Apa kamu sering bosan bekerja di kantor? Dan ingin merasakan bekerja lebih bahagia tanpa harus resign?
Bisa, lho. Hanya dengan sedikit perubahan dalam rutinitas bisa memberikan rasa lebih bahagia dalam bekerja. Lalu, apa saja yang harus dirubah? Ini dia...
1. Stop Sering Memeriksa e-mail
Riset menemukan bahwa email bisa menghasilkan dopamin di otak, saat pesan bersifat positif dan bermanfaat. Namun, sebagian besar email tidak positif dan cenderung mengecewakan.
Karenanya, yuk kurangi kebiasaan terlalu sering memeriksa email dengan menjadwalkan waktu khusus menerima dan memeriksa email.
Baca juga: Mau Bahagia? Digital Detox Aja!
Ini mungkin salah satu tips klasik yang sering kamu dengar tapi kebanyakan orang tidak melakukannya. Duduk seharian di meja kerja tentu membosankan. Maka sempatkanlah saat jam makan siang keluar sebentar, temui matahari dan cari udara segar. Dijamin, setelah itu harimu bisa lebih bahagia di tempat kerja.
3. Beri Feedback Positif
Memuji atau memberi feedback positif pada orang lain bisa berdampak baik untuk membentuk lingkungan kerja yang positif dan tentunya membahagiakan.
4. Makan Makanan Sehat
Sebenarnya ini adalah aturan umum dalam hidup: kebahagiaan bisa dipengaruhi oleh makanan yang kita makan. Memakan fast food terlalu sering bisa berdampak buruk untuk kesehatan. Yuk, makan makanan sehat mulai sekarang! Karena makanan sehat bisa mendatangkan pikiran yang sehat pula, lho.
Baca juga: 3 Cara Ubah Kantor Jadi Tempat Seru dan Menyenangkan!
Dalam bekerja memang harus serius tapi jangan terlalu serius ya. Boleh lah sewaktu-waktu bercanda, berbagi lelucon dan tertawa dengan rekan kerja lain. Biar kerja bisa bahagia, enggak tegang terus.
6. Batasi Waktu Melihat Handphone
Ada satu lagi terkait efek dopamin. Seperti halnya email, kamu pasti sering melihat atau memeriksa handphone sepanjang hari. Mengharapkan ada kabar baik, yap ini bisa merilis dopamin ke otak. Tapi riset menemukan bahwa hal ini juga menyebabkan kekecewaan ketika pesan, email atau bahkan postingan sosial media tidak terlalu positif.
7. Minum Lebih Banyak Kopi
Sebuah studi yang dilakukan oleh National Institute of Health menemukan bahwa mereka yang minum empat atau lebih cangkir kopi memiliki kemungkinan 10 persen lebih rendah mengalami depresi daripada mereka yang tidak pernah meminum kopi.
Eits, bukan karena tingkat kafein yang tinggi, tapi karena antioksidan yang terkandung dalam kopi yang bisa membuatmu lebih bahagia.
Kalau kamu bahagia, pekerjaan bisa lancar. Coba yuk tips diatas!
Baca juga: Coworking Space vs Kantor Konvensional, Mana yang Lebih Nyaman?