LogoDIGINATION LOGO

Lazada Boyong Produk UKM Lokal ke Singapura dan Malaysia

author Oleh Desy Yuliastuti Rabu, 11 April 2018 | 14:17 WIB
Share
Lazada bersiap menggandeng pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mitranya untuk go international
Share

Lazada bersiap menggandeng pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) mitranya untuk go international. Malaysia dan Singapura ditargetkan menjadi tujuan ekspor perdana.

"Tanggal 9 Mei mendatang, rencananya pelepasan kontainer pertama untuk upgrade UKM dari lokal ke global," ujar Chief Marketing Officer Lazada Group, Achmad Alkatiri di Hotel JS Luwansa, Jakarta, Rabu, (11/4/2018).

Kedua negara tersebut dipilih karena merupakan negara tetangga terdekat dan mudah, serta paling banyak terdapat komunitas orang Indonesia. Momen menjelang Ramadhan pun turut dimanfaatkan untuk memperluas pasar regional.

"Karena sudah menjelang puasa dan lebaran, produk yang akan dikirimkan juga disesuaikan. Sekitar 150 seller akan bergabung," tambah Achmad.

Produk seller yang akan dikirimkan dipilih berdasarkan data jenis barang yang akan laku dan dikroscek berdasarkan kebutuhan masing-masing negara. Pada tahap pertama Lazada fokus di kategori fashion, handicraft, aksesoris, kopi, dan produk daur ulang.

Baca juga: Rayakan Ulang Tahun ke-6, Lazada Berikan Diskon Hingga 96%

“Rencananya kontainer akan dilepas pada hari Jumat setiap minggunya. Setelah barang dilepas akan dimasukkan ke gudang tiap negara untuk mempermudah distribusi. Masing-masing negara juga bikin online campaign Indonesia Corner dan orang bisa belanja dari situ,” jelasnya.

Terkait rencana ini, Lazada telah melakukan persiapan teknis dari sisi platform dan logistik. Tak ketinggalan mempersiapkan seller agar menyiapkan kualitas dan kapasitas produksi barang yang sesuai dengan permintaan pasar.

Program ini menjadi salah satu dari tiga pilar upaya Upgrade UKM yang sejak awal digalakkan oleh Lazada, di samping program UKM dari offline ke online dan small online ke big online. Platform Lazada hingga kini sudah ‘dihuni’ 135 ribu penjual lokal dan internasional, serta menjangkau 560 juta konsumen di Asia Tenggara.

Baca juga: Lazada Akan Jual Produk Taobao di Pasar Asia Tenggara

  • Editor: Wicak Hidayat
TAGS
LATEST ARTICLE