GrabExpress, hubungkan Masyarakat dengan Layanan Publik

Oleh: Nur Shinta Dewi
Selasa, 11 Mei 2021 | 16:07 WIB

Sebagai superapp terkemuka di Asia Tenggara, Grab, melalui layanan pengantaran last-mile GrabExpress, telah menjadi sistem pendukung krusial bagi pemerintah Indonesia dengan memberikan pelayanan untuk keperluan administrasi sipil di berbagai lokasi di tanah air.

GrabExpress memungkinkan produktivitas pemerintah tetap berjalan lancar dengan mengirimkan dokumen-dokumen penting untuk keperluan identifikasi nasional dan administrasi sipil, serta mendukung proses administrasi bagi masyarakat dan memungkinkan mereka untuk menghindari antrian di kantor-kantor pemerintahan.

Dalam setahun terakhir, GrabExpress telah bermitra dengan berbagai badan pemerintah, seperti Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Tangerang Selatan, Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur, Satuan Kepolisian Lalu Lintas (Satlantas) kota Medan, dan Kepolisian Resor (Polres) Bengkulu.

“Kami memahami bahwa masyarakat Indonesia harus tetap menjalani kebutuhan untuk keperluan pencatatan sipil dan kebutuhan administrasi lainnya terlepas dari situasi saat ini. Kolaborasi ini juga memberikan peluang pendapatan baru bagi para mitra pengantaran GrabExpress kami, sehingga mereka bisa terus mendapatkan dampak positif dari teknologi kami,” ujar Tyas Widyastuti, Director of 2-Wheels & Logistics, Grab Indonesia. 

Baca juga : Memberdayakan Green Data Center

Salah satu mitra dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) kota Tangerang Selatan mendukung penuh GrabExpress untuk bersama-sama meluncurkan inovasi digital bernama Sistem Pengiriman Administrasi Kependudukan (SIANDUK).

GrabExpress mendukung proses administrasi sipil warga Tangerang Selatan menggunakan pengantaran dokumen secara drive-thru. Mitra pengantaran GrabExpress dapat mengirimkan dokumen langsung ke kantor Dukcapil melalui jendela khusus, yang mana hal ini telah menghemat waktu dan mengurangi kontak langsung dengan orang lain.

“Saya salut dengan inovasi yang dilakukan Disdukcapil Tangerang Selatan. Saya juga berharap pelayanan publik bisa terus berjalan tanpa harus dilakukan di kantor,” ungkap Airin Rachmi Diany, Wali Kota Tangerang Selatan.

Layanan GrabExpress dapat membantu lembaga pemerintah memenuhi berbagai macam kebutuhan sehari-hari di luar pengantaran dokumen penting. Layanan Grab termasuk kurir, pengantaran makanan dan alat tulis kantor, serta pemesanan transportasi dapat diakses melalui portal Bela Pengadaan dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

Baca juga : SHAREit, Sukses Demokratisasi Konten Berdasarkan Budaya

Pemesanan GrabExpress melalui Web (https://express.grab.com/en/) dalam format portal juga memberikan kemudahan bagi pegawai pemerintahan karena mereka biasanya menggunakan PC atau Laptop selama bekerja.

Fitur-fitur didalamnya memberi konsumen berbagai opsi pengantaran last-mile dengan kisaran harga yang berbeda sehingga mereka dapat memilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.