Begini Cara Menggunakan e-Materai Buat Daftar CPNS

Oleh: Dewi Shinta N
Senin, 2 Oktober 2023 | 18:03 WIB

Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2023 kembali di buka. Pada pelaksanaan seleksi ini peserta diwajibkan mengisi formulir pendaftaran 20 September s.d. 9 Oktober 2023.

Meski pendaftaran CASN telah dilakukan secara daring sejak lama. Pada masa seleksi, tahun ini pendaftar sudah bisa menyisipkan materai menggunakan e-materai.

Peruri sebagai penyedia tunggal e-meterai untuk CASN 2023 mengimbau agar para pelamar CASN 2023 yang membutuhkan e-meterai untuk kelengkapan dokumen pendaftaran dapat mengakses https://meterai-elektronik.com/ dengan sistem antrian.

"Untuk dokumen CASN yang masuk sistem antrian akan diproses sesuai urutan dan jangan khawatir untuk dokumen tidak ter-stamping karena semua akan diproses sesuai antrian," tulis Peruri, dikutip Jumat (29/9/2023).

Baca juga: Tidak Perlu Khawatir, Tanda Tangan Digital itu Aman

Penyisipan e-meterai ini mengintegrasikan website pendaftaran CPNS di https://daftar-sscasn.bkn.go.id/ dengan Perum Peruri. Melalui sistem yang terintegrasi tersebut peserta tidak perlu repot untuk menyisipkan meterai di dokumen mereka saat melalui proses pendaftaran CPNS. 

Dikutip dari laman Kementerian Keuangan, untuk harga e-meterai atau materai elektronik saat ini adalah Rp10 ribu yang berlaku mulai 1 Januari 2021. Calon peserta dapat melakukan pembelian serta pembubuhan e-Meterai melalui laman https://daftar-sscasn.bkn.go.id/ atau melalui https://meterai-elektronik.com

Adapun dikutip dari Indonesia Baik, cara mendapatkan e-materai sebagai berikut:

Cara Beli e-Meterai

Setelah proses aktivasi akun berhasil, calon peserta dapat melanjutkan ke tahap pembelian e-Meterai

Baca juga: VIDA Tegaskan Pentingnya Tingkatkan Digital Trust di Kalangan Gen-Z

Cara Penyisipan/ pembubuhan e-Meterai

Berikut cara menggunakan dan memberi e-materai untuk mendaftar CASN 2023.