LogoDIGINATION LOGO

AI Bisa Bawa Pengalaman Online Ke Toko Fisik?

author Oleh Sukindar Jumat, 6 Juli 2018 | 03:01 WIB
Share
Terdapat cukup banyak alasan yang membuat sebagian orang di sekitar kita memilih berbelanja secara online dalam kehidupannya
Share

Terdapat cukup banyak alasan yang membuat sebagian orang di sekitar kita memilih berbelanja secara online dalam kehidupannya.

Beberapa alasan tersebut di antaranya adalah dapat menghindari keramaian, bisa melihat semua ukuran dan warna yang tersedia, serta tidak perlu membawa tas belanja ke mana-mana.

Namun di sisi lain, belanja secara online juga memiliki ketidaknyamanan yang cukup mencolok, di mana kita tidak dapat mencoba pakaian atau aksesori sebelum membelinya.

Kedua celah ini sebenarnya dapat menjadi peluang baru bagi suatu toko atau marketplace untuk mengembangkan layanan yang dimilikinya.

Jika kamu memiliki sebuah toko fisik dan toko online, kamu bisa menggabungkan kedua pengalaman tersebut untuk menjembatani jarak ada.

Lalu bagaimana cara untuk melakukannya? Untuk urusan ini, kamu bisa berkaca pada raksasa e-commerce asal Tiongkok, yakni Alibaba.

Baca Juga:
4 Alat Pemasaran Masa Depan

Untuk menutup gap yang tercipta di pengalaman berbelanja di atas, Alibaba melengkapi toko fisiknya dengan sistem kecerdasan buatan yang disebut dengan FashionAI.

Melalui teknologi barunya ini, Alibaba mengambil hampir semua kemudahan belanja online dengan mempersenjatai toko menggunakan rak RFID dan cermin cerdas.

Sementara pekerja akan membantu prosesnya saat pelanggan saat berada di ruang ganti, teknologi akan menjalankan pertunjukannya.

Cermin cerdas akan menampilkan pilihan warna dan ukuran, memberikan saran pakaian, mengarahkan pelanggan ke barang-barang lain di dalam toko, serta menempatkan barang-barang di tas sehingga tak perlu membawa tas belanja ke mana-mana.

Sebagai tambahan informasi, toko ini merupakan hasil kolaborasi Alibaba dengan mahasiswa Hong Kong Polytechnic University, dan diharapkan dapat mewadahi akademisi, insinyur, dan fashionista untuk bekerja sama dalam membangun masa depan ritel fashion.

  • Editor: Wicak Hidayat
  • Sumber: Businessinsider
TAGS
LATEST ARTICLE