Tokopedia sebagai perusahaan eCommerce ternama di Indonesa, baru saja membagikan tips jualan online di bulan Ramadan.
Pada rilisnya, Tokopedia mengungkap pegiat usaha yang memiliki kanal digital dinilai lebih tangguh mempertahankan bisnis dan lapangan pekerjaan di tengah pandemi COVID-19, hal tersebut dikira tetap relevan bulan Ramadan mendatang.
“Selain memanfaatkan kanal digital, berkolaborasi dan berinovasi juga menjadi kunci menghadapi pandemi. Inilah yang dilakukan Tokopedia bersama lebih dari 10 juta penjual tergabung yang hampir 100%nya UMKM,” kata External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya,
Agar bisnis semakin laris manis saat Ramadan, berikut 5 tips agar jualan online terus meningkat di bulan Ramadan :
- Cari Tahu Produk yang Sedang Laris
Penjual online khususnya di Tokopedia bisa memanfaatkan fitur Wawasan Pasar. Fitur ini memungkinkan penjual melihat kata kunci yang paling sering digunakan pembeli, produk terlaris, rekomendasi kategori sampai inspirasi tren produk.
- Upgrade dan Percantik Toko
Semakin upgrade toko, semakin banyak juga fitur eksklusif yang bisa dipakai penjual untuk meningkatkan penjualan dan kepercayaan pembeli. Salah satunya, fitur Dekorasi Toko. Fitur ini bisa mempercantik tampilan toko agar menarik lebih banyak pembeli.
Baca juga : Tokopedia Ungkap Tren dan Peluang Bisnis 2021, Simak Informasinya!
- Aktifkan Promo Bebas Ongkir Favorit Pembeli
Penjual juga dapat mengaktifkan Bebas Ongkir untuk meningkatkan penjualan bahkan menjangkau lebih banyak pembeli di luar pulau, khususnya selama bulan Ramadan, dimana kebutuhan sehari-hari masyarakat cenderung meningkat.
- Upload Produk Parsel Ramadan
“Transaksi parsel makanan di Tokopedia pada Ramadan 2020 tercatat melonjak hampir 4x lipat jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya,” kata Ekhel.
Ramadan tahun ini, penjual bisa mendongkrak penjualan lewat halaman khusus Parsel Ramadan dengan cara meng-upload produk parsel dengan rumus penamaan produk: Parsel Ramadan + Jenis Produk + Merek + Keterangan.
- Manfaatkan Media Sosial untuk Promosi
Baca juga : Sukses Wirausaha! Tips Milenial dan Gen Z Bersaing di Pasar Global
Untuk lebih mendorong penjualan, khususnya selama Ramadan, penjual bisa membuat promo sendiri sesuai dengan budget yang ada melalui fitur Voucher Toko. Bentuk voucherm bisa berupa cashback atau gratis ongkir. Setelah jadi, bagikanlah voucher tersebut lewat media sosial.
Tokopedia juga menyediakan Kurikulum #SIAPRAMADAN2021 untuk membantu pegiat usaha memaksimalkan penjualan selama bulan Ramadan. Informasi lain terkait mengembangkan usaha juga dapat dipelajari di Pusat Edukasi Seller.