Tokopedia, e-Commerce ternama di Indonesia mencatat adanya kenaikan penjualan hampers pada minggu pertama Ramadan 2022 (periode data: 2-9 April 2022) hampir 2,5 kali lipat dibandingkan seminggu sebelumnya.
Penjualan hampers menjelang hari raya melesat signifikan. Namun untuk dapat bersaing, penjual dihimbau untuk membuat produk hampers yang lebih ramah lingkungan.
Pasalnya, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta pernah mencatat adanya peningkatan volume sampah sebesar 4% selama bulan Ramadan yang disebabkan oleh perubahan pola konsumsi selama bulan puasa. DLH Kabupaten Tegal pun mencatat volume sampah di Pantura pasca Lebaran 2022 lalu naik 20% dibanding hari biasa, dari 500 ton menjadi 600 ton per hari.
Meminimalisasi potensi meningkatnya tumpukan sampah–termasuk yang berasal dari produk hampers di periode pra hingga pasca Ramadan. Tokopedia menghimbau seluruh UMKM untuk tanggung jawab bersama.
Berikut lima tips usaha hampers ramadan ramah lingkungan.
Baca juga : GoSend Bentuk Ruang Belajar, Program Pelatihan Pelaku Usaha Online
1. Gunakan kemasan ramah lingkungan sesuai prinsip 4R
Growth Marketing Senior Lead Tokopedia, Maisyalina Agustian mengungkap kesadaran masyarakat menggunakan kemasan ramah lingkungan semakin tinggi, terbukti dari penjualan berbagai kemasan ramah lingkungan pada minggu pertama Ramadan 2022 yang meningkat dibanding minggu sebelumnya. Penjualan paper bubble wrap dan besek bambu naik masing-masing hampir 1,5 kali lipat, sedangkan kantong singkong lebih dari 2 kali lipat.
“Kemasan ramah lingkungan adalah kemasan yang menerapkan prinsip 4R: reduce (mengurangi sampah), reuse (bisa digunakan berulang kali), repurporse (bisa dipakai kembali untuk tujuan lain) dan recycle (bisa didaur ulang). Misalnya, toples kaca bisa digunakan untuk kue kering. Paper bubble wrap dan kertas cacah bisa dipakai untuk mengemas barang pecah belah,” jelas Maisyalina.
2. Ajak pembeli mendaur ulang hampers ramah lingkungan
Selipkan kartu ucapan atau catatan kecil yang berisi imbauan bagi pembeli untuk mendaur ulang atau memanfaatkan kembali kemasan dari hampers yang diterima.
“Sebutkan juga dampak apabila pembeli bersedia mendaur atau memakai ulang kemasan hampers tersebut untuk meningkatkan kesadaran lebih banyak masyarakat agar peduli lingkungan,” jelas Maisyalina.
3. Permudah pembeli cari hampers ramah lingkungan dengan fitur beriklan
Penjual hampers Ramadhan dapat memasukkan produk paling populer di toko mereka ke dalam hampers ramah lingkungan yang akan dijual. Manfaatkan juga fitur Pelengkap Produk di aplikasi Tokopedia Seller untuk menambahkan kartu ucapan dan kemasan khusus.
“Agar hampers ramah lingkungan yang dijual dapat tampil teratas di halaman Tokopedia, gunakan fitur beriklan otomatis TopAds. Cukup dengan modal kecil mulai dari Rp250 per klik, penjual bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan,” ujar Maisyalina.
Baca juga : Lima Tips Jualan di Bulan Puasa agar Untung Maksimal
4. Pelajari tips jualan online hampers Ramadhan lewat modul gratis
Ada beragam materi edukasi jualan online di Pusat Edukasi Seller Tokopedia, termasuk kurikulum #SIAPRAMADAN2023 yang bisa membantu pelaku usaha memaksimalkan penjualan di bulan puasa sekaligus mempermudah masyarakat #LengkapiRamadan lewat Tokopedia. Penjual dapat mengikuti berbagai tantangan menarik dan memenangkan jutaan saldo iklan TopAds.
“Khusus untuk yang ingin memulai dan membangun bisnis ramah lingkungan, bisa mengakses modul komprehensif Tokopedia Hijau. Semua materi bisa diakses secara gratis. Ada berbagai topik relevan dalam bentuk webinar atau modul. Mulai dari mengatur promo toko hingga strategi berjualan hampers, termasuk hampers ramah lingkungan,” kata Maisyalina.
5. Tingkatkan penjualan hampers ramah lingkungan lewat Tokopedia Hijau
Penjual dengan produk ramah lingkungan, kemasan minim sampah dan usaha yang berdampak sosial bisa bergabung di halaman khusus Tokopedia Hijau untuk menjangkau lebih banyak masyarakat. Medan, DKI Jakarta dan Bandung tercatat sebagai beberapa wilayah dengan peningkatan tertinggi jumlah penjual di Tokopedia Hijau pada awal 2023.
Sepanjang 4-18 April 2023, Tokopedia Hijau akan meng-highlight berbagai jenis produk ramah lingkungan, termasuk hampers Ramadhan, sehingga masyarakat bisa mendapatkan pilihan produk terkurasi dari para pegiat usaha ramah lingkungan, khususnya UMKM lokal.