Ivosights, perusahaan rintisan penyedia platform customer engagement menandatangani perjanjian kerja sama Penelitian dan Pengembangan “Sentimen Analysis” dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Balai Kartini, Jakarta, 26 Oktober 2017, dalam acara Indonesia Science Expo 2017.
Kerja sama ini merupakan yang pertama kali di Indonesia, dalam hal penelitian dan pengembangan analisis sentimen. “Sebuah kehormatan bagi startup seperti kami, bisa berkolaborasi, bergandengan tangan dengan lembaga riset negara kelas dunia seperti LIPI," ujar Elga Yulwardian, CEO & Co Founder Ivosights usai penandatanganan perjanjian kerja sama.
Elga menambahkan kerja sama tersebut memungkinkan kedua pihak berbagi kompetensi demi menjawab tantangan pasar dan kemajuan tekonologi yang sangat dinamis. Utamanya dalam memahami dan menganalisis data percakapan di media sosial lebih dalam lagi.
Seperti diketahui, jumlah pengguna media sosial di Indonesia meningkat pesat seiring kemajuan teknologi informasi yang bergerak cepat. Di media sosial, netizen berbagi informasi dengan bebas, sehingga membentuk opini publik yang bisa dianalisis sebagai data akurat.
Bagi perusahaan, data tersebut menjadi sumber informasi penting untuk mengetahui tanggapan masyarakat atas merek produk, dan layanan mereka. Diperlukan suatu analisis agar opini media sosial itu dapat diartikan, dan dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
“Opini mining atau sentimen analysis adalah riset komputasional atas opini, sentimen dan emosi yang diekspresikan secara tekstual,” jelas Yan Riyanto Kepala Pusat Penelitian Informatika LIPI.
Disampaikan Yan, Ivosights menilai perusahaan memiliki sejumlah kesamaan riset dengan LIPI sehingga sinergi ini merupakan kolaborasi yang saling menguntungkan bagi kedua pihak. Apalagi, platform-platform yang dikembangkan Ivosights merupakan platform end to end yang membutuhkan banyak sumber daya.
Ivosights, yang baru-baru ini dianugerahi Top 25 Customer Experience Management Solution Service se-Asia Pasifik, merupakan satu-satunya perusahaan di Indonesia yang memiliki all-in-one CEM terintegrasi melalui tiga platform andalan, yaitu Ripple10, Sociomile, dan Sociomation.
Ketiga platform tersebut dapat melacak perbincangan seputar brand di berbagai media sosial, situs online, bahkan media cetak. Semuanya dapat dipantau dalam satu layar saja.