PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI telah membuka sebanyak 44 Rumah Kreatif BUMN (RKB). Fasilitas ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan pelaku usaha dalam mengembangkan produk dan pemasaran.
Hingga saat ini telah tercatat sekitar 160.000 pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang telah memanfaatkan RKB, dan sebanyak 1.193 di antaranya sudah mengikuti pelatihan dan mampu memasarkan produk mereka di situs belanja online.
Deputi Bidang Usaha Tambang, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno mengungkapkan apresiasinya terhadap BNI yang ia nilai telah berhasil mengembangkan RKB-nya. Salah satu contohnya adalah RKB Pontianak yang sudah memiliki ruang-ruang lengkap sesuai dengan fungsinya.
“Padahal usia RKB-nya ini belum genap 1 tahun, tetapi sudah lengkap dengan Ruang Registrasi, Ruang Konsultasi, Ruang Pelatihan, hingga Studio Mini,” ujar Fajar saat kunjungan Direksi BNI dan Kementerian BUMN RI ke salah satu RKB yang dibangun BNI di Pontianak, Kalimantan Barat, Jumat (22/12).
Direktur Bisnis Kecil & Jaringan BNI Catur Budi Harto mengungkapkan, ke-160.000 UMKM tersebut telah ikut berbagai pelatihan yang digelar di RKB BNI di seluruh Indonesia dan terdaftar di rkb.id. Sementara ke-1.193 UMKM di antaranya telah terdaftar di situs Blanja.com.
“Dengan demikian, harapan dari pembukaan RKB untuk mengembangkan kapasitas pelaku UMKM menjadi bagian dari Digital Economy Ecosystem dapat terpenuhi,” tutur Catur.
Pencapaian ini juga menunjukkan bahwa RKB BNI telah mampu mendorong UMKM untuk memenuhi setiap tahapan pengembangannya, yaitu dimulai dari Tahap Registrasi di rkb.id, lalu Tahap Go Modern, kemudian Tahap Go Digital, hingga Go Online.
Pada Tahap Go Modern, UMKM didampingi agar mampu meningkatkan kualitas produk, kualitas branding, hingga kualitas packaging. Lalu, pada Tahap Go Digital, UMKM diarahkan untuk mulai akrab menggunakan prosedur komputasi dan otomasi dengan aplikasi digital sehingga mampu mengelola keuangan, inventory, pergudangan, hingga proses produksi secara lebih mudah karena digitalisasi.
Pada Tahap Go Online, UMKM mitra RKB BNI telah mampu mengakses pasar secara online karena telah memahami internet, mengerti budaya online, masuk ke situs Blanja.com, dan mampu mengoptimalkan Logistic Commerce dalam mengembangkan pemasarannya.
“Seluruh proses pengembangan UMKM itu kami godok di dalam RKB, mulai dari Registrasi, Go Modern, Go Digital, hingga Go Online. Hingga saat ini, terdapat 3.522 produk UMKM yang telah dipasarkan melalui Blanja.com,” ujar Catur.
Artikel ini merupakan kerjasama BNI dengan Digination.ID