iPrice: Pembeli Online di Indonesia Paling Suka Bayar dengan Transfer

Oleh: Ana Fauziyah
Selasa, 6 Februari 2018 | 10:04 WIB
Untuk mempermudah konsumennya, toko online saat ini semakin menawarkan beragam alternatif metode pembayaran, mulai dari cash on delivery (COD), transfer, kartu kredit dan lain-lain

Untuk mempermudah konsumennya, toko online saat ini semakin menawarkan beragam alternatif metode pembayaran, mulai dari cash on delivery (COD), transfer, kartu kredit dan lain-lain. Secara garis besar metode pembayaran yang dilakukan oleh e-commerce terbagi menjadi dua, yaitu pembayaran secara offline dan pembayaran secara online.

iPrice telah melakukan survei mengenai preferensi metode pembayaran saat transaksi online di negara-negara Asia Tenggara. Menurut temuan iPrice, masyarakat Indonesia mayoritas melakukan pembayaran secara transfer. Metode pembayaran selanjutnya yang banyak dipilih konsumen toko online Indonesia adalah dengan menggunakan kartu kredit kemudian disusul berturut-turut COD, cicilan, dan pembayaran offline lewat pos.

iPrice membandingkan preferensi pembayaran oleh konsumen toko online di enam negara Asia Tenggara yaitu Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, Filipina, dan Thailand. Grafiknya bisa dilihat sebagai berikut:

-

Grafik tersebut menunjukkan setiap negara menunjukkan pola pembayaran yang sangat berbeda. Kartu kredit menjadi pilihan favorit masyarakat Singapura sementara Cash on Delivery merupakan metode yang paling populer di Vietnam dan Filipina. Sebanyak 80% e-commerce di negara tersebut menawarkan metode pembayaran ini.

Transfer bank juga menjadi metode pembayaran yang populer di seluruh negara Asia Tenggara. Dengan jumlah 94% e-commerce di Indonesia, 86% di Vietnam, dan 79% di Thailand. Dan hampir 50% dari jumlah e-commerce Thailand dan Vietnam menawarkan pembayaran offline.

Sedangkan metode pembayaran cicilan tampak terjadi peningkatan popularitas di negara Vietnam (47% e-commerce) dan Indonesia (42% e-commerce). Temuan ini merupakan tantangan yang perlu dicermati ketika pelaku e-commerce ingin mengembangkan ekspansi bisnisnya.