Asia mencatat pertumbuhan terbesar dalam e-commerce di seluruh dunia tahun lalu. Laporan tahunan Worldpanel bertajuk “Future of E-commerce in FMCG” menyebutkan kawasan ini selama dekade terakhir memimpin dalam belanja online.
“Sebagai benua, Asia mencapai peningkatan terbesar dalam e-commerce secara global pada 2017, dengan pertumbuhan 44 persen,” tulis laporan tersebut seperti dilansir dari Manila Times (Rabu, 27/12). Laporan itu juga menyebutkan e-commerce saat ini berkontribusi dalam 36% pembelian pasar barang-barang sehari-hari secara global dan enam konsumen teratas dipimpin oleh Cina dan Korea Selatan.
Di Cina, nilai e-commerce untuk barang-barang kebutuhan sehari-hari meningkat sebesar 52 persen tahun lalu dan merupakan pemain terbesar di seluruh dunia, kemudian diikuti oleh Korea Selatan dengan pertumbuhan 41 persen. Sementara Inggris hanya mencatat kenaikan 8 persen di tahun 2016, Perancis dengan 7 persen dan Jepang dan Amerika Serikat masing-masing 5 persen.
Di pasar negara berkembang, e-commerce lebih populer di antara konsumen muda kelas atas. “Di seluruh dunia, keluarga muda yang punya keterbatasan waktu semakin mencari kemudahan saat harus melakukan pembelian barang sehari-hari sehari-hari,” tulis laporan tersebut. Laporan tersebut mencatat bahwa produk perawatan pribadi dan perawatan bayi terus mendominasi keranjang online, terutama di Asia.