Kopi Kenangan yang dikelola Kenangan Group, merupakan gerai minuman non-franchise berkonsep grab-and-go di Indonesia. Kopi Kenangan didirikan oleh Edward Tirtanata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa pada 2017 dengan kedai pertama di daerah Kuningan. Ide Kopi Kenangan dimulai karena pendirinya memiliki misi untuk menyebarkan kecintaannya pada kopi Indonesia sebagai merek lokal ke seluruh dunia.
Dan paling baru, grup ini juga menghadirkan Rumah Kenangan sebagai kafe yang melayani pelanggan untuk makan di tempat. Chief of Business Development & Co-founder Kenangan Group,James Prananto mengatakan untuk sampai dititik saat ini adalah cara untuk menjawab tantangan di tengah persaingan bisnis di dunia food and beverage yang semakin ketat.
Baca juga: Belajar Bisnis Health & Beauty Care dari Jennifer Coppen
Berikut cara Kenangan Group membuat bisnis suksesnya dari James Prananto:
- Jaga Kualitas
Dalam produk atau layanan dengan berbagai berinovasi sangat penting bila tetap menjaga kualitasnya. Meksipun ada banyak pilihan yang bisa diberikan, namun akan memikat pasar jika suatu prodak memiliki kualitas. Mulai dari memilih bahan-bahan terpilih dan berkualitas, kemudian alat yang digunakan. Kualitas yang begitu dijaga dengan baik akan mudah digemarinya oleh masyarakat.
- Tidak Fokus Satu Produk
Di kenangan grup tidak sekedar fokus pada kopi saja. Mereka juga mengambil pasar lain dengan mengembangkan bisnis ayam goreng dan juga roti. Dan semua produknya menjadi paket lengkap untuk dijadikan hidangan santapan. Bila hanya berfokus pada satu, menurut James itu akan membuat pasar jenuh.
Apalagi ketika pandemi lalu, beragam tren kuliner bermunculan. Maka untuk menjaga ekosistem pelanggan selalu mendekatkan diri dengan hal lain. Mengembangkan produk atau brand baru di bawah payung perusahaan adalah cara efektif untuk selalu mencuri perhatian pasar.
Baca juga: Intip Gurita Bisnis Pasangan Ditto Percussion & Ayudia Bing Slamet Sampai Ke Luar Negeri
- Harga
Untuk harga yang ditawarkan saat ini selalu ditawarkan dengan mengikuti standar yang ramah pada kantong semua masyarakat. Namun itu tak menutup kemungkinan untuk menjangkau pasar kelas atas, yaitu menyediakan kelompok produk yang tidak murah. Harga yang terlalu mementingkan keinginan perusahaan, justru membuat pasar tidak mau melirik produk.
Kopi Kenangan selalu memenuhi dan juga mengikuti keinginan dari para pecinta Kopi Kenangan untuk diterapkan pada bisnis yang baru. Dengan mengadaptasi dari yang sebelumnya, Kopi Kenangan jadi mengerti keinginan konsumen, terutama pada urusan harga.
Itu dia 3 strategi jitu ekspansi bisnis ala Kopi Kenangan. Mana yang sudah kamu terapkan di bisnismu?