Berdasarkan data Statista, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 95 juta orang di 2018 dan diprediksi mencapai 149 juta di 2023. Berdasarkan Internet World Stats, tahun 2019 Indonesia menduduki peringkat ke-5 dengan jumlah pengguna internet mencapai 143 juta, naik 7% dari tahun 2000.
Berdasarkan 2018 Global Digital Report dari We Are Social, masyarakat Indonesia yang berusia 16 - 64 tahun menghabiskan waktu 3 jam 23 menit setiap hari di media sosial. Angka ini menempatkan Indonesia di posisi ketiga di dunia.
Dari data tentang internet dan media sosial yang ditampilkan di atas, kedua hal itu merupakan data yang berguna bagi siapa saja. Dari data yang dipaparkan juga, perdagangan elektronik atau yang ramah dengan istilah e-Commerce menjadi hal yang sangat penting di era digital saat ini. Peluang besar telah muncul di depan mata dan e-Commerce bukan lagi sebuah pilihan tapi suatu keharusan.
Baca juga: Commerce Plus, Cara Zoho Dapatkan Legitnya Bisnis E-Commerce di Indonesia
"Dalam e-Commerce ada peluang, kemudahan, dan kenyamanan. Indahnya e-Commerce adalah ketika ingin melakukan ekspor, kita nggak perlu seperti menggarami laut, semua dihajar. Ketika punya klasifikasi informasi, misal perusahaan furniture harus cari pasar yang sesuai. Produk furniture Indonesia terbaik digunakan di mana? Misal, di Eropa. Nah, dari situ fokus, belajar dan dalami Eropa," tambahnya.
Nah, bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang ingin terjun dalam dunia e-Commerce, salah satunya bisa melalui marketplace, seperti Blibli, Bukalapak, Tokopedia, Shopee, dan lain sebagainya. Tetapi, menurut Amalia, untuk masuk ke marketplace sekarang butuh keseriusan dalam berbisnis. "Jangan ada lagi yang jadi CEO, bukan Chief Executive Officer tapi Chief Everything Officer, ya! Jadi CEO sekaligus kurir, mengurus pekerjaan rumah atau jemput anak," lanjutnya.
Baca juga: Pembeli Adalah Raja Tak Berlaku di eCommerce?
"Untuk terus dikunjungi buyer, apa yang harus dilakukan? Sehari minimal ganti produk, setidaknya, 20 kali melakukan posting. Marketplace punya sistem yang luar biasa, bagaimana menjaga produk dan toko tetap di ranking yang terbaik, keyword sangat penting. Jika hal ini tidak dilakukan dengan sangat serius, maka produk tak akan terpasarkan dengan baik," tambahnya.
Amalia melanjutkan tentang pentingnya berdedikasi pada toko online yang telah didirikan, "Mengapa harus sangat serius dan berdedikasi? Karena di dalam marketplace atau digital itu, ya borderless atau tanpa batas. Belum lagi soal media sosial, misalnya Instagram, bagaimana lewat tanda pagar atau hashtag yang diberikan pada setiap caption bisa dilihat berbagai pengguna di seluruh dunia. Oleh karena itu, yang paling sederhana lagi, untuk melakukan packaging pada produk harus dengan Bahasa Inggris atau bilingual dengan Bahasa Indonesia," tutup Amalia.
Bagaimana tanggapanmu? UMKM dan UKM sudah siap terjun ke dunia e-Commerce untuk raup peluang besar? Yuk, mulai dari sekarang!
Baca juga: Ramai-ramai Garap Lahan Basah eCommerce Indonesia