Di tengah tingginya biaya promosi, media sosial mampu menjadi salah satu alternatif alat promosi yang sangat ampuh. Bahkan tidak sedikit UKM yang menjadikan media sosial sebagai sarana promosi utama untuk menggaet pelanggan.
Lalu bagaimana cara memanfaatkan media sosial untuk membantu bisnis UKM Anda? Ada tiga cara seperti dipaparkan oleh Muhammad Awwaludin, Direktur Utama PT Angkasa Pura II dalam bukunya yang berjudul Digital Entrepreneurshift sebagai berikut:
1. Media Sosial sebagai Customer Engagement
Media sosial dapat berfungsi sebagi pengikat hubungan Anda dengan pelanggan. Caranya dengan membuat page yang membolehkan pengguna media sosial menjadi anggotanya. Melalui page ini, setiap saat Anda dapat menyapa pelanggan dengan berbagi hal-hal positif seperti cerita yang mengandung hikmah atau kutipan inspiratif. Usahakan tidak hanya post tentang produk agar pengguna merasakan manfaat dengan mengikuti page Anda.
2. Media Sosial sebagi Customer Caring
Media sosial sangat bebas, semua orang bisa melayangkan komplain dengan leluasa. Inilah mengapa setiap komplain harus segera direspon dengan cepat dan tanggap. Jika telat, risikonya adalah akun bisnis Anda akan di-bully. Manfaatkan media sosial sebagai sarana untuk meningkatkan layanan secara maksimal.
Jika pelayanan bagus, pengguna media sosial biasanya tidak segan memberikan testimoni dan ini akan menjadi sarana promosi efektif untuk menunjukkan seberapa besar kepedulian bisnis Anda dalam melayani atau peduli pada pelanggan.
3. Media Sosial sebagai Customer Selling
Media sosial merupakan salah satu alat paling efektif untuk mempromosikan produk. Bukan hanya skala UKM, perusahaan-perusahaan besar juga memanfaatkan media sosial sebagai media promosi. Apalagi jika produk Anda menjadi trending topic, Anda akan mendapatkan promosi gratis yang efektif.