Perubahan Lintas Generasi
Mereka adalah kelompok anak muda yang ingin “dianggap eksis”. Mereka tidak ingin dianggap hanya sekedar pelengkap dari segala sesuatu yang selama ini harus ditentukan oleh orangtua.
Minggu, 30 September 2018 | 08:45 WIB
Era generasi millenial segera bergeser menjadi era generasi Z. Anggota Gen Z, mereka yang lahir kurang lebih antara 1995 hingga 2014, di tahun 2019 mencapai 32 persen dari populasi dunia.
Disebut-sebut sebagai generasi konsumtif, pada tahun 2020 diprediksi generasi ini akan menyumbang 40 persen dari jumlah seluruh konsumsi warga Amerika. Di negara lain, trennya mungkin berbeda tapi tetap ada kemiripan. Sebagai seorang marketer, menggarap pasar Gen Z tentu jadi peluang emas.
Agar lebih memahami generasi ini ada tiga cara yang bisa kamu coba untuk merangkul generasi Z:
1. Bekerja dengan influencer
Tidak seperti generasi-generasi sebelumnya, generasi Z sulit dipengaruhi selebriti tradisional seperti aktor dan penyanyi. Sebaliknya generasi ini lebih menyukai selebriti internet atau influencer seperti selebgram dan selebtwit yang dinilai lebih dekat dengannya.
Memasukkan influencer dalam strategi marketing tengah populer saat ini dan hasilnya dinilai efektif untuk menjangkau audience Gen Z.
Baca juga: Gila! Penjualan Naik 4.700% Gara-Gara Influencer!
Bahkan rekomendasi dari influencer sebanding dengan rekomendasi teman dalam mempengaruhi keputusan pembelian barang. Beberapa brand besar seperti H&M pun menggunakan jasa influencer selebgram berpengikut 5 juta Sincerely Jules untuk memerkan koleksi terbarunya.
2. Menciptakan konten Youtube
Apakah kamu masih belum memutuskan untuk membuat channel Youtube atau tidak guna memasarkan brandmu?
Baca juga: Yuk, Maksimalkan YouTube Untuk Bisnismu
Guna menangkap pasar gen Z, Youtube merupakan aspek penting. Survei Adweek, perusahaan periklanan global mengatakan bahwa 50 persen dari populasi generasi Z tidak bisa hidup tanpa Youtube. Dengan 1 miliar pengguna dengan miliaran orang menonton setiap harinya, Youtube dapat membantumu memasarkan produk, menjangkau lebih banyak audiens dan tentu saja dapat merangkul gen Z.
Sebagai contoh adalah yang dilakukan oleh Lush Cosmetics. Brand ini berhasil membuat channel Youtubenya sendiri dan membagikan video terkait produk-produk buatannya. Termasuk memperlihatkan penggunaan produknya. Hingga saat ini channel youtubenya telah memiliki subscriber sebanyak 300 ribu dengan total viewer mencapai ratusan ribu.
Baca juga: Empat Tema Kunci Sukses Iklan di YouTube
3. Memperhatikan Snapchat dan Instagram stories
Generasi Z dikenal memiliki waktu fokus yang pendek, selalu mengenggam handphone, dan suka berpindah-pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Artinya kamu hanya punya waktu singkat untuk memasarkan produk.
Bahkan menurut studi yang dilakukan Yes Lifecycle Marketing study, 80 persen keputusan pembelian Gen Z dipengaruhi media sosial. Instagram stories dan Snapchat adalah media paling cocok untuk menjangkau generasi ini.
Sebagai contoh AriZona Iced Tea. Brand ini tahu bahwa audiensnya, terutama Gen Z, menyukai olahraga ekstrem. Karenanya AriZona Iced Tea bekerjasama dengan pemain skateboard profesional, Brandon Bonner untuk mempromosikan produknya. Melalui akun Snapchat Brandon, AriZona Iced Tea memperkanalkan brandnya sekaligus juga memperlihatkan lifesyle Arizona.
Jadi, apakah kamu siap menghadapi Generasi Z?
Baca juga: Tinggalkan Facebook, Pengguna Remaja Pilih Instagram dan Snapchat
Mereka adalah kelompok anak muda yang ingin “dianggap eksis”. Mereka tidak ingin dianggap hanya sekedar pelengkap dari segala sesuatu yang selama ini harus ditentukan oleh orangtua.
Minggu, 30 September 2018 | 08:45 WIBMenata meja kerja di rumah bermanfaat salah satunya agar kamu fokus pada pekerjaan. Berikut ini 7 tips menatanya agar kerja dari rumah jadi lebih bersemangat.
Jumat, 26 Oktober 2018 | 14:04 WIBKebiasaan suka menunda-nunda pekerjaa ini terkesan sepele namun jika terus-menerus dibiarkan akan berdampak besar. Kebiasaan jelek ini bisa mengganggu karier dan kepercayaan dirimu.
Senin, 19 November 2018 | 14:00 WIBBerikut manfaat Fitur Gemini pada Youtube:
Selasa, 29 Oktober 2024 | 17:26 WIBBerikut step by step buat mention temanmu di status:
Jumat, 25 Oktober 2024 | 11:57 WIBData Science adalah bidang ilmu yang memadukan statistik, matematika, dan ilmu komputer untuk mengolah serta menganalisis data dalam jumlah besar. Tujuan utama Data Science adalah mendapatkan wawasan yang dapat membantu perusahaan dalam pengambilan k
Kamis, 24 Oktober 2024 | 15:51 WIBJika kamu menemukan lagu yang seru di Instagram dan ingin menyimpannya dengan lagu lain, sekarang kamu bisa langsung menambahkannya ke playlist Spotify.
Senin, 21 Oktober 2024 | 15:45 WIBIni keterampilan AI yang banyak dibutuhkan:
Senin, 21 Oktober 2024 | 14:33 WIBJangan baper duluan kalau lamaran kerja kamu tidak pernah direspons rekruter. Sebab, CV kamu akan diseleksi otomatis oleh Applicant Tracking Systems lebih dulu.
Rabu, 16 Oktober 2024 | 10:00 WIBBerikut langkah menggunakan SnapTik untuk mengunduh video TikTok:
Jumat, 11 Oktober 2024 | 10:54 WIBAI bawa efisiensi yang lebih besar dalam berbagai sektor industri.
Selasa, 8 Oktober 2024 | 19:34 WIBAI bawa efisiensi yang lebih besar dalam berbagai sektor industri.
Senin, 7 Oktober 2024 | 19:00 WIBSangat penting buat kamu untuk segera menyelematkan konten kamu di fitur Archive. Begini caranya!
Jumat, 27 September 2024 | 16:20 WIBJobstreet by SEEK luncurkan gerakan #NextMillionJobs ciptakan satu juta peluang kerja baru
Selasa, 17 September 2024 | 18:00 WIBBerikut teknologi terbaru dari Toyota Kijang Innova Zenix yang menjadikan peforma mobil ini nyaman dan berkelas:
Jumat, 6 September 2024 | 17:00 WIBDengan sertifikasi ini, kamu dapat menunjukkan kemampuan dalam menggunakan Excel secara efisien dan efektif
Kamis, 5 September 2024 | 17:58 WIBSukses menggelar ronde kedua pada Juli lalu, Traveloka menggelar Puncak Gebyar Traveloka dengan total hadiah hingga Rp 2 miliar.
Jumat, 30 Agustus 2024 | 18:00 WIBProgram ini menawarkan pengalaman belajar untuk mengembangkan karir di bidang data analytics
Jumat, 16 Agustus 2024 | 10:50 WIB