Cara Mencegah Akun Google Kamu yang Tidak Aktif Dihapus

Oleh: Dini Felicitas
Selasa, 17 September 2024 | 18:54 WIB
Akun Google yang tidak aktif, atau yang sudah tidak digunakan selama dua tahun akan dihapus.

Kurang lebih sejak Mei 2023, Google mengatakan bahwa akun Google yang tidak aktif selama dua tahun akan dihapus per 1 Desember 2023.

Namun, Google mengingatkan setiap bulan dengan mengirim email ke para pengguna untuk menggunakan akun Google-nya jika tidak ingin terhapus oleh sistem.

Meskipun batas waktu tersebut sudah terlewati, namun Google tetap memberikan reminder secara rutin agar pengguna tidak membiarkan akun Google-nya dalam kondisi tidak aktif.

Efek Negatif dan Positif dari Deepfake yang Perlu Kamu Ketahui!

Hal ini karena Google, yang memiliki sekitar 1,8 miliar pengguna Gmail, mengumumkan bahwa akun Google yang tidak digunakan akan dihapus pada 20 September, beserta semua konten Gmail, Google Photos, dan Google Docs.

Meskipun tenggat waktu sudah sangat dekat, pengguna tidak perlu panik tentang hal itu.

Menurut Ruth Kricheli, Vice President Of Product Management Google, akun Google yang tidak aktif artinya akun yang tidak digunakan dalam jangka waktu dua tahun jika pengguna tidak aktif di Google setidaknya selama jangka waktu tersebut.

Google berhak menghapus akun Google yang tidak aktif, dan mereka akan menghapus akun berikut kontennya –termasuk konten dalam Google Workspace (Gmail, Docs, Drive, Meet, Calendar) dan Google Photos.

Alasan keamanan di balik penghapusan akun Gmail

Google telah menginvestasikan banyak waktu dan uang untuk membuat Gmail seaman mungkin bagi penggunanya, baik dalam hal tindakan anti-spam, perlindungan terhadap phishing, atau pertahanan pembajakan akun.

"Bahkan dengan perlindungan ini," kata Kricheli, "jika sebuah akun tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, akun tersebut kemungkinan besar akan dibobol."

Menengok Teknologi Innova Zenix, Mobil Operasional Paus Fransiskus Ketika di Indonesia

Salah satu faktor yang menyebabkan akun yang lama tidak digunakan jadi dibobol adalah kredensial login yang lemah, dan kurangnya autentikasi dua faktor.

Orang suka menggunakan satu kata sandi untuk beberapa akun sekaligus karena khawatir lupa. Padahal, jika salah satu akun yang kamu miliki diretas, peretas akan memiliki akses ke semua akun kamu tanpa perlu banyak usaha.

"Analisis internal kami menunjukkan bahwa akun yang didiamkan saja, kemungkinannya untuk memiliki pengaturan verifikasi dua langkah setidaknya 10 kali lebih kecil daripada akun yang aktif," Kricheli memperingatkan.

Akibatnya, akun Google yang tidak aktif cenderung lebih rentan dibobol daripada akun yang aktif.

Cara mencegah akun Google dihapus

Jika kamu hanya memiliki satu akun Google, maka akun Gmail kamu sepenuhnya aman dari penghapusan, asalkan kamu aktif memakainya dalam dua tahun terakhir.

Masalah baru akan terjadi pada pengguna yang memiliki beberapa akun, atau mungkin akun yang dibuat khusus untuk menyimpan foto atau data yang sudah lama tidak diakses atau terlupakan sama sekali.

Meskipun akun yang terlupakan mungkin tidak ada gunanya untuk disimpan, akun tersebut bisa saja berisi konten yang mungkin ingin kamu akses di kemudian hari.

Apple Rilis iPhone 16, Ini Dia Fitur yang Ditawarkan

Padahal untuk mencegah akun Google yang tidak aktif dihapus sistem, caranya mudah saja:

1. Baca atau kirimkan email.
2. Bagikan foto atau tonton video YouTube melalui akun Google yang relevan.
3. Gunakan Google Drive atau googling sesuatu.

Ada tiga cara mudah untuk mencegah agar akun Google kamu yang tidak aktif tidak dihapus oleh sistem.

Kalau kamu melakukan salah satu dari aktivitas tersebut setidaknya sekali setiap tahun atau lebih, akun kamu dipastikan tak akan dihapus.

Aktivitas tersebut juga bisa dilakukan di perangkat apa pun, karena kebijakan ini hanya untuk penggunaan akun -bukan perangkatnya.

Pengecualian untuk aturan akun yang tidak aktif

Google sudah menjelaskan bahwa akun Google apa pun yang tidak digunakan dalam jangka waktu 24 bulan dianggap tidak aktif, sehingga semua konten dan datanya dapat dihapus.

Namun ada pengecualian untuk aturan tersebut. Akun Google akan dianggap aktif meskipun tidak digunakan selama dua tahun, asalkan memenuhi satu atau beberapa persyaratan berikut:

Upgrade Level Karir dengan Sertifikasi Excel

• Akun Google kamu sudah digunakan untuk melakukan pembelian, khususnya untuk produk, aplikasi, atau layanan Google.

• Sudah dipakai untuk berlangganan sesuatu, tetapi hanya yang masih berlaku saat ini.

• Berisi gift card aktif yang memiliki saldo moneter positif.

Rutin menggunakan produk turunan Google seperti Youtube juga akan membuat akun Google-mu tetap aktif.

• Sudah digunakan untuk membeli atau berlangganan aplikasi yang dipublikasikan, termasuk game, yang sedang aktif dan sedang berlangsung. Transaksi keuangan aktif yang terkait dengan aplikasi dan game tersebut juga termasuk.

Google mengatakan bahwa hal ini dapat dilakukan pada akun Google yang memiliki aplikasi atau game yang dibeli melalui Google Play Store.

Ikuti DQLab Mini Bootcamp dan Awali Karirmu di Bidang Data Analytics, Gratis!!!

• Akun Google kamu memiliki akun aktif untuk anak di bawah umur, yang dikelola dengan layanan Family Link.

• Sudah digunakan untuk membeli buku, film, atau barang digital lainnya.

Perlu diketahui, penghapusan akun Google yang tidak aktif hanya berlaku untuk akun pribadi, sehingga tidak akan memengaruhi akun untuk organisasi seperti sekolah atau bisnis.

Sumber:

https://www.techspot.com/news/104679-google-has-started-delete-inactive-accounts-but-easy.html

https://nypost.com/2024/09/13/tech/how-to-stop-your-gmail-account-from-being-deleted/

https://www.forbes.com/sites/daveywinder/2024/09/11/google-is-deleting-gmail-accounts-3-steps-needed-to-keep-yours/