Salah satu permasalahan yang sering dihadapi pebisnis dalam hal menyelesaikan pekerjaan dengan optimal dan menjaga mood karyawan agar selalu termotivasi adalah kantor tempat bekerja. Selain komponen eksternal seperti cahaya yang masuk ke ruangan, suhu ruangan, dan suara bising dari luar ruangan, komponen internal seperti tata letak interior ruangan juga sangat berpengaruh terhadap produktivitas kerja.
Emily Mackie, Founder dari perusahaan desain interior bernama Inspired Interiors yang pernah dimuat di Forbes. Menurut Mackie, meningkatkan kreativitas dan menjaga produktivitas kerja harus didukung dengan penciptaan lingkungan kerja yang tepat.
Berikut ini adalah beberapa tips ganti suasana kantor yang telah dirangkum oleh Digination.id.
Ruang Meeting, kok bikin pikiran keriting?
Pekerja dapat menghabiskan sejumlah besar waktu kantor mereka dengan meeting. Dilansir The Muse, manajer menengah dapat menghabiskan sekitar 35% dari waktu mereka dalam pertemuan, sementara manajemen tingkat atas menghabiskan 50% waktunya. Jika kenyataan ini yang terjadi di dalam suatu perusahaan, sudah saatnya perusahaan itu mengubah ruang meeting yang monoton. Misalnya, ketika setiap kali diadakan meeting, semua orang harus menatap layar proyektor yang sama dan duduk di kursi yang sama.
Tidak ada salahnya bahwa perusahaan itu harus mengubah ruang meeting menjadi area komunal yang nyaman dan dapat menumbuhkan ide kreatif. Misalnya, menyediakan tempat duduk atau sofa yang unik dan lesehan dengan bantal yang lucu dan berwarna. Hal ini dapat memberikan rasa guyub dan intim, mengusir stres, dan membuat lingkungan kerja lebih nyaman.
Baca juga: Kata Siapa Jadi Entrepreneur Nggak Stres?
Duduk di situ terus, emang gak bosen?
Ketika seorang karyawan terpaku pada tempat tertentu, mereka lebih mungkin menghadapi stres atau kreativitasnya terbatas. Begitu juga seorang pemimpin perusahaan, sebaiknya tidak malu duduk bersama karyawannya. Menemukan cara mendorong orang-orang di kantor untuk bergerak dari tempat nyamannya memang sulit tapi hal ini akan menghasilkan peningkatan produktivitas kerja.
Sangat disarankan bagi perusahaan untuk membuat workstation yang multifungsi dan fleksibel. Mencampur pengaturan tempat duduk bukan berarti mencampur bidang kerja atau departemen. Misalnya, developer di kantor alangkah lebih baik duduk di samping desainer untuk membantu menciptakan ide-ide baru dan menginspirasi perspektif baru.
Bete? Yuk, ekspresiin!
Menyediakan papan seperti pin-up board atau membuat dinding yang dirancang khusus untuk dicoret-coret adalah cara yang bagus untuk mengekspresikan sesuatu. Misalnya, menyampaikan informasi tentang apa yang sedang terjadi di kantor, tempat curhat, dan humor dengan penuh gambar dan coretan. Hal ini dapat menyegarkan lingkungan kantor dan memberikan kesan menyenangkan.
Dengan menguji desain baru dan mencoba pengaturan tata letak ruang kerja yang baru, produktivitas akan meningkat. Yuk, 2019 ganti desain kantor!
Baca juga: Ini, Lho, Tren Ekonomi Digital Tahun 2019!