Untuk mendukung pengguna mengekspresikan diri dan mempersonalisasi identitas avatar mereka dengan lebih akurat, Meta meluncurkan “Toko Avatar Meta”. Dalam toko avatar ini, pengguna tidak hanya dapat menggunakan pakaian dan aksesoris gratis yang ada, tetapi juga dapat menggunakan pakaian dan aksesoris premium.
Menurut laporan tren Gen Z yang baru dirilis Instagram di Indonesia beberapa pekan lalu, Avatar menjadi salah satu fitur yang diminati Gen Z di Instagram. Dengan hadirnya toko avatar, pengguna sosial media di Indonesia terutama Gen Z kini bisa lebih ekspresif dalam menggunakan sosial media yang mereka miliki.
Adanya berbagai pilihan item di toko avatar juga diharapkan dapat merepresentasikan keunikan setiap individu yang beragam.
“Para pengguna kini sudah memiliki berbagai macam akses ke kombinasi avatar. Dengan adanya ekspansi toko avatar di seluruh Asia Pasifik, saat ini akan lebih banyak cara agar pengguna bisa merubah avatar mereka dengan menunjukkan hal-hal yang mereka sukai dalam sepak bola, musik, makanan, fashion, tarian, dan film. Harapan kami, dengan banyaknya variasi busana yang berbeda untuk bisa dieksplor oleh pengguna, akan ada banyak orang yang semakin terinspirasi dan mempercayakan dirinya untuk tampil secara kreatif melalui platform kami,” ungkap Amanda Jefson, Director of Product Management, Avatars, and Identity Meta.
Baca juga : Whatsapp Rilis Fitur Baru! Pengguna Bisa Gunakan Avatar Agar Pesan Lebih Ekspresif
Ia juga menambahkan, “Di Metaverse, representasi avatar harus menggambarkan dan mencerminkan keberagaman yang ada di dunia nyata. Kami ingin membangun sebuah metaverse yang inklusif dan beragam dimana seseorang bisa memilih fitur wajah, postur badan, dan cara berpakaian yang bisa mencerminkan mereka diri mereka dengan baik, dan salah satunya adalah melalui avatar.”
Meta bekerja sama dengan beberapa brand mewah, klub bola, dan tayangan populer dari Netflix untuk menghadirkan pilihan-pilihan outfit yang menarik dan menjadikan pengalaman pengguna lebih menyenangkan.
Dalam toko avatar tersebut, para penggemar fashion bisa membeli outfit premium seperti Prada, Thom Browne, dan streetwear lain seperti Madhappy dan Dress X.
Selain itu, para penggemar klub bola Eropa seperti Liverpool F.C. juga dapat mendukung tim favorit mereka dengan menggunakan beberapa football kits yang ada.
Para penggemar dan penonton setia Netflix juga dimanjakan dengan adanya toko avatar yang menyediakan outfit dari acara Netflix ternama seperti Squid Game dan Stranger Things.
Baca juga : WhatsApp Sudah Ada Fitur Polling, Begini Cara Penggunaannya!
Ada beberapa cara agar pengguna bisa mengakses toko avatar yaitu dengan melalui platform Instagram, Facebook, Messenger dan VR. Berikut cara yang dapat Anda gunakan untuk mengakses toko avatar:
1. Melalui Facebook
Kamu bisa mengakses toko avatar melalui Facebook dengan cara tekan tombol menu yang ada di pojok kanan bawah, kemudian scroll ke bawah dan pilih jalan pintas. Setelah itu, kamu bisa klik bagian avatars dan edit avatar. Jika kamu tidak bisa menemukan tombol avatars, kamu bisa menekan tombol ‘Lihat yang Lain’.
2. Melalui Instagram
Selain melalui Facebook, kamu juga bisa mengubah avatar melalui Instagram. Caranya, kamu bisa klik tab profil di pojok kanan bawah kemudian pilih menu di pojok kanan atas. Setelah itu, kamu bisa pilih pengaturan, pilih akun, dan avatar.
3. Melalui Messenger
Terakhir, kamu bisa mengakses toko avatar melalui Facebook Messenger. Kamu bisa Klik foto profil kamu di pojok kanan atas, scroll kebawah dan tekan avatar, dan setelah itu kamu bisa edit avatar sesuai dengan keinginan.
Sebagai tambahan, Jika kamu menggunakan iOS, maka kamu akan dialihkan ke aplikasi Facebook. Namun. jika kamu belum pernah membuat Avatar, harap ikuti petunjuk membuat Avatar untuk melakukannya. Setelah kamu membuat avatar, pilih Edit Avatar dari layar awal untuk mengakses toko.