LogoDIGINATION LOGO

Sudah Pakai WhatsApp Business Untuk Toko Onlinemu?

author Oleh Ana Fauziyah Selasa, 23 Oktober 2018 | 08:15 WIB
Share
ilustrasi Whatsapp Business (Shutterstock)
Share

Kamu pengguna WhatsApp (WA)? Menurut laporan comScore tahun 2017, WA menempati urutan pertama aplikasi pesan instan yang paling populer di Indonesia dengan jumlah pengguna mencapai 35,8 juta. Ini artinya selain untuk berkomunikasi sehari-hari, aplikasi besutan Jan Koum ini juga potensial untuk menunjang bisnismu, lho!

Untuk mendukung bisnis penggunanya, awal tahun 2018 lalu WhatsApp meluncurkan aplikasi baru yaitu WhatsApp Business seperti pernah ditulis Digination saat itu. Selain fungsinya yang sama WhatsApp biasa, versi bisnisnya dilengkapi dengan beberapa fitur spesifik yang menunjang bisnismu. Dengan tambahan fitur-fitur tersebut, WhatsApp Business menjadi sebuah aplikasi yang sangat berguna bagi para pemilik usaha, baik Usaha Kecil dan Menengah (UKM) maupun perusahaan besar.

Jadi, jika ingin mengoptimalkan toko onlinemu, ada baiknya manfaatkan segera versi ini. Kenapa? Berikut 6 alasan mengapa kamu harus menggunakan WhatsApp Business untuk toko onlinemu.

Baca juga: Rilis di Indonesia, WhatsApp Business Mudahkan UMKM. Apa Manfaatnya?

  1. Terdapat messaging tools yang mempermudah komunikasi dengan pelanggan

WhatsApp Business memiliki Messaging Tools yang mencakup opsi seperti Greeting Message yaitu pesan otomatis untuk menyambut atau menyapa pelanggan, Away Message untuk menampung pesan masuk dari pelanggan di luar jam kerja atau saat kantor tutup, dan Quick Replies untuk membalas pesan masuk dengan pesan pertanyaan yang sama.

  1. Pengelompokan pesan

WhatsApp Business juga memiliki fitur pengelompokan pesan antara lain pesan baru, menunggu bayaran, terbayar, dan pesan selesai. Hal ini tentu saja akan memudahkan kamu dalam mengelompokkan para pelanggan sesuai dengan isi pesannya.

  1. Terdapat messaging statistics

Dalam WhatsApp Business terdapat fitur Messaging Statistics yang bisa digunakan untuk meninjau statistik pesan keluar dan pesan masuk. Selain itu juga terdapat fitur Account Type yang tidak ada di aplikasi WhatsApp biasa. Fitur-fitur tersebut tentu saja bisa mempermudah kamu berkomunikasi dengan para pelanggan.

Baca juga: Dukung Komunikasi E-commerce, WhatsApp Uji Coba Fitur Baru

iliustrasi deal bisnis (Shutterstock)

  1. Bisa mencantumkan profil bisnis

Kelebihan lain adalah WhatsApp bisnis yaitu menawarkan pilihan untuk mencantumkan profil bisnis berupa deskripsi bisnis, lokasi atau alamat toko, alamat e-mail dan website sehingga memungkinkan pelanggan untuk mendapatkan informasi yang diperlukan.

  1. Pemberian tanda centang untuk akun bisnis

WhatsApp Business juga melakukan verifikasi pada setiap akun bisnis yang didaftarkan. Jika nomor telepon yang dicantumkan adalah benar milik perusahaan, akun WhatsApp Business akan terverifikasi. Pihak WhatsApp Business akan memberikan tanda centang berwarna hijau pada akun yang terverifikasi. Adanya pemberian tanda centang dan verifikasi ini akan meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap bisnismu.

  1. WhatsApp serius menggarap segmen bisnis

Sejak diakuisisi oleh Facebook pada Februari 2014 dengan nilai USD19 miliar, WhatsApp mulai serius menggarap segmen bisnis. Hal dikarenakan jumlah pengguna WhatsApp terbilang sangat tinggi dan makin bertambah, sehingga sangat potensial untuk digunakan sebagai ‘kendaraan’ bisnis. Demi tujuan tersebut, WhasApp telah memperkerjakan para ahli untuk mengalihkan fokus WhasApp dari sekadar aplikasi pesan instan menjadi aplikasi pesan yang menunjang bisnis.

Tertarik menggunakannya?

Baca juga: WhatsApp Akan Dipasangi Iklan?

  • Editor: Dikdik Taufik Hidayat
TAGS
RECOMMENDATION
LATEST ARTICLE