Setelah satu tahun berjalan, banyak yang menunggu berjalannya monetisasi dari video singkat Youtube Short. Tidak seperti platform video dan musik YouTube yang sudah berjalan, fitur terbaru ini baru bisa di monetisasi pada tahun 2023.
Diketahui sejak pertengahan 2021 YouTube sudah mengenalkan fitur barunya bernama YouTube Shorts. Di dalam platform tersebut pengguna YouTube bisa mengunggah video-video pendek seperti di TikTok maupun Instagram Reels.
Namun, video yang diunggah belum bisa dimonetisasi lewat AdSense. Kabar baiknya, mulai awal 2023 mendatang, rencananya konten di Youtube Shorts sudah bisa dimonetisasi seperti di konten Youtube biasa.
"Mulai tahun depan, para kreator mempunyai peluang untuk monetisasi Youtube Shorts. Jadi kreator Youtube Shorts akan bisa menghasilkan uang di dalam platform Youtube mulai tahun depan," kata Country Head Youtube Indonesia Suwandi Widjaja.
Baca juga : WhatsApp Sudah Ada Fitur Polling, Begini Cara Penggunaannya!
Mengenai detail monetisasi Youtube Shorts tersebut, Suwandi mengatakan pihaknya masih menunggu pengumuman resmi dari kantor pusat.
Menurut laporan Culture and Trends Youtube 2022, sebanyak 59% konsumen Gen Z menggunakan Youtube Shorts untuk menemukan konten video yang mereka sukai dalam format yang berdurasi lebih panjang.
“Mulai dari live streaming konser, video shorts yang menyenangkan, hingga menonton connected TV bersama keluarga dan teman, YouTube adalah satu-satunya platform cocok dengan begitu banyak kebutuhan dan suasana hati orang-orang di berbagai kategori, format, dan perangkat sepanjang hari,” kata Head of Ads Marketing, Google Indonesia Yolanda Sastra, baru-baru ini.
Baca juga : Sekarang Check-in PeduliLindungi Bisa Lewat Browser
Dikutip dari Investor.id sejak diluncurkan tahun lalu, Youtube Shorts mengalami pertumbuhan yang pesat. Dari data internal Youtube, dalam sehari ada sekitar 35 miliar view YouTube Short secara global.
Data terbaru Youtube mengungkapkan, channel yang meng-upload video shorts atau video berdurasi singkat dan video berdurasi panjang mengalami peningkatan waktu tonton dan pertumbuhan subscriber secara keseluruhan, dibandingkan dengan channel yang hanya meng-upload video berdurasi panjang.
Selain dapat menambah penghasilan creator Youtube, keberadaan Youtube Shorts juga dapat membantu channel meningkatkan jumlah subscriber. Selain video Youtube pada umumnya, pengguna juga dapat memperkenalkan konten youtube mereka melalui Youtube Short.