Mengawali tahun 2023, apa nih resolusi kamu di tahun ini?
Bagi kamu yang punya resolusi membuka usaha tapi belum memiliki modal besar, coba deh mulai usaha rumahan.
Usaha rumahan bisa kamu coba seperti jualan makanan, hiasan rumah dari hasil karya kamu sendiri, atau juga menawarkan jasa kamu seperti jasa foto prewedding.
Tokopedia melalui Maisyalina Maisyalina Agustiana Growth Marketing Senior Lead Tokopedia membagikan tips bisnis bagi masyarakat yang ingin memulai usaha rumahan dengan modal kecil di tahun 2023.
Maisyalina mengungkap sekitar 12 juta penjual telah bergabung di Tokopedia untuk memulai dan mengembangkan usaha. Dari jumlah itu, hampir 100% adalah pegiat UMKM dari berbagai latar belakang dan daerah.
Gimana sih mereka bisa berhasil membangun usaha rumahan cuma dengan modal kecil lewat Tokopedia? Simak yuk tipsnya!
1. Cari tahu produk terlaris di Tokopedia
Sebelum memulai, kamu perlu riset untuk mencari tahu bagaimana produk kamu di pasaran. Pastikan produk yang kamu jual laku dipasaran.
Baca juga : Siap Hadapi Tantangan Ekonomi 2023, Sirclo Paparkan 4 Jurus Jitu Perkuat Strategi Bisnis
Untuk riset kamu bisa menggunakan fitur Wawasan Pasar di aplikasi Tokopedia Seller untuk mempelajari kondisi pasar, termasuk produk terlaris di Tokopedia dan kata kuncinya berdasarkan wilayah dan kategori.
“Pelajari juga tren produk terlaris. Di Tokopedia sendiri, Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Elektronik dan Fesyen menjadi kategori terlaris di 2022,” jelas Maisyalina.
2. Pelajari profil calon pembeli
Setelah menentukan produk yang akan dijual dan memahami mengenai kondisi pasar, tentukan siapa saja konsumen sasaran dari produk tersebut. Dengan menentukan target pasar, calon pelaku usaha dapat lebih mudah menentukan strategi pemasaran.
“Fitur Wawasan Pembeli di aplikasi Tokopedia Seller membantu penjual untuk mengetahui profil pembeli, seperti umur, jenis kelamin dan lokasi sehingga memudahkan pelaku usaha dalam menentukan strategi berjualan,” tambah Maisyalina.
3. Buat konten menarik di media sosial sebagai ajang promosi
Sinergi pemanfaatan media sosial yang tepat dapat membantu meningkatkan awareness toko dan produk di e-commerce. Misalnya, buat konten media sosial yang unik dan bisa menjadi ciri khas penjual. Perhatikan tren yang sedang banyak digandrungi masyarakat di media sosial.
“Buatlah live video streaming juga lewat Tokopedia PLAY untuk membangun interaksi dengan calon pembeli. Pertimbangkan live streaming saat peluncuran produk baru, pemberian tutorial penggunaan produk, hingga mengadakan kuis atau giveaway,” tambah Maisyalina.
Baca juga : 9 Tren Teknologi Pemasaran Tahun 2023
4. Pertimbangkan bangun tim untuk menunjang bisnis
Kehadiran tim dapat mendorong produktivitas usaha. Bagi UMKM dengan usaha rumahan modal kecil, jangan ragu untuk meminta bantuan dari keluarga atau rekan terdekat.
“Para pelaku usaha bisa menggunakan fitur Admin Toko di aplikasi Tokopedia Seller yang dapat membantu mengelola toko dengan aman lewat berbagai pilihan peran yang bisa diberikan ke admin toko,” jelas Maisyalina.
5. Lakukan performance marketing sesuai kebutuhan
Performance marketing, salah satu contoh strategi pemasaran online, di mana penjual dapat mengeluarkan anggaran untuk mencapai suatu tujuan, misalnya menarik lebih banyak calon pembeli.
“Contohnya, pegiat usaha bisa menggunakan fitur beriklan otomatis TopAds agar produknya tampil teratas di halaman Tokopedia. Cukup dengan modal kecil, yaitu mulai dari Rp250 per klik, penjual bisa menjangkau lebih banyak pembeli dan memaksimalkan penjualan,” tutup Maisyalina.