OVO, aplikasi pintar yang menawarkan fitur pembayaran dan loyalty points telah menunjuk Kinetica, penyedia Graphic Processing Unit (GPU)—accelerated analytics database dan NVDIA untuk mempercepat inovasi di bidang big data dan analytics yang diklaim menghasilkan 360 derajat profil pelanggan dan pengetahuan mendalam tentang tren belanja dan gaya hidup digital secara real time.
Dengan dukungan Kinetica dan NVIDIA, OVO yang juga bagian dari Lippo Digital Group berusaha mengintegrasikan Artificial Inteligence (AI), in-memory, GPU-database. Teknologi ini akan menggabungkan seluruh data pelanggan yang dihasilkan setiap sistem transaksi anak perusahaannya ke dalam platform analytics terpusat
Seluruh data anak perusahaan yang terfragmentasi akan dikonsolidasi dan dianalisis untuk menghasilkan 360 derajat profil dan pengalaman pelanggan sehingga memungkinkan OVO memberikan penawaran eksklusif berdasarkan perilaku dan ketertarikan pelanggan.
Database GPU-accelerated akan mengonsolidasi berbagai dimensi data pelanggan, termasuk demografi, perilaku dalam berbelanja lintas kanal, seperti sentimen yang diperoleh melalui media sosial, serta interaksi di toko dan platform online.
Adrian Suherman, CEO Lippo Digital Group mengatakan, “Melalui penguasaan dan pemanfaatan teknologi dengan intensitas, ketepatan, dan kecepatan yang tinggi, kami dapat memahami pelanggan dengan lebih baik lagi sehingga kemudian dapat memenuhi kebutuhan dan harapan mereka.”
Sementara Joseph Lee, Vice President, Asia Pacific Japan Kinetica mengatakan dengan kebutuhan saat ini yang semakin dinamis, margin laba tipis, serta siklus produksi yang semakin pendek, perusahaan yang bergerak di bidang ritel dan e-commerce dapat memiliki keunggulan kompetitif dengan memanfaatkan big data analytics.
“Keuntungan dari 360 derajat profil pelanggan serta percepatan pengolahan data untuk mengambil keputusan operasional dan keputusan produk yang matang juga bisa dialihkan dengan mudah ke sektor industri lain,” tambah Lee.