Strategi pemasaran dengan endorsement dinilai sangat efektif meraih konsumen. Pasalnya selain tidak mengeluarkan banyak biaya iklan, juga langsung menyasar calon pembeli. Lewat endorsement, pemilik usaha bisa mengenalkan produknya sekaligus mendapatkan legitimasi kualitas produknya secara langsung.
Endorsement saat ini umum dilakukan di Instagram dengan makin banyak bermunculan para selebgram yang mempunya jumlah follower hingga ratusan ribu. Berencana memakai jasa selebgram untuk menjadi endorser produk Anda? Perhatikan tips berikut ini untuk membantu Anda menghindari resiko penipuan atau kerugian.
1. Pilih selebgram yang sesuai dengan produk Anda
Tidak semua selegram cocok Anda jadikan endorser karena hal ini berkaitan dengan brand image yang sedang Anda bangun. Sebaiknya pilihlah selebgram yang sesuai dengan image produk Anda. Untuk mengetahui apakah selebgram cocok dengan brand image produk Anda, lakukan riset kecil-kecilan dengan cara mem-follow akunnya kemudian perhatikan cara dia berbusana, berperilaku, pola hidup, opini, bahkan cara dia memberi caption postingan-nya lewat kata-kata. Intip semua aktivitas kesehariannya untuk menentukan apakah dia sesuai atau tidak dalam mewakili brand Anda.
2. Pastikan bukan akun palsu
Waspada dengan akun palsu yang mengatasnamakan seseorang di media sosial, apalagi jika orang tersebut sudah terkenal. Terlebih dengan maraknya jasa pembelian follower, maka Anda harus berhati-hati sebelum memutuskan endorsement. Untuk menghindarinya, maka Anda perlu mengecek follower-nya apakah aktif memberi likes dan menuliskan komentar. Jika akun asli, biasanya pemilik akun juga beberapa kali akan terlihat membalas komentar dari follower.
3. Pakai jasa selebgram yang sudah terbiasa menjadi endorser
Agar tidak terjebak akun palsu, bekerja samalah dengan selebgram yang sudah terbiasa melakukan endorsement. Cari info juga apakah selebgram tersebut pernah mendapatkan komplain negatif, kasus penipuan atau bermasalah dengan toko online lain
4. Rajin konfirmasi
Agar terhindar dari penipuan, sebaiknya Anda rajin melakukan konfirmasi kepada selebgram yag bersangkutan. Jangan sampai barang sudah Anda kirim, namun foto selfie-nya dengan produk Anda tidak juga terpampang di akun Instagram-nya. Atau Anda sudah mentransfer biaya endorsement tapi barang tidak juga diunggah. Jika hal tersebut terjadi, jangan sungkan untuk mengontak langsung untuk meminta kejelasan.