GoSend Bentuk Ruang Belajar, Program Pelatihan Pelaku Usaha Online

Oleh: Dewi Shinta N
Kamis, 16 Maret 2023 | 15:21 WIB

 

GoSend baru saja meresmikan Ruang Belajar GoSend, program peningkatan kapasitas yang diselenggarakan perdana untuk para penggiat UMKM yang tergabung di Komunitas Best Seller GoSend. Komunitas Best Seller GoSend sendiri sudah diluncurkan sejak satu tahun lalu dan telah mencapai 22.000 anggota per Maret 2023. 

Ruang Belajar GoSend edisi pertama ini dirancang untuk membantu pelaku UMKM, khususnya social seller dalam mempelajari tren penjualan dan perilaku konsumen di bulan Ramadan dan momen Lebaran, serta bagaimana menangkap peluang penjualan melalui strategi pemasaran digital dan pembuatan konten kreatif. 

Acara ini resmi dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Sandiaga Uno mengungkap bulan ramadan ini adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu bagi UMKM untuk naik kelas. Riset Mandiri institute menunjukkan bahwa puncak belanja pada periode Ramadan pada 2022 lebih tinggi 31% dibanding puncak belanja di Ramadan tahun sebelumnya. 

“Saya optimis pada tahun ini lebih meningkat dari tahun sebelumnya, karena telah dicabutnya PPKM, dan mobilitas masyarakat untuk Idul fitri yang lebih mudah. Setidaknya UMKM harus menerapkan 3 pilar utama untuk meningkatkan penjualan di bulan ramadan, pertama transformasi, sustainable packaging dan digital marketing. Karena data mengungkap 65% penjualan meningkat karena sosial media. Kita bisa menyesuaikan produk, konten, sosmed, dan juga jasa online delivery service. Saya harap kegiatan Ruang Belajar GoSend dapat jadi wadah edukasi bagi ribuan UMKM di indonesia, sehingga menciptakan UMKM yang naik kelas,” kata Sandiaga Uno.

Baca juga : Broom Startup Teknologi Otomotif Raih Pendanaan Pra-Seri A Senilai Rp 155 Miliar

Head of Revenue Transportation & Logistic Gojek Steven Halim mengungkap momen Ramadan dan Lebaran merupakan peluang besar bagi bisnis para anggota komunitas ‘Best Seller’ GoSend. “Riset Meta melansir, 65% konsumen akan menghabiskan waktu menonton video selama bulan Ramadan dan lebaran. Untuk itulah kami bekerjasama dengan Raditya Dika, mengingat konten dengan storytelling yang kuat dapat mendorong tingkat brand awareness maupun consideration seseorang untuk membeli sebuah produk atau brand.”

Raditya Dika sebagai pemateri dan juga seorang Komika ini mengungkap hal yang dibutuhkan seller saat ini adalah story dari suatu merek. "Yang dibutuhin orang sekarang ini bukan fitur. Tapi ketika orang mendengar story produk lu dan ternyata itu menyentuh mereka, gua yakin produk lu bakal dikenal dan orang bakal beli itu" 

Oleh karena itu pada kesempatan yang sama pun Raditya Dika memberi materi bertajut "Story Marketing untuk UMKM" yang berisikan tentang pemahaman Story telling.

Baca juga : Ini Dia Istilah-istilah Digital Marketing, Biar Kamu Makin Percaya Diri Present ke Klien

Ramadan dan lebaran adalah momen penting bagi para penjual di Indonesia seiring tingkat konsumsi masyarakat yang meningkat. Survei The Trade Desk dan YouGov menunjukkan bahwa sebanyak 88% masyarakat Indonesia berencana untuk berbelanja online pada Ramadan tahun ini untuk memenuhi kebutuhan ibadah mereka.

Presiden Unit Bisnis On Demand Service GoTo Catherine Hindra Sutjahyo juga mengungkapkan "Kegiatan Ruang Belajar GoSend diharapkan dapat meningkatkan kapasitas dan pemahaman anggota mengenai tren belanja online. Pelatihan ini akan dilakukan setiap kuartalnya, dan pada acara perdananya, Ruang Belajar GoSend dihadiri oleh ratusan anggota Komunitas Best Seller GoSend secara hybrid."

Baca juga : Lima Tips Jualan di Bulan Puasa agar Untung Maksimal

Tak hanya itu, Gojek secara resmi juga memperkenalkan solusi logistik terbaru GoCorp Send dan fitur Jadwalin Pengiriman GoBox. Layanan logistik telah menjadi bagian integral dari on-demand services Gojek yang mampu tumbuh dan tetap relevan menjawab kebutuhan masyarakat dan pengguna sepanjang 2022. 

“Kami juga turut mendukung produktivitas para social seller dengan memperkenalkan GoCorp Send, perluasan layanan GoCorp solusi bisnis untuk layanan mobilitas yang kini mengikutsertakan layanan logistik. Dengan GoCorp Send, para pelaku usaha online dapat  mencatat administrasi biaya logistik dengan baik serta mendapatkan opsi invoicing bulanan. Selain itu, pengiriman barang besar dan banyak akan lebih mudah dengan fitur penjadwalan GoBox,” ungkap Steven Halim.

Di bulan April, GoCorp Send akan segera ditunjang dengan kemudahan registrasi melalui kartu kredit. Tanpa adanya minimum spending tiap bulannya, GoCorp Send sangat ramah digunakan untuk para pelaku UMKM, dimana 69% top klien GoCorp Send adalah UMKM.

Hadirnya serangkaian program dukungan para seller, Ruang Belajar GoSend sebagai program unggulan komunitas dan solusi bisnis GoCorp Send dan Jadwalin Pengiriman GoBox merupakan bagian dari fokus bisnis Gojek dalam mendukung pertumbuhan berkelanjutan pada tahun 2023.

Untuk bergabung di komunitas ini, pelaku usaha online dapat mendaftarkan diri secara gratis tautan gjk.id/daftarbestsellergosend dan memperoleh berbagai kesempatan dan penawaran menarik.