Cara pemasaran yang kini sering dilakukan oleh organisasi maupun bisnis dalam membangun hubungan jangka panjang antara pelanggan dengan brand yaitu inbound marketing. Dalam hal ini, konten menjadi elemen penting karena melalui konten dapat meningkatkan visibilitas brand serta peningkatan attraction pelanggan di ruang digital.
Dilakukannya inbound marketing atas dasar untuk menarik target pelanggan dan mendorong pelanggan tersebut menjadi pelanggan setia dengan brand kita, sehingga kualitas konten sangat diprioritaskan bagi tim marketer dalam melakukan inbound marketing. Dengan kualitas konten yang bagus maka akan menarik viewer atau visitor di situs web atau sosial media dan mendatangkan target pelanggan baru alih-alih dengan iklan yang agresif.
Melansir dari DQLab Universitas Multimedia Nusantara, pada artikel ini akan mengenal salah satu strategi marketing yang sering dilakukan oleh marketer di era digital yaitu inbound marketing dan fundamental yang harus dipahami dalam mengaplikasikan strategi ini.
Apa itu Inbound Marketing?
Inbound marketing adalah strategi pendekatan antara brand dengan pelanggan yang berfokus pada pembuatan konten dan pengalaman berharga yang telah disesuaikan dengan kebutuhan audiens, hal ini bertujuan untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan/audiens menjadi.
Baca juga: Peran Penting Data Science di Ragam Sektor Bisnis
Kunci utama ketika melakukan inbound marketing yaitu memberikan solusi yang dibutuhkan oleh pelanggan, dengan adanya solusi yang solutif maka hubungan brand dengan pelanggan akan menjadi long-lasting. Adapun beberapa alasan marketer mengaplikasikan strategi inbound marketing ini sebagai bentuk pemasaran brand di platform digital, diantaranya:
- Menekan biaya pengeluaran pemasaran
- Mudah untuk dianalisis dan mengukur menggunakan platform digital
- Pendekatan antara brand dengan target audiens/pelanggan dapat dilakukan melalui multi-platform digital
- Membuka komunikasi dua arah (brand dan target audiens)
- Siklus marketing jangka panjang yang dapat membantu marketer mengukur keterlibatan dan menentukan efisiensi pemasaran.
Fundamental Inbound Marketing
- Pelanggan – Data pelanggan menjadi bagian yang sangat penting dan krusial pada strategi ini yang dimana data tersebut mencakup alamat email maupun kontan pelanggan sekalipun. Penting untuk marketer tetap selalu up to date dengan data pelanggan secara lengkap karena ini akan membantu melakukan segmentasi dan personalisasi sesuai dengan kebutuhan mereka berdasarkan data.
- Persona & Perjalanan Pelanggan – adapun cara marketer dalam melakukan pemasaran sesuai dengan target yaitu mempunyai persona pelanggan berdasarkan data insight. Dengan adanya persona, akan mempermudah aktivitas inbound marketing serta target pelanggan lebih tepat. Selain itu, perjalanan pelanggan juga menjadi insight menarik dalam melakukan marketing karena dengan mengetahui perjalannya hingga tahap pembelian ini akan membantu penyusunan pesan dan pembuatan konten yang lebih tepat.
- Konten –Sebagian besar pelanggan atau target audiens mengetahui informasi seputar brand bisnis melalui konten yang diunggah di platform digital. Ada beberapa konten yang bisa dibuat dalam inbound strategi yaitu konten media sosial (Hootsuite), konten artikel SEO, dan newsletter.
- Tujuan Bisnis – Memahami dan mencatat target sebelum melakukan sebuah campaign marketing menjadi hal yang krusial dan penting dilakukan. Dengan cara tersebut, maka dapat membantu mencapai tujuan bisnis serta mengukur kinerja tim marketer yang lebih efektif.
Baca juga: Melihat Pengaruh Data Science dalam Dunia Marketing
Melakukan inbound marketing yang hebat, bisa dimulai kapanpun dan dimanapun dengan anggaran bisnis berapapun. Faktanya, inbound lebih mudah dilakukan dibandingkan dengan strategi marketing lainnya. Tidak hanya berpotensi jangka panjang pada bisnis, melainkan juga membantu memiliki hubungan yang lebih dekat dengan pelanggan melalui konten yang paling sesuai dengan audiens.
Di era digital, kini cukup mudah untuk menentukan topik konten yang ingin dibuat. Hal ini karena tim marketer dalam melakukan digital marketing sudah menggunakan ilmu AI dan Machine Learning untuk membantu mengidentifikasi serta membuat model prediktif yang tepat berdasarkan analisis data pelanggan. Ingin belajar lebih lanjut AI dan Machine Learning? DQLab salah satu kursus online Data Science yang memberikan program belajar LiveClass yang cocok bagi pemula sekalipun. Informasi lebih lanjut program kelas dapat mengunjungi laman https://dqlab.id/live-class.