan beberapa Jumat, 13 April 2018 | 17:09 WIB
“Ini gimana, sih? Penjual nggak bener! Pesen gamis warna pink, yang datang warna marun! Lain kali kalau mau kirim dicek dulu dong!”
Pernah dapat review seperti di atas atau yang seperti itu nggak di toko onlinemu? Dapat review jelek dari dari pelanggan tentunya tak menyenangkan, ya? Apalagi menurut survei Capterra, 52% pembeli online sangat mempercayai ulasan tentang suatu produk. Ulasan negatif membuat pelanggan tidak percaya kualitas produk, bahkan ada yang sampai batal membeli, lho.
Begitu pentingnya review negatif ini, jika tidak ditangani dengan baik bisa menghancurkan bisnis. So, jangan pernah mengabaikan review negatif dan berharap hal itu akan hilang dengan sendirinya. Hal tersebut bisa mempengaruhi keputusan pembeli.
Pada dasarnya, trik menangani ulasan negatif pembeli adalah dengan cara membuatnya kembali puas. Jika pembeli merasa puas, otomatis kepercayaannya pulih kembali. Jadi, cara menangani review negatif dengan baik dan tepat menjadi hal yang mutlak diketahui.
Disarikan dari Business News Daily, Kamis (14/2), inilah cara tepat menangani review negatif pembeli.
Baca juga: Ini Cara Membangun Kepercayaan Pelanggan Toko Online
Di zaman di mana orang-orang selalu terhubung dengan smartphone, kecepatan respon menjadi sangat penting. Menanggapi ulasan negatif sesegera mungkin setelah diposting menunjukkan kamu memperhatikan maunya pembeli dan peduli dengan mereka.
Kecepatan respon ini agar efek review negatif tersebut tidak semakin merembet bak efek domino. Semakin lama dibiarkan, semakin banyak pelanggan yang membaca ulasan negatif tersebut sehingga bisa menurunkan tingkat kepercayaan.
Berikan respon pribadi, tidak seperti kalimat hasil copy paste
Sangat penting merespon setiap keluhan dari pelanggan secara personal. Respon yang diberikan juga harus secara spesifik menjawab keluhan mereka. Jangan pernah menggunakan kalimat template seperti asal copy paste saja.
Memang dibutuhkan waktu untuk membaca dan menanggapi setiap komentar negatif dengan tanggapan khusus. Namun, cara ini bisa meningkatkan kepuasan pembeli dan mengembalikan kepercayaan mereka.
Menurut laporan e-Strategy Trends, setelah sebuah perusahaan menanggapi ulasan negatif, sekitar 1/3 pelanggan menghapus atau mengganti ulasan negatif mereka. Seperlima pengulas negatif melakukan pembelian lagi dari perusahaan itu dan kemudian menjadi pelanggan setia.
Baca juga: Jurus Hadapi Pelanggan Ala Aplle dan Amazon
Adakalanya ketidak puasan pembeli terjadi karena kesalahan mereka sendiri, misalnya tidak memberikan alamat dan kontak yang benar, lupa memasukkan jumlah item, atau tidak mengkonfimrasi pesanan. Yap, pembeli mungkin tidak selalu benar, tapi mereka keburu memberi ulasan negatif.
Tapi, meskipun kesalahan ada di pembeli, cara terbaik menanganinya adalah dengan meminta maaf. Meminta maaf bukan berarti kamu salah dan kalah. Jangan malah membalas ulasan buruk mereka dengan kalimat negatif atau balas marah-marah. Hal tersebut justru bisa berujung fatal.
Meminta maaf menunjukkan bahwa kamu berempati terhadap kesulitan atau pengalaman kurang menyenangkan yang dihadapi mereka. Ketahuilah, dengan mengalah dan meminta maaf secara psikologis akan membuat pembeli melunak.
Tawarkan perdamaian
Jika kesalahan memang terjadi pihakmu, upayakan perdamaian dengan cara menawarkan kesempatan kedua. Hal tersebut bisa berupa kupon, voucher, atau produk pengganti. Jangan lupa mintalah pembeli untuk memperbarui ulasan mereka.
Keluhan pembeli merupakan masukan yang membantumu meningkatkan layanan. Jadi, jangan antipati dulu, ya!
Baca juga: Bisakah Ai Tangani Keluhan Pelanggan?
Beberapa hari yang lalu, kami pernah membagikan beberapa Jumat, 13 April 2018 | 17:09 WIB
Menggunakan poin permasalahan yang dimiliki oleh pelanggan bisa menjadi sebuah kesuksesan bisnis, namun kita harus menyentuh bagian terdalam dari konsumen, yang sebagian besar adalah kebutuhan khusus
Selasa, 24 April 2018 | 16:37 WIBTeknologi Artificial Intelligence (AI) dan Augmented Reality (AR) merupakan dua teknologi yang sedang berkembang akhir-akhir ini, dan diduga akan terus berkembang sampai beberapa tahun mendatang
Rabu, 2 Mei 2018 | 03:31 WIBDalam memasarkan produk, baik jasa maupun barang, presentasi adalah salah satu cara perusahaan menarik minat pelanggan
Kamis, 3 Mei 2018 | 10:50 WIBFitur unggulan Gemini AI adalah kemampuannya dalam memecahkan masalah dengan teks, gambar, video, audio, dan kode. Kecanggihan fitur ini dapat memberikan respon yang orisinal dengan mencantumkan sumber kutipan terbaru dan terpercaya. Gemini AI mampu
Rabu, 16 Oktober 2024 | 13:41 WIBGemini AI adalah model kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Google sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Dalam artian sederhana, inovasi dari teknologi ini bisa menjadi mempermudah berbagai tugas maupun data pen
Senin, 14 Oktober 2024 | 11:41 WIBPornografi, memberi efek domino pada kejahatan remaja. Hal ini dikarenakan di masa ini, remaja mengalami perubahan emosional, kognitif, dan psikis. Salah satu perubahan yang tidak bisa dihindari adalah motivasi dan rasa keingintahuan yang tinggi terh
Rabu, 2 Oktober 2024 | 15:02 WIBGoogle mengumumkan bahwa akun Google yang tidak aktif selama dua tahun akan dihapus. Bagaimana cara mencegah akun Google yang tidak aktif dihapus?
Selasa, 17 September 2024 | 18:54 WIBSaat ini deepfake menjadi fokus utama teknologi yang berkembang seputar keamanan dan privasi, mengingat deepfake dapat berpotensi untuk menyebarkan informasi palsu atau merusak reputasi seseorang secara signifikan. Pengguna internet dihimbau untuk le
Rabu, 11 September 2024 | 13:04 WIBTotal pengguna paylater aktif di Indonesia mencapai 13,4 juta pengguna
Rabu, 26 Juni 2024 | 19:10 WIBBagaimana menciptakan viralitas dengan anggaran yang terbatas?
Rabu, 15 Mei 2024 | 12:04 WIBBagaimana cara melakukan mirroring layar iphone ke TV? Simak langkah-langkahnya!
Senin, 22 April 2024 | 15:02 WIBBerikut cara mengatur keuangan setelah lebaran:
Senin, 15 April 2024 | 16:17 WIBBerikut beberapa saran game online yang bisa dimainkan secara multiplayer bersama dengan anggota keluarga.
Sabtu, 13 April 2024 | 10:05 WIBBerikut beberapa rekomendasi museum yang bisa dikunjungi mumpung sedang libur lebaran.
Jumat, 12 April 2024 | 19:09 WIBBerikut tips jitu dalam mewaspadai tindak sniffing.
Jumat, 5 April 2024 | 11:06 WIBberikut adalah 5 tren teknologi teratas yang diharapkan dapat lebih maksimal di tahun 2024.
Selasa, 19 Desember 2023 | 15:57 WIBbagaimana cara memanfaatkannya dengan efektif?
Kamis, 16 November 2023 | 17:29 WIBBegini cara membuat karakter sesuai kartun Disney maupun Marvel melalui Bing Image Creator
Kamis, 2 November 2023 | 20:28 WIB