AI menjadi primadona baru bagi Google, terlihat dengan hadirnya Gemini yang jadi andalan pengguna Google saat ini. Tidak hanya itu, nampaknya Google semakin gencar menyisipkan platform AI buatannya. Salah satu yang tengah gencar dipromosikan oleh Google adalah hadirnya kecerdasan buatan Gemini di YouTube.
Fitur ini tengah dikembangkan untuk membantu para kreator dalam menemukan ide konten yang relevan, kreatif, dan menarik. Lantas, bagaimana cara kerjanya, manfaatnya bagi para kreator, serta peluang yang ditawarkan Gemini bagi content creator YouTube. Simak informasinya!
Apa itu Gemini ?
Gemini AI adalah model kecerdasan buatan yang dikembangkan oleh Google sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi. Sejak awal kemunculannya di penghujung tahun 2023, Gemini AI telah berhasil menyempurnakan model AI dari Google yang telah diluncurkan sebelumnya, yaitu Google Bard.
Program Gemini AI sejatinya mengacu pada nama LLM (Large Language Model) buatan Google. Sebagai informasi tambahan, LLM adalah salah satu jenis program AI yang dapat mengenali dan menghasilkan teks, serta memproses bahasa. Google mengklaim bahwa LLM terbaru buatannya lebih cerdas dibanding GPT 4 dari OpenAI.
Gemini pada YouTube dirancang untuk memberikan inspirasi konten dengan cepat, serta menjadi alat bantu bagi kreator dalam menggali topik-topik yang berpotensi menarik minat penonton.
Baca juga: 10 Keunggulan Gemini AI yang Perlu Kamu Ketahui!
Fitur ini kabarnya memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk membaca tren, preferensi audiens, serta membantu mengembangkan konten berdasarkan data yang relevan. YouTube berharap, Gemini akan mendorong kreator untuk terus konsisten membuat konten dengan ide-ide yang kreatif dan sesuai dengan minat pasar.
Manfaat Fitur Gemini pada Youtube
Fitur Gemini hadir dengan berbagai manfaat yang tidak hanya menguntungkan kreator pemula tetapi juga para kreator yang sudah memiliki basis audiens besar. Berikut beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh kreator dari penggunaan fitur ini:
- Mempercepat Proses Brainstorming: Dalam industri konten digital yang cepat berubah, menemukan ide segar sering kali menjadi tantangan tersendiri. Gemini membantu mempersingkat proses brainstorming, sehingga kreator bisa langsung berfokus pada produksi konten.
- Membantu Konten Tetap Relevan: Algoritma Gemini memberikan ide yang mengikuti tren terbaru. Ini sangat penting agar kreator bisa mempertahankan relevansi kontennya di tengah persaingan yang ketat di YouTube.
- Mendukung Kreator Mengembangkan Kreativitas: Dengan rekomendasi yang personal, kreator dapat mengembangkan konten yang unik dan orisinal sesuai dengan gaya mereka masing-masing tanpa kehilangan daya tarik.
- Mengoptimalkan Keterlibatan Penonton: Ide konten yang disarankan Gemini disusun berdasarkan data preferensi audiens, sehingga memungkinkan kreator membuat video yang lebih menarik dan diminati oleh penonton setianya.
Baca juga: Mengenal Apa itu Gemini AI dan Cara Penggunaannya!
Peluang Baru untuk Kreator dan Meningkatkan Engagement
YouTube telah lama menjadi platform utama untuk para kreator konten, tetapi tantangan menciptakan ide yang segar kerap menjadi hambatan bagi banyak kreator. Berikut kerja Gemini untuk membantu kreator di Youtube:
- Meningkatkan Engagement
Dengan Gemini, kreator memiliki peluang baru untuk menjangkau audiens lebih luas. Konten yang menarik dan relevan akan berpotensi meningkatkan engagement, yang pada akhirnya akan membantu mereka meraih lebih banyak pengikut dan bahkan menarik minat sponsor.
- Konten yang Lebih Dinamis
Gemini membantu kreator melihat ide-ide konten yang lebih dinamis berdasarkan perubahan tren real-time. Dengan begitu, kreator bisa lebih cepat beradaptasi dan mengembangkan konten yang sesuai dengan tren, tanpa menghabiskan banyak waktu untuk riset manual.
- Peningkatan dalam SEO Konten
YouTube bukan hanya platform berbagi video, tetapi juga mesin pencari kedua terbesar setelah Google. Dengan bantuan Gemini, kreator dapat meningkatkan SEO dalam konten mereka. Gemini memberikan saran kata kunci serta topik yang memiliki potensi tinggi untuk menjangkau lebih banyak penonton, sehingga video kreator lebih mudah ditemukan.