Salah satu e-commerce terdepan di Indonesia, Blibli, berhasil meningkatkan pertumbuhan order UMKM dalam program nasional #BanggaBuatanIndonesia hingga tiga kali lipat.
Melalui kampanye #BanggaBuatanIndonesia yang mendukung program tersebut, Blibli membuat satu laman khusus yang berisikan kurasi produk UMKM pada lima kategori utama: Dunia Makanan, Fashion Wanita, Fashion Pria, Kesehatan dan Kecantikan, serta Rumah dan Dekorasi. Laman ini dibuat untuk memudahkan pelanggan mencari produk-produk UMKM, di saat yang sama mengajak pelanggan untuk bersama-sama mendukung produk lokal.
Associate Vice President of Brand Activation Blibli Devina Tandian mengungkapkan bahwa melalui dukungan terhadap #BanggaBuatanIndonesia, pihaknya telah melihat pertumbuhan yang pesat dari jumlah UMKM yang bergabung di Blibli.
"Selain mereka dapat menjangkau pasar yang lebih luas, para konsumen pun tetap bisa mendapatkan berbagai macam produk khas daerah dengan mudah serta tetap mendukung perekonomian Indonesia,” katanya.
Blibli mencatat pertumbuhan tertinggi pada kategori Dunia Makanan yang menampilkan aneka ragam makanan khas daerah di Indonesia. Pelanggan dapat membeli makanan dan minuman khas daerah seperti Bakpia Kukus Tugu, Bolu Meranti, Kopi Gayo, hingga Pia Legong dari Bali.
Pemanfaatan platform online membantu para UMKM lokal untuk meningkatkan visibilitas produk mereka di pasar yang lebih luas. Jumlah produk lokal yang tercatat di Blibli saat ini sudah mencapai sekitar 350.000 produk. Hal ini didorong oleh antusiasme pelanggan untuk mencari produk-produk lokal di Blibli.
Meski beberapa provinsi telah kembali membuka kegiatan ekonominya walaupun terbatas, Blibli tetap mendorong para seller untuk memanfaatan platform online. Hal ini didasari oleh protokol new normal yang telah menciptakan batasan-batasan baru antara penjual dan pembeli. Selain itu, para seller dapat memanfaatkan layanan dari Blibli seperti logistik, gudang, serta mendapatkan berbagai pelatihan dengan memanfaatkan ekosistem Blibli.
Dengan memanfaatkan layanan logistik Blibli, para seller tidak perlu khawatir untuk mengirimkan produk kepada pelanggan di beda pulau. Dari data yang diperoleh Blibli, tercatat bahwa pelanggan Blibli di Kalimantan Timur telah membeli produk dari seller di Aceh, serta pelanggan di Sumatera Selatan yang membeli produk dari Nusa Tenggara Timur.
Secara terus menerus Blibli juga memberikan edukasi dari segi teknologi, pemasaran, dan sistem terpadu bagi para seller UMKM untuk menambah pengetahuan terhadap pengembangan bisnis. Di tahun 2020 sendiri, Blibli sudah memberikan lebih dari 100 pelatihan untuk mempersiapkan UMKM agar go digital. Pelatihan ini termasuk sesi webinar secara online yang diadakan dengan bersama berbagai pihak, termasuk instansi pemerintah dan mitra pelaku usaha lainnya.
“Mendukung UMKM untuk terus tumbuh telah menjadi komitmen utama Blibli sebagai e-commerce lokal. Memasuki masa pemulihan ekonomi dan new normal, Blibli turut bertanggung jawab menopang perekonomian. Salah satu caranya adalah dengan memberikan dukungan dan edukasi pada UMKM karena ini akan menjadi bekal mereka untuk menghadapi melanjutkan bisnis ke depannya,” tambah Devina.