10 Fitur Tersembunyi iOS 18 

Oleh: Dewi Shinta N
Rabu, 25 September 2024 | 13:14 WIB
Apple iOS 18

iOS 18 sudah dirilis Senin, 16 September lalu. Sistem operasi terbaru untuk smartphone Apple itu membawa sejumlah pembaruan dan peningkatan fitur yang cukup menarik. 

Salah satu pembaruan utama dan cukup banyak diketahui adalah iOS 18 memungkinkan pengguna buat memodifikasi tampilan control center dan ikon aplikasi.

Selain membawa pembaruan fitur, seperti kustomisasi tampilan, Apple juga membekali detail-detail kecil pada fitur iOS 18 yang mungkin jarang diketahui beberapa pengguna. Adapun daftar beberapa fitur tersembunyi iOS 18 adalah sebagai berikut. 

  1. Share Password WiFi dengan kode QR 

Fitur tersembunyi iOS 18 yang pertama adalah share password WiFi dengan kode QR. iOS 18 membawa aplikasi Password yang berfungsi untuk mengelola semua password yang dipakai kamu buat mengakses berbagai platform, termasuk WiFi. 

Di aplikasi Password, kamu dapat membuka dan melihat kembali password WiFi yang pernah terhubung ke iPhone. Setelah itu, kamu dapat membagikannya ke pengguna lain lewat kode QR. 

Cara share password WiFi dengan kode QR di iPhone adalah sebagai berikut: 

Baca juga: Apple Rilis iPhone 16, Ini Dia Fitur yang Ditawarkan

  1. Tombol Power di Control Center 

Berikutnya, terdapat fitur tombol power di jendela Control Center atau Pusat Kontrol. Di iOS 18, jendela Control Center mendapatkan pembaruan yang cukup signifikan dengan memungkinkan pengguna buat memodifikasi tampilannya. Melalui iOS terbarunya, Apple mempermudah penggunanya untuk menekan tombol power hanya melalui ikon Power yang ada di jendela Pusat Kontrol.

  1. Riwayat Hitungan di Aplikasi Kalkulator

Aplikasi kalkulator di iOS 18 juga memiliki pembaruan menarik, seperti penambahan berbagai mode seperti mode dasar, scientific, Math Note, dan konversi mata uang. Selain itu, fitur yang sangat dinanti pengguna juga muncul pada iOS terbaru ini, yakni melihat riwayat hitungan. 

Kamu kini dapat melihat riwayat perhitungan mereka. Untuk mengakses riwayat ini, kamu cukup menekan ikon tiga garis di sudut kiri atas aplikasi kalkulator. Fitur ini sangat berguna untuk melacak perhitungan yang pernah dilakukan tanpa harus mengulang dari awal.

  1. Pencarian Nama Kontak Menggunakan Angka di Aplikasi Telepon

Di iOS 18, aplikasi telepon kini memungkinkan kamu untuk mencari nama kontak hanya dengan memasukkan angka yang sesuai di papan telepon. Fitur ini menggunakan teknologi T9, di mana huruf-huruf dari nama kontak diwakili oleh angka pada papan telepon. Sebagai contoh, jika kamu ingin mencari kontak bernama "Bapak", kamu hanya perlu menekan kombinasi angka yang sesuai dengan huruf-huruf tersebut, yaitu 22725.

  1. Pencarian Foto di Photos dengan Kata Kunci

iOS 18 juga membawa peningkatan pada fitur pencarian di aplikasi Photos. Kamu dapat melakukan pencarian konten menggunakan kata kunci yang lebih spesifik dan kontekstual. Sebagai contoh, jika kamu mencari foto kucing yang sedang tidur di atas kasur, kamu bisa mengetik "kucing di kasur" dalam kolom pencarian. Ini membuat pencarian foto dan video menjadi lebih mudah dan cepat.

  1. Timer Foto dengan Durasi Lima Detik

Aplikasi kamera di iOS 18 menambahkan opsi timer baru untuk pengambilan gambar otomatis. Sebelumnya, pengguna hanya bisa memilih timer tiga atau sepuluh detik. Kini, ada opsi lain, yakni tambahan timer lima detik.

  1. Menyembunyikan Nama Aplikasi di Ikon Aplikasi

Fitur tersembunyi lainnya di iOS 18 adalah kemampuan untuk menyembunyikan nama aplikasi di bawah ikon aplikasi pada layar Home. Dengan memperbesar ukuran ikon, kamu dapat menghilangkan nama aplikasi, memberikan tampilan yang lebih bersih dan minimalis. Selain itu, kamu juga bisa mengubah warna dan ukuran ikon sesuai keinginan.

Baca juga: Meta AI Hadir Di Beberapa Belahan Dunia, Indonesia Termasuk?

  1. Fitur Rekam dan Transkrip saat Menelepon

iOS 18 baru juga akan memperkenalkan fitur rekam saat menelepon. Nanti, kamu dapat mengaktifkan fitur merekam ini di iPhone langsung dari aplikasi Phone. Fitur ini bisa menyala setelah melakukan atau menerima telepon. 

Saat merekam panggilan, kamu juga akan ditawarkan fitur transkrip. Berbekal Apple Intelligence, pengguna nanti bisa membuat ringkasan dari obrolan saat telpon. Meski begitu, Apple masih mengutamakan asas kesopanan, seluruh partisipan akan mendapatkan notifikasi bila pembicaraan mereka sedang direkam.

  1. Pembaruan Highlight di Safari

Safari mendapatkan serangkaian fitur dan peningkatan baru dengan iOS 18. Salah satunya fitur Highlights, di mana Safari akan mendeteksi informasi penting di laman web. Misalnya, ringkasan, petunjuk arah, atau tautan cepat untuk mengetahui lebih banyak tentang, film, musik, dan acara TV.

  1. Game Mode

Sebagai seseorang yang gemar bermain game, Game Mode adalah salah satu fitur paling dinanti dan penasaran untuk dicoba. Bagaimana tidak, ini akan menjadi langkah awal Apple untuk merambah dunia gaming dengan iOS 18.

Perusahaan menjelaskan, Game Mode akan meminimalkan aktivitas latar belakang untuk memberikan FPS konsisten sehingga gameplay lebih mulus. Selain itu, ini akan mengurangi latensi audio dan memberikan respons lebih baik dengan kontrol game dan AirPods.

Sumber:

https://www.liputan6.com/tekno/read/5618144/11-fitur-baru-ios-18-yang-wajib-diketahui-fans-apple-lengkap-dengan-tanggal-rilis?page=2 

https://tekno.kompas.com/read/2024/08/01/16060067/fitur-baru-google-maps-bikin-lebih-gampang-cari-tempat-parkir-di-gedung

https://www.bloombergtechnoz.com/detail-news/49852/8-fitur-tersembunyi-ios-18-di-iphone-yang-jarang-diketahui