Ingin Facebook Ads Anda Lebih Maksimal? Berikut Tipsnya
Facebook telah menjadi media sosial yang paling populer dan banyak diakses oleh berbagai macam kalangan
Selasa, 22 Agustus 2017 | 01:40 WIB
Sudah lama promosi di Facebook, tapi hasilnya begitu-begitu saja? Ternyata faktor promosi dan pelayanan yang baik tidak cukup untuk membangun hubungan jangka panjang dan kesetiaan pelanggan. Diperlukan customer engagement sebagai faktor kunci keberhasilan bisnis online.
Kesadaran untuk merawat interaksi dengan pelanggan sangat penting agar kamu bisa lebih tahu selera pelangganmu dan memberikan apa yang benar-benar diinginkan dan dibutuhkan. Dengan begitu, secara tak langsung ketertarikan akan bisa berubah menjadi keputusan membeli (purchasing decision). Berikut 5 cara ampuh yang bisa mempertahankan pelanggan dan meningkatkan penjualan
Buat pelanggan lebih dekat
Kedekatan dengan pelanggan bisa kamu ‘manipulasi’. Salah satu caranya yakni dengan membuat Facebook Group sebagai tempat berkumpul bagi orang-orang yang memiliki kesamaan suatu hal atau tujuan yang dicapai. Apa bedanya dengan Facebook Page? Kalau Facebook Page ibarat etalase dan ruang promosi maka Facebook Group bisa jadi tempat diskusi yang efektif.
Pembahasan di Facebook Group bisa seputar tren pasar, pengalaman belanja, atau tanya jawab lebih detail seputar produk. Meskipun anggota grup sedikit, tapi interaksi tinggi bisa meningkatkan engagement dan membuat mereka menjadi brand ambassador yang akan mempengaruhi orang lain untuk me-like Facebook Page-mu
Baca juga: Lewat Facebook Messenger Usaha Kecil Bisa Go Digital
Survei, polling, dan kuis
Melibatkan pelanggan bisa memberi kesan kalau pendapat mereka juga diperlukan buat kelangsungan bisnismu. Survei dan polling baik untuk mengetahui apa pendapat orang tentang bisnis dan produk atau layanan yang selama ini diberikan. Survei digunakan untuk topik yang serius seperti meminta tanggapan atau pengalaman pribadi terhadap brand yang dijual. Sebaliknya, polling dan kuis sifatnya lebih fun dengan pertanyaan sederhana. Misalnya, seputar produk yang dipakai saat liburan atau peristiwa terkini dalam berita. Secara tak langsung kamu bisa mengetahui kebutuhan dan keinginan calon konsumen.
Posting di waktu yang tepat
Mengunggah konten ketika lebih banyak orang aktif di media sosial terbukti mampu meningkatkan engagement secara drastis. Menurut ringkasan dari 23 studi, peluang terbaik untuk posting di Facebook adalah hari Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Trafik Facebook mulai ramai sekitar pukul 9 pagi, meningkat pada pukul 1 siang, dan puncaknya pukul 3 sore. Engagement paling banyak terjadi di akhir minggu dan di akhir pekan mulai pukul 1 siang sampai jam 4 sore. Manfaatkan waktu efektif, jangan asal posting.
Baca juga: Seperti Apa Facebook Messenger untuk Bisnis?
Marketing dengan story telling
Manfaatkan fitur Facebook Stories dan gunakan lebih banyak video untuk menarik perhatian lewat cerita visual. Buat montase pendek berbasis gambar atau video yang menghadirkan brand kesan baru. Selain itu, cobalah secara teratur mem-posting konten promosi yang diawali dengan bercerita. Kamu bisa memanfaatkan pengalaman pelanggan atau jawaban saat orang membalas posting Facebook Stories.
Penelitian Facebook sendiri mengungkapkan, pengguna di Inggris Raya dan Uni Emirat Arab menghabiskan waktu lima kali lebih lama untuk melihat konten video daripada konten statis di Facebook dan Instagram. Dari penelitian ini jelas bahwa orang-orang lebih menyukai sifat interaktif lewat video daripada gambar. Selain itu, cobalah secara teratur mem-posting konten promosi yang diawali dengan bercerita. Kamu bisa memanfaatkan pengalaman pelanggan atau jawaban saat orang membalas posting Facebook Stories.
Baca juga: Sst, Ada Updates Facebook Untuk 2019
Jadikan engagement sebagai prioritas
Karena banyaknya pengguna di Facebook, tentu sulit untuk membuat kontenmu menonjol. Salah satu cara tercepat untuk berhasil menarik perhatian adalah membuat kata-kata yang mampu menarik perhatian. Kalau kontennya menarik dan nyambung, pelanggan akan tertarik untuk terus melanjutkan membaca dan menunggu konten-konten berikutnya.
Dengan memasukkan strategi tersebut dalam kerangka pemasaran, kamu bisa meningkatkan peluang pelanggan untuk terlibat dengan konten. Dampak positifnya tidak hanya pada metrik akun Facebook saja , tetapi juga prospek bisnis, basis pelanggan, dan penjualan produk.
Bagaimana, siap mulai melejitkan bisnismu?
Baca juga: Belajar dari Disney, Kekuatan Storytelling dalam Content Marketing
Facebook telah menjadi media sosial yang paling populer dan banyak diakses oleh berbagai macam kalangan
Selasa, 22 Agustus 2017 | 01:40 WIBBlockchain merupakan teknologi yang digadang-gadang menjadi solusi bagi beragam perusahaan di banyak bidang industri
Rabu, 9 Mei 2018 | 06:37 WIBBerikut manfaat Fitur Gemini pada Youtube:
Selasa, 29 Oktober 2024 | 17:26 WIBBerikut step by step buat mention temanmu di status:
Jumat, 25 Oktober 2024 | 11:57 WIBData Science adalah bidang ilmu yang memadukan statistik, matematika, dan ilmu komputer untuk mengolah serta menganalisis data dalam jumlah besar. Tujuan utama Data Science adalah mendapatkan wawasan yang dapat membantu perusahaan dalam pengambilan k
Kamis, 24 Oktober 2024 | 15:51 WIBJika kamu menemukan lagu yang seru di Instagram dan ingin menyimpannya dengan lagu lain, sekarang kamu bisa langsung menambahkannya ke playlist Spotify.
Senin, 21 Oktober 2024 | 15:45 WIBIni keterampilan AI yang banyak dibutuhkan:
Senin, 21 Oktober 2024 | 14:33 WIBJangan baper duluan kalau lamaran kerja kamu tidak pernah direspons rekruter. Sebab, CV kamu akan diseleksi otomatis oleh Applicant Tracking Systems lebih dulu.
Rabu, 16 Oktober 2024 | 10:00 WIBBerikut langkah menggunakan SnapTik untuk mengunduh video TikTok:
Jumat, 11 Oktober 2024 | 10:54 WIBAI bawa efisiensi yang lebih besar dalam berbagai sektor industri.
Selasa, 8 Oktober 2024 | 19:34 WIBAI bawa efisiensi yang lebih besar dalam berbagai sektor industri.
Senin, 7 Oktober 2024 | 19:00 WIBSangat penting buat kamu untuk segera menyelematkan konten kamu di fitur Archive. Begini caranya!
Jumat, 27 September 2024 | 16:20 WIBJobstreet by SEEK luncurkan gerakan #NextMillionJobs ciptakan satu juta peluang kerja baru
Selasa, 17 September 2024 | 18:00 WIBBerikut teknologi terbaru dari Toyota Kijang Innova Zenix yang menjadikan peforma mobil ini nyaman dan berkelas:
Jumat, 6 September 2024 | 17:00 WIBDengan sertifikasi ini, kamu dapat menunjukkan kemampuan dalam menggunakan Excel secara efisien dan efektif
Kamis, 5 September 2024 | 17:58 WIBSukses menggelar ronde kedua pada Juli lalu, Traveloka menggelar Puncak Gebyar Traveloka dengan total hadiah hingga Rp 2 miliar.
Jumat, 30 Agustus 2024 | 18:00 WIBProgram ini menawarkan pengalaman belajar untuk mengembangkan karir di bidang data analytics
Jumat, 16 Agustus 2024 | 10:50 WIB