Meningkatnya tren belanja online di Indonesia selama masa pandemi telah mendorong MINISO untuk melakukan optimasi bisnisnya melalui kerja sama dengan Jet Commerce, perusahaan e-commerce enabler penyedia solusi e-commerce terpadu.
Kerjasama yang dimulai sejak April lalu ini merupakan salah satu jawaban MINISO dalam memenuhi peningkatan jumlah pesanan pada gerai daringnya dan merupakan langkah baru pengelolaan bisnis di MINISO dalam sektor e-commerce selama pandemi.
E-commerce Marketing Manager MINISO Yingying Wu menungkapkan bahwa kerja sama ini merupakan upaya MINISO dalam beradaptasi untuk dapat memahami perubahan kebiasaan dan kebutuhan para pelanggan di masa pandemi ini.
Perubahan kebiasaan belanja masyarakat ini tercermin dari laporan Badan Pusat Statistik bertajuk "Tinjauan Big Data Terhadap Dampak Covid-19 2020", yang menemukan bahwa terjadi peningkatan penjualan online sebesar 320% pada bulan Maret dan 480% pada bulan April dibandingkan dengan bulan Januari.
"Dengan semakin bertambahnya akses bagi pelanggan dalam mendapatkan produk – produk MINISO, upaya kami dalam menjaga kepercayaan dan pengalaman berbelanja konsumen di semua gerai juga harus ditingkatkan, termasuk pada gerai daring yang kami miliki," kata Yingying Wu.
Sejak 2016, MINISO telah berdiri di Indonesia dengan memiliki lebih dari 171 gerai luring yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, dan kini MINISO telah memperluas jangkauannya dengan membuka gerai daring di berbagai platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, JD.ID, dan HappyFresh.
Untuk itu, MINISO memanfaatkan layanan Order Fulfillment atau pengelolaan pesanan milik Jet Commerce untuk membantu mengatur setiap proses pesanan yang terjadi dari mulai pengelolaan pesanan, pengemasan pesanan, pengelolaan pengiriman melalui mitra logistik Jet Commerce, hingga proses pengembalian jika ada pesanan yang bermasalah.
Dalam kerja samanya dengan Jet Commerce, MINISO juga menggunakan layanan Inventory Management atau pengelolaan inventaris untuk membantu proses pengelolaan Stock Keeping Unit (SKU) produk – produknya.
Hal itu dilakukan mulai dari mengoptimalkan strategi penjualan MINISO di berbagai platform e-commerce, hingga menganalisa data inventaris dan penjualan produk MINISO dengan menggunakan Warehouse & Order Management System yang terintegrasi dengan berbagai platform e-commerce, sehingga turut memudahkan proses pemantauan dan pelacakan setiap produk yang dipesan.
CEO Jet Commerce Indonesia Webber Chen mengungkapkan bahwa strategi pengelolaan pesanan yang baik dari hulu hingga hilir dan pengelolaan inventaris dapat berpengaruh terhadap pengalaman berbelanja pelanggan dan performa bisnis.
"Pengelolaan inventaris dan pesanan merupakan hal krusial bagi bisnis di e-commerce. Selain dapat bermanfaat dalam efisiensi biaya dan peningkatan cash flow perusahaan, dengan pengelolaan inventaris yang baik, perusahaan dapat menghindari kerugian yang disebabkan oleh stok produk yang kedaluwarsa, rusak, ataupun sudah tidak relevan dengan permintaan pasar," tambah Webber.
Sejak dimulainya kerja sama ini pada awal April lalu, MINISO telah mencatat kenaikan jumlah pesanan sebanyak 1,3 kali lipat dibandingkan dengan sebelum masa pandemi.
Beberapa produk penunjang aktivitas di rumah milik MINISO tercatat menjadi kategori dengan jumlah pesanan terbanyak selama masa pandemi antara lain, kategori Fashion dengan produk tas dan parfum, disusul oleh kategori produk Home Living, dan kategori produk Electronics seperti headphones.