Disrupsi digital dan kemajuan teknologi, tak luput menyusupi industri ritel. Tren perilaku konsumen pun bergeser. Berdasarkan hasil riset McKinsey pada 2018, sekitar 94% konsumen dunia melibatkan internet dalam berbelanja.
"Cara masyarakat berbelanja kini berbeda dimana teknologi memiliki peran penting yang mempengaruhi pembuatan keputusan dan pengalaman berbelanja konsumen. Para pelaku ritel tentunya harus bertransformasi agar tetap relevan," kata Bruno Zysman, CEO GoToMalls.com di Jakarta (30/1).
Dikutip dari Forbes, perilaku berbelanja konsumen sekarang sudah tak lagi fokus pada produk melainkan pada pengalaman yang ditawarkan. Tren ini didorong oleh referensi dan pengalaman generasi milenial.
Baca juga: Bisnismu Ritel? Ini Trennya di 2019...
GoToMalls.com, platform merchant agregator, pada konferensi Future Commerce Indonesia meluncurkan 360° Virtual Reality Store Experience. Fitur ini mampu memberikan kondisi dan suasana store atau mall bahkan sebelum konsumen mengunjunginya.
Teknologi VR digunakan untuk menunjang pengalaman digital konsumen terhadap toko atau mall. Hal ini sekaligus menjawab kebutuhan industri ritel saat ini dalam beradaptasi dengan perilaku konsumen yang berubah seiring kemajuan teknologi.
Baca juga: Artificial Intelligence Bantu Jaringan Ritel
Tokomu juga sudah berubah?
Baca juga: Toko Ritel Tergerus Perkembangan Teknologi. Apa yang Harus Dilakukan?